kenari tak mau bunyi di lomba

Tips dan trik atasi kenari yang cuma ngeriwik saja

Kenari muda cenderung bersuara ngeriwik karena masih dalam proses belajar berkicau. Tapi bagaimana jika hal ini kerap dilakukan oleh burung yang sudah dewasa? Tentu harus dicari tahu apa sebabnya, setelah itu baru dilakukan perawatan yang tepat agar kenari bisa berkicau dengan suara yang lepas / ngeplong.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan burung kenari yang sudah cukup umur tapi masih sering bersuara ngeriwk saja, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Burung yang dirawat ternyata masih cukup muda umurnya. Biasanya hal ini disebabkan pemilik burung yang salah menganggap kenari rawatannya sudah dewasa, atau bisa juga karena praktik jual-beli yang kurang jujur dengan menyebut kenari jualannya itu sudah berumur mapan / dewasa.
  2. Burung kenari berjenis kelamin betina sehingga suaranya cenderung ngeriwik dan kalaupun bersuara ngerol akan cenderung pendek-pendek.
  3. Kenari yang sudah cukup umur atau dewasa tapi belum mengalami usia kematangan kelamin. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik (keturunan) maupun karena makanan yang belum mencukupi kebutuhan gizinya, terutama protein.
  4. Kenari dewasa tetapi birahinya relatif rendah sehingga burung cenderung ngeriwik saja.

Pada dasarnya, faktor usia menjadi penentu kapan kenari jantan akan mulai berkicau dengan suara yang lantang. Rata-rata umur kenari dewasa yang sudah memasuki usia kematangan kelamin adalah 7 – 8 bulan. Pada saat inilah, kenari akan mulai mengeluarkan suara kicauannya dengan lantang meski belum segacor setelah berumur di atas 9 bulan.

Baca:   Ini cara mengatasi lovebird gacor di rumah tapi gembos di lapangan

Jika kenari sudah berumur dewasa namun masih memiliki kecenderungan bersuara ngeriwik saja, maka beberapa tips dan trik berikut ini bisa diterapkan agar kenari bisa berkicau dengan suara yang lebih lantang:

  • Jika ada jaminan bahwa kenari yang dipelihara adalah kenari jantan dewasa, maka bisa dilakukan perubahan terhadap pola rawatan dan pemberian pakannya. Jika sebelumnya kenari jarang dimandikan setiap pagi, maka pada kali ini burung lebih rutin diberikan mandi pagi, terutama setelah matahari terbit. Penjemuran pun mulai ditingkatkan durasinya.
  • Ganti pakan yang biasa dikonsumsi dengan pakan racikan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah CANARY SEED HERBAL. Jika rutin dikonsumsi, pakan racikan herbal ini dapat membantu mengatasi suara kenari yang pelan atau ngeriwik saja. Selain itu, canary seed herbal juga mengandung zat anti stres dan mampu meningkatkan stamina kenari sehingga burung jadi lebih aktif, sehat, dan lebih gacor dari biasanya.
  • Selain pakan dalam bentuk bijian, kenari bisa diberikan sayuran hijau dan dedaunan alternatif seperti daun mengkudu muda, daun binahong, maupun daun krokot.
  • Untuk memancing kenari bersuara kencang, bisa dilakukan dengan menggantungkan sangkarnya di dekat kenari lain yang sudah rajin bunyi atau gacor.
  • Kegemukan juga bisa menjadi penyebab kenari cenderung bersuara ngeriwik saja. Obesitas atau kegemukan akan menyebabkan burung cenderung malas beraktifitas. Untuk mengatasi kegemukan bisa dilakukan dengan sering mengumbar kenari di kandang umbaran, serta diberikan pakan yang rendah lemak dan kaya nutrisi, khususnya buah dan sayuran.
Baca:   Tips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lomba

Kenari yang selalu kehabisan energi karena kurang stamina, bisa diatasi dengan memberikan multivitamin SUP PLUS BIRD untuk membantu pemulihannya. Setelah kenari memiliki stamina dan daya tahan yang lebih baik, maka burung pun akan cenderung bersuara dengan lebih kencang. Pemberian Sup Plus Bird direkomendasikan karena mengandung bahan-bahan yang aman dikonsumsi serta bermanfaat banyak untuk kondisi dan menjadikan burung semakin aktif, rajin bunyi dan mampu memaksimalkan volume suara kicauannya.

Itulah beberapa tips dan trik atasi kenari yang cuma ngeriwik saja.

Semoga bermanfaat

Related Articles

melatih mental lovebird paud

Cara melatih mental lovebird paud

Pamor lovebird dalam lomba burung kicauan di Indonesia kini bisa disamaratakan dengan murai batu. Bahkan kelas yang menampung lovebird muda / paud pun selalu penuh oleh peserta yang ingin melihat penampilan burung rawatannya. Sebagai panduan, simak cara melatih mental lovebird paud berikut ini. Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lombaSettingan lovebird […]
Read more

Cara menjaga warna kenari merah

Dari banyaknya jenis burung kenari, kenari merah atau red factor canary adalah jenis yang unik. Kenari ini diketahui memiliki pigmen bulu berwarna merah yang akan muncul jika dirawat dengan cara yang tepat. Untuk panduan pemula, simak cara menjaga warna kenari merah berikut ini. Tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyiTips menstabilkan birahi kenari lombaCara […]
Read more
murai batu bersuara ngeban

Penyebab dan cara mengatasi burung murai batu yang bersuara ngeban

Walaupun murai batu mempunyai kemampuan untuk menirukan suara dengan sangat baik, tapi tak sedikit kicau mania yang mengeluh kalau burung yang dirawatnya itu cenderung bersuara ngeban saja alias berulang-ulang. Untuk mengetahui apa penyebab murai batu bersuara ngeban, simak penyebab dan cara mengatasnya berikut ini. Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lombaCara […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?