kenari turun tangkringan

Solusi kenari sering turun tangkringan saat lomba

Penampilan kenari saat berlomba akan menjadi tidak maksimal jika burung kerap berhenti bunyi dan turun dari tenggerannya. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan fisik dan mentalnya. Untuk mengatasinya, simak tips dan solusi untuk kenari yang sering turun tangkringan berikut ini.

Kenari yang sering turun tangkringan saat sedang berbunyi di gantangan bisa disebabkan oleh banyak hal.  Umumnya terkait dengan faktor fisik dan mentalnya.
  1. Secara fisik, kenari alami kelelahan sehingga tidak bisa berkicau dalam durasi yang lama. Burung hanya sanggup berkicau sebentar, kemudian turun-naik tangkringan lalu berkicau lagi. Hal ini tentu akan mengurangi penilaiannya di arena lomba.
  2. Secara mental, kenari alami ketakutan atau kehilangan fokus saat melihat atau mendengar kenari lain bersuara lebih kencang maupun suara dari penonton yang bersorak sorai menggiring gacoannya untuk terus berbunyi. Dalam kasus lain, kenari akan rentan alami drop mental saat mengalami perubahan rawatan.

Saat mengalami masalah fisik maupun mentalnya itu, kenari harus diberikan penanganan yang tepat untuk mengembalikan performanya di lapangan.

Solusi kenari sering turun tangkringan saat lomba

Dongkrak stamina kenari dengan menyediakan pakan dan multivitamin yang cocok untuk burung. Menyediakan pakan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dapat membantu mengatasi masalah tersebut, sehingga burung bisa tampil dengan performa maksimal saat ditandingkan.

Baca:   Tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyi

Kebutuhan pakan tersebut bisa dipenuhi dengan menyediakan Canary Seed Herbal, yaitu pakan kenari yang diracik menggunakan aneka bahan-bahan herba bermanfaat. Jika rutin dikonsumsi, canary seed herbal dapat menjadikan burung lebih gacor, berstamina, dan tampil dengan gaya yang lebih ngotot. Sebagai pelengkap pakannya tambahkan juga ekstra fooding seperti telur puyuh rebus, daun mengkudu, daun sawi, dsb.

Melatih kenari di kandang umbaran setiap 2 hari sekali. Melatih di kandang umbaran atau kandang besar bisa membantu menguatkan otot pernafasan dan staminanya. Hal ini diperlukan jika ingin burung berkicau dengan maksimal. Selain itu, pengumbaran juga bisa menjadi solusi untuk mencegah dan mengatasi burung stres atau ngedrop mentalnya.

Tak jarang kondisi ini dipicu oleh tenggeran yang dirasa kurang nyaman oleh burung, misalnya ukuran diameter tenggeran yang terlalu kecil, licin, atau karena permukaannya terlalu kasar. Solusinya adalah mengganti tenggeran dengan ukuran dan bentuk yang sesuai kaki kenari.

Latih kenari dengan suara-suara tonjolan kasar, untuk mengantisipasi drop mental saat ditandingkan. Meski bukan untuk tujuan pemasteran namun hal ini cukup berguna untuk membiasakan burung dengan suara kencang agar terbiasa di lapangan.

Baca:   Tahap perawatan burung murai batu umur 1 s/d 5 bulan

Jangan telalu sering mengerodong kenari, berikan kerodong hanya saat diperlukan saja misalnya saat angin sedang bertiup kencang, pada malam hari, atau saat akan dibawa ke lapangan. Biasakan kenari dengan suasana atau lingkungan yang ramai, karena hal ini bisa membantu mendongkrak mentalnya di gantangan.

Biasakan membersihkan lebih dahulu bagian dasar sangkar sebelum burung naik gantangan. Sisa pakan yang masih berserakan di dasar sangkarnya bisa saja mengundang kenari untuk mengambilnya sehingga mengganggu penampilannya saat bertanding.

Berikan tambahan vitamin Sup Plus Bird agar kenari memiliki stamina dan daya tahan yang lebih baik. Dengan demikian, burung akan mampu berkicau dalam durasi yang lebih panjang. Suplemen vitamin Sup Plus Bird bisa didapatkan di Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.

Demikian Solusi kenari sering turun tangkringan saat lomba.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

American singer, kenari unggulan dari Paman Sam

Kenari american singer adalah jenis burung kenari penyanyi yang secara khusus dikembangkan dalam batasan wilayah Amerika Serikat. Keberadaan jenis kenari ini sangat diperhatikan secara khusus oleh para peternak di negara tersebut, dan cukup umum dipelihara karena mempunyai suara kicauan yang sangat indah.¬† Kenari american singer dikembangkan pertama kalinya pada tahun 1930 oleh sekelompok peternak wanita […]
Read more

Cegah lovebird diare dengan cara ini

Diare merupakan jenis penyakit yang menyerang organ pencernaan dari lovebird dan jenis kicauan lainnya. Walaupun diare dianggap bukan gangguan yang cukup serius, tapi jika tidak segera ditangani dampaknya bisa sangat fatal. Untuk itu, simak tips bagaimana mencegah dan mengatasi lovebird diare berikut ini. Penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurusTips mengatasi lovebird yang kurang […]
Read more
memilih nektar yang baik untuk burung

Tips memilih nektar yang baik untuk burung

10 / 100 Memilih nektar yang baik untuk burung – Pada masa kini, kebutuhan nektar tidak hanya untuk jenis kolibri atau burung-madu saja, tetapi juga sangat disukai oleh spesies burung ocehan lain seperti pijantung, pleci, bahkan cucak hijau. Nah, sebelum memberikan nektar kepada burung ocehan kita, simak dulu bagaimana tips memilih nektar yang baik untuk […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?