Perawatan murai batu over birahi

Saat birahi murai batu terlalu tinggi (over birahi) maka perilakunya pun akan cenderung berubah dan tidak segacor seperti biasanya. Kondisi ini umumnya dipengaruhi oleh faktor rawatan dan asupan pakannya. Berikut perawatan jika murai batu over birahi.

Burung murai batu yang mengalami over birahi akan menunjukkan beberapa perilaku, antara lain:

  • Bulu mengkorok,
  • Sifatnya jadi lebih agresif,
  • Sering ngelowo atau ngebetmen,
  • Sering menurunkan kedua sayapnya,
  • Galak seperti mengejar-ngejar lawan dan ngeruji,
  • Sering mematuki ornamen sangkar.

Munculnya perilaku tersebut umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perawatan yang kurang tepat hingga pemberian pakan atau EF yang berlebihan. Jika tidak segera ditangani tentu bisa mengurangi penampilannya, terutama jika burung tersebut sering dilombakan.

Untuk mengatasi burung murai batu yang over birahi, beberapa perlakukan dan perawatan berikut ini bisa langsung diterapkan:

  1. Memisahkan burung dari keberadaan murai batu lain baik burung jantan maupun betina,
  2. Melakukan pengembunan dengan lebih rutin setiap pagi,
  3. Memangkas porsi pakan tambahan (EF) dari yang biasa diberikan, misalnya jika jangkrik biasa diberikan sebanyak 4-5 ekor setiap hari, maka dalam perawatannya kali ini cukup diberikan 3 ekor pagi dan 2 ekor pada sore hari. Untuk EF bisa ditambahkan cacing tanah sebanyak 2 ekor yang diberikan setiap 2 hari sekali.
    Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pada pagi, siang, dan sore harinya. Bisa juga diberikan terapi mandi malam jika kondisi suhu dan cuaca memungkinkan.
  4. Pengumbaran dilakukan dengan lebih sering dan lebih lama dari biasanya.
  5. Tambahkan suplemen vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minum atau pakan EFnya. Sup Plus Bird adalah multivitamin yang mengandung zat anti stres sehingga sangat baik diberikan untuk mengatasi murai batu yang over birahi. Selain itu, multivitamin ini juga memiliki manfaat untuk menggacorkan, juga mendongkrak stamina dan mentalnya.
Baca:   Lima penyebab lovebird jadi kurang gacor

Sup Plus Bird adalah suplemen multivitamin yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral burung peliharaan. Dengan rutin mengonsumsi Sup Plus Bird maka burung akan menjadi lebih berstamina sehingga menjadikannya lebih gacor, ngotot, dengan suara kicauan yang lebih keras.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

 

More from my site

Baca:   Tips merawat murai batu paud yang drop mental

Related Articles

settingan lovebird untulan jeda rapat

Tips settingan lovebird untulan agar jeda rapat

Perawatan lovebird dengan metode koloni atau untulan dianggap efektif mendongkrak penampilannya sejak awal lomba. Selain dapat membangkitkan mental dan fighternya di gantangan, sistem untulan juga bisa jadikan lovebird ngekek jeda rapat. More from my siteSettingan konslet untuk lovebird untulanTips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan)Tips atasi lovebird over birahi dan ngedropTips dan trik lovebird gantangan […]
Read more

Tips rawatan kepodang emas agar cepat bunyi dan gacor

Kepodang emas (Oriolus chinensis) memiliki nama resmi kepudang kuduk hitam, merupakan salah satu jenis burung yang gemar bersolek untuk memamerkan keindahan bulunya. Penampilan dan warna bulunya sangat menarik, terdiri dari bulu kuning dan hitam, kepodang dikenal dengan suara kicauannya yang merdu. More from my siteMenyiapkan burung cucak jenggot untuk lombaTips dan cara merawat burung cockatiel […]
Read more

Perawatan jalak rio agar rajin bunyi

Jalak rio-rio memiliki nama Grosbeak starling (Scissirostrum dubium). Spesies burung ini merupakan endemik di pulau Sulawesi, dan masih berkerabat dekat dengan jalak kerbau serta burung jalak lainnya. Di Indonesia, jalak rio memiliki nama resmi jalak tunggir merah merujuk kepada bulu kemerahan yang terdapat pada pangkal ekornya. More from my siteCara merawat burung jalak hongkong untuk […]
Read more

One thought on “Perawatan murai batu over birahi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?