PERAWATAN MURAI BATU OVER BIRAHI

Perawatan murai batu over birahi

Saat birahi murai batu terlalu tinggi (over birahi) maka perilakunya pun akan cenderung berubah dan tidak segacor seperti biasanya. Kondisi ini umumnya dipengaruhi oleh faktor rawatan dan asupan pakannya. Berikut perawatan jika murai batu over birahi.

Burung murai batu yang mengalami over birahi akan menunjukkan beberapa perilaku, antara lain:

  • Bulu mengkorok,
  • Sifatnya jadi lebih agresif,
  • Sering ngelowo atau ngebetmen,
  • Sering menurunkan kedua sayapnya,
  • Galak seperti mengejar-ngejar lawan dan ngeruji,
  • Sering mematuki ornamen sangkar.

Munculnya perilaku tersebut umumnya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perawatan yang kurang tepat hingga pemberian pakan atau EF yang berlebihan. Jika tidak segera ditangani tentu bisa mengurangi penampilannya, terutama jika burung tersebut sering dilombakan.

Untuk mengatasi burung murai batu yang over birahi, beberapa perlakukan dan perawatan berikut ini bisa langsung diterapkan:

  1. Memisahkan burung dari keberadaan murai batu lain baik burung jantan maupun betina,
  2. Melakukan pengembunan dengan lebih rutin setiap pagi,
  3. Memangkas porsi pakan tambahan (EF) dari yang biasa diberikan, misalnya jika jangkrik biasa diberikan sebanyak 4-5 ekor setiap hari, maka dalam perawatannya kali ini cukup diberikan 3 ekor pagi dan 2 ekor pada sore hari. Untuk EF bisa ditambahkan cacing tanah sebanyak 2 ekor yang diberikan setiap 2 hari sekali.
    Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pada pagi, siang, dan sore harinya. Bisa juga diberikan terapi mandi malam jika kondisi suhu dan cuaca memungkinkan.
  4. Pengumbaran dilakukan dengan lebih sering dan lebih lama dari biasanya.
  5. Tambahkan suplemen vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minum atau pakan EFnya. Sup Plus Bird adalah multivitamin yang mengandung zat anti stres sehingga sangat baik diberikan untuk mengatasi murai batu yang over birahi. Selain itu, multivitamin ini juga memiliki manfaat untuk menggacorkan, juga mendongkrak stamina dan mentalnya.
Baca:   Pemilihan dan perawatan bakalan muray batu borneo

Sup Plus Bird adalah suplemen multivitamin yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral burung peliharaan. Dengan rutin mengonsumsi Sup Plus Bird maka burung akan menjadi lebih berstamina sehingga menjadikannya lebih gacor, ngotot, dengan suara kicauan yang lebih keras.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

 

Baca:   Lima penyebab murai batu sering cabut bulu

Related Articles

membuat lovebrid bersuara keras dan buka paruh

Cara membuat lovebird bersuara keras dan buka paruh

Burung yang bersuara keras dan buka paruh tentu dapat menarik perhatian para juri ketika dilombakan. Hal inilah yang membuat banyak lovebird mania berlomba-lomba melatih agar lovebird rawatannya punya kemampuan tersebut. Sebagai panduan, berikut cara membuat lovebird bersuara keras dan buka paruh. Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lombaCara menambah dan bongkar durasi lovebirdRahasia lovebird […]
Read more

Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

Ropel adalah suara kicauan burung yang panjang, bergulung dengan irama yang tanpa jeda. Kualitas suara seperti ini sangat didambakan oleh para pemilik burung cucak rawa. Biasanya, cucak rawa ropel bisa didapatkan melalui pemasteran yang dilakukan sejak burung masih berumur anakan. Berikut cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel. Cara merawat burung cucak jenggot yang […]
Read more

Tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi

Suara kicauan sirtu / cipoh yang merdu mengundang ketertarikan banyak kicaumania untuk memeliharanya. Meskipun termasuk jenis burung yang mudah dirawat, tapi untuk menjadikannya rajin bunyi tentu membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Berikut tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi. Suplemen yang bagus untuk burung kicauTips melatih cendet agar gacor dan bermental tempurIni manfaat […]
Read more

One thought on “Perawatan murai batu over birahi

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?