Ciri-ciri burung murai batu yang siap lomba

Melombakan burung murai batu butuhkan perhitungan yang matang, karena burung ini terkenal dengan sifatnya yang agresif dan teritorial. Ketika burung yang belum siap lomba dipaksakan untuk bertarung, maka besar kemungkinan murai batu tersebut akan stres, ngedrop mental, bahkan macet bunyi. Sebagai panduan, simak ciri-ciri murai batu yang siap lomba berikut ini.

Namun membawa burung murai batu ke arena lomba tentu tidak sembarangan, apalagi spesies burung dengan nama latin Copsychus malabaricus ini mempunyai karakter petarung sejati dan sangat agresif. Murai batu yang belum siap lomba biasanya mempunyai mental yang masih lemah, sehingga gampang ngedrop saat bertemu lawan tanding yang tidak sepadan.

Oleh karena itulah, dibutuhkan pengetahuan dari kicaumania untuk bisa mengenali ciri-ciri burung murai batu yang sudah siap lomba, agar burung bisa tampil dengan lebih maksimal.

Berikut beberapa ciri murai batu siap lomba:

  • Burung yang akan dilombakan harus yang sudah berumur mapan, karena mentalnya lebih stabil dan sifat fighternya pun lebih tinggi. Secara umum, usia murai batu yang sudah siap untuk dilombakan minimal 1,5 tahun.
  • Murai batu dalam kondisi sehat, lincah, dan tidak cacat terutama pada bagian kaki-kaki dan paruhnya.
  • Murai batu sudah memiliki sikap ngeplay (berdiri dengan sikap waspada dengan kepala ke atas), energik dan sangat sensitif terhadap suara-suara yang mengganggunya.
  • Suara kicauan yang dominan ngeban (berulang-ulang) dengan tekanan suara yang kuat dan kencang, hingga terlihat tubuhnya ikut bergetar.
  • Saat mendengar suara-suara lain, murai batu akan mengeluarkan suara isian dengan intonasi keras.
  • Burung sudah terbiasa dengan keramaian sehingga tidak mudah “demam panggung” saat digantang.
  • Memiliki bentuk fisik dan proporsional, tidak kegemukan dan juga tidak terlalu kurus.
  • Murai batu sudah memiliki mental yang baik, artinya sudah terbiasa dilatih dengan beberapa ekor murai batu lainnya dalam skala kecil-kecilan.
  • Bentuk kotoran kecil dan kering, dan terkadang ada dijumpai muntahan kering berupa gumpalan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna.
Baca:   Tips melatih mental murai batu bakalan muda hutan (MH)

Setelah murai batu memiliki beberapa ciri-ciri di atas, maka untuk memaksimalkan penampilannya di lapangan dan agar burung bisa tampil lebih garang, kebutuhan multivitaminnya harus mulai diperhatikan. Salah satu suplemen vitamin yang cocok dikonsumsi burung murai batu adalah Sup Plus Bird, karena diolah dengan menggunakan bahan-bahan yang bermanfaat untuk burung kicauan.

Selain bisa membantu menjaga kondisi murai batu agar selalu fit dan aktif, Sup Plus Bird juga mampu meningkatkan mentalnya jadi lebih baik dan bersemangat tinggi. Dengan demikian, burung akan memiliki stamina yang lebih baik saat dilombakan.

Sup Plus Bird bisa didapatkan di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Bisa juga dipesan langsung melalui chat Whatsapp yang ada di halaman ini.

Baca:   Solusi jika murai batu ogah makan voer

Semoga bermanfaat

 

 

Related Articles

Settingan lovebird konslet multi pasangan

Menjadikan lovebird konslet bukan pekerjaan yang mudah, ada tantangan tersendiri dalam perawatannya untuk bisa mencapai kondisi tersebut. Untuk mendapatkan peluang konslet yang lebih besar, maka settingan lovebird konslet dengan multi pasangan dapat diterapkan. More from my siteTips menjaga kualitas indukan lovebird yang diternakTips dan settingan lovebird balibu ombyokanKesalahan dalam perawatan lovebird jantan menuju konsletTips memaksimalkan […]
Read more
lovebird paud durasi tambah

Perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan malas ngekek

Kurang terpenuhinya kebutuhan nutrisi akan menyebabkan lovebird menjadi kurang aktif dan malas berkicau. Kondisi ini paling umum dijumpai pada burung yang masih muda atau paud / balibu. Untuk mengatasinya, simak cara perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan malas ngekek berikut ini. More from my siteTips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaCara merawat lovebird paud […]
Read more
cucak jenggot

Menyiapkan burung cucak jenggot untuk lomba

Banyak penyebab mengapa burung cucak jenggot tidak mau tampil maksimal ketika dilombakan. Oleh karena itu, menyiapkan cucak jenggot untuk lomba bisa menjadi salah satu bentuk perawatan yang dapat meningkatkan mentalnya, sehingga burung mau tampil maksimal di lapangan.¬† More from my siteTips cucak hijau tampil ngotot di lombaCara merawat pleci bakalan agar jadi burung lombaCara memberikan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?