murai batu serak

Cara mengatasi suara serak pada murai batu

Daya tarik murai batu adalah suaranya yang lantang dan penuh variasi. Tak heran kalau jenis burung yang berkarakter petarung ini menjadi favorit banyak kicaumania di berbagai daerah. Saat murai batu alami serak, suaranya tentu tidak akan enak didengar. Penampilannya pun jadi kurang maksimal saat dilombakan. Nah, untuk penanganannya simak cara mengatasi suara serak pada murai batu berikut ini.

Serak pada burung murai batu umumnya dipicu oleh beberapa hal, seperti:

  • Murai batu yang dijemur terlalu lama sehingga burung rentan alami dehidrasi dan stres.
  • Faktor lingkungan yang buruk seperti menggantungkan sangkarnya di tempat yang dekat dengan sumber polusi udara seperti tempat pembakaran sampah atau kendaraan bermotor.
  • Burung mengalami gangguan pada pernafasan atau tenggorokan yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit.
  • Mengonsumsi pakan yang sudah basi atau berjamur.
Suara serak pada murai batu jika tidak segera diatasi bisa memicu hal-hal yang lebih buruk. Oleh karenanya, begitu mengetahui ada perubahan pada kualitas suara dari burung murai batu, maka segeralah lakukan tindakan-tindakan berikut untuk mengatasinya:
  1. Memisahkan murai batu dari burung lain atau sejenis, dan mulai memberinya full kerodong selama masa pemulihan.
  2. Mulai mengembunkan burung murai batu secara rutin.
    Untuk sementara waktu, burung mendapatkan pakan serangga saja atau full EF misalnya dengan memberinya kroto segara sebanyak 2 sendok teh setiap pagi dan sore hari, ditambah 2-3 ekor jangkrik. Pemberian pakan full EF diharapkan bisa memulihkan stamina sehingga burung mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas. Adapun pemberian voer bisa diberikan setiap 2 hari sekali.
  3. Untuk mendukung pemulihan dan menjaga kondisinya agar terhindar dari stres dan sakit, berikan tambahan multivitamin Sup Plus Bird yang dicampurkan ke dalam air minumnya, atau dioleskan pada kroto sebelum diberikan pada burung.
  4. Air minum yang disediakan sebaiknya berasal dari air yang sudah matang atau air mineral. Namun pada waktu pengembunan dan di sore hari, air minumnya diganti dengan air larutan penyegar.
  5. Mulai mengurangi pemberian mandi dan juga jemurnya.
Baca:   Tips mencegah kematian mendadak pada burung peliharaan

Sup Plus Bird adalah suplemen vitamin yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi oleh burung peliharaan. Selain membantu menjaga kondisinya agar tetap fit dan aktif, Sup Plus Bird juga bermanfaat untuk menjadikan burung makin rajin bunyi, memaksimalkan volume suara kicauannya, mendongkrak birahi dan mental, serta menjadikan burung tampil dengan lebih ngotot.

Suplemen vitamin yang banyak manfaat ini bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Dapat juga dibeli langsung melalui pesan Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

Baca:   Ciri-ciri burung murai batu yang siap lomba

Related Articles

TIps melatih burung bakalan mau makan voer

Banyak cara bagaimana membuat burung bakalan hasil tangkapan yang belum mau makan voer dilatih agar mau makan voer, mulai dari cara klasik hingga cara yang modern akan saya sajikan disini sebagai bahan panduan bagi anda yang baru saja membeli burung bakalan.  Mencampur voer ayam dengan kroto , Voer ayam adalah voer yang memiliki bau khas […]
Read more
rawatan cucak ijo musim hujan 3

Tips rawatan cucak ijo di musim hujan

Setiap musim hujan, burung cucak ijo yang semula gacor akan cenderung berkurang intensitas kicauannya karena adanya perubahan suhu. Kondisi ini tentu dapat mengganggu penampilan burung yang biasa dilombakan. Oleh karenanya,  perawatan yang tepat di musim hujan dapat menjaga kondisinya selalu fit dan rajin bunyi. Berikut tips rawatan cucak ijo di musim hujan. Solusi jika cucak […]
Read more

Solusi atasi kenari yang tak mau bunyi saat dilombakan

Kenari sering dianggap sebagai jenis burung yang cepat beradaptasi dan gampang untuk berbunyi. Akan tetapi, jika tidak disertai dengan pola rawatan yang tepat, maka burung tidak akan bisa tampil dengan maksimal, termasuk ketika dibawa ke lapangan. Banyak kenari mania mengeluh kalau burung rawatannya itu tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya saat dilombakan. Untuk menanganinya, yuk […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?