Melatih Pleci Agar Bersuara Lantang

Cara memaster pleci yang baik dan benar

Pemasteran dilakukan untuk menambah variasi kicauan burung peliharaan. Tapi tidak semua burung bisa dimaster karena harus disesuaikan karakter, vokal, dan gaya lagunya. Hanya burung dengan kemampuan menirukan suaralah yang bisa dilatih suara masteran, salah satunya pleci. Berikut cara memaster pleci yang baik dan benar.

Memaster pleci sebenarnya bisa dilakukan kapan dan di mana saja, tanpa harus menunggu burung mabung atau sedang ganti bulu. Selama proses pemasteran dilakukan dengan cara yang tepat, maka burung pun akan mudah merekam dan menirukan suara-suara masterannya.

Berikut beberapa cara memaster pelci yang baik dan benar:

  1. Memaster burung pleci bisa dimulai sejak dini, yaitu setelah burung berumur lebih dari 1 bulan. Dalam kondisi tersebut auditory memory burung pleci masih kosong dan belum banyak menyimpan suara yang didengarnya. Pada saat itulah, kita bisa mengisinya dengan suara-suara masteran yang diinginkan dan sesuai karakter vokalnya.
  2. Proses pemasteran harus dilakukan secara terus-menerus dengan lagu yang sama sampai burung menguasainya. Setelah itu baru diganti dengan lagu baru secara kontinyu.
  3. Usahakan proses pemasteran dilakukan di lokasi yang kondusif yaitu aman dan tidak ada gangguan terutama suara-suara yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, lokasi pemasteran yang cocok adalah di dalam ruangan dengan menggantungkan pleci di tengah ruangan sedangkan burung masterannya digantungkan mengelilinginya.
  4. Agar proses pemasteran bisa berlangsung efektif, maka pilihlah burung masteran atau suara masteran dengan karakter suara yang sesuai dengan lagu-lagu yang biasa dibawakan pleci.
  5. Untuk mendoktrin pleci dengan lagu ngerol, bisa diberikan pemasteran menggunakan suara burung yang berkarakter ngerol seperti kenari, blackthroat, dsb. Sedangkan untuk pleci ngalas bisa dimaster dengan suara ccak jenggot atau suara pleci lain yang rajin ngalas, begitu juga jika ingin pleci bersuara tembakan bisa memasternya dengan suara-suara tembakan seperti suara ciblek, prenjak, dll.
  6. Pilih waktu yang tepat sebelum melakukan pemasteran pada pleci, karena burung ini terkenal sangat aktif terutama di pagi hari. Waktu pemasteran yang tepat adalah saat burung beristirahat yaitu mulai dari jam 09:00 s/d 11:00, dan pukul 13:00 s/d 15:00. Pemasteran bisa juga dilakuan pada malam hari atau pada waktu pengembunan.
  7. Saat menggunakan suara masteran yang bersumber dari perangkat pemutar audio, maka putarlah audio tersebut dengan volume sedang dan tidak keras. Pastikan juga setelannya dibuat flat atau normal tidak terlalu ngebas juga tidak tribel agar suara bisa lebih jelas terdengar.
Baca:   7 tips perawatan kenari agar tetap bugar dan rajin bunyi

Sebelum memuai proses pemasteran, pastikan burung telah memiliki stamina dan kondisi yang sangat baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan vitamin tambahan seperti Sup Plus Bird ke dalam air minumnya. Saat kondisinya sedang fit dan baik itulah, pleci akan lebih mudah merekam dan menirukan suara-suara burung yang dilatihkan kepadanya.

Sup Plus Bird dapat diperoleh di media jual-beli online seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Bisa juga dipesan langsung melalui chat Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

Baca:   Racikan rahasia pleci cepat bunyi (ngalas / ngerol)

Related Articles

Tips dan settingan burung kacer mabung

64 / 100 Mabung atau moulting adalah proses rontok bulu yang merupakan siklus alami pada keluarga burung (Aves). Perawatan semasa burung mabung merupakan satu hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu-bulunya. Berikut tips dan settingan burung kacer mabung. Cara merawat kacer mabung yang benarTips mengatasi kacer salto paling ampuh!!!Tips cegah kacer gemuk dan […]
Read more
lovebird paud durasi tambah

Perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan malas ngekek

Kurang terpenuhinya kebutuhan nutrisi akan menyebabkan lovebird menjadi kurang aktif dan malas berkicau. Kondisi ini paling umum dijumpai pada burung yang masih muda atau paud / balibu. Untuk mengatasinya, simak cara perawatan lovebird paud yang kurang aktif dan malas ngekek berikut ini. Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaCara merawat lovebird paud agar rajin bunyiTips […]
Read more
lovebird konslet

Tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan

Birahi lovebird paud yang masih belum stabil menjadikan banyak penggemarnya berusaha keras agar momongannya bisa bekerja dengan baik di gantangan. Berbagai settingan pun diterapkan untuk tujuan agar lovebird kesayangan mampu tampil dengan penuh maksimal. Salah satunya adalah tips lovebird paud cepat ngunci di lapangan berikut ini. Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lombaKesalahan dalam merawat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?