Tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannya

Lovebird konslet tidak bisa muncul begitu saja, butuh perawatan yang rutin dan teratur agar burung bisa memasuki kondisi tersebut. Bahkan tak jarang, lovebird yang sudah dirawat laa pun hanya keluar karakternya saja, tetapi burung belum juga mau konslet. Sebagai panduan, simak tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannya.

Faktor yang turut menentukan dalam settingan lovebird cepat konslet adalah memahami kondisi birahinya. Ada dua kategori birahi yang perlu Anda ketahui saat menerapkan settingan lovebird konslet, yaitu birahi untuk gacor dan birahi untuk kawin.

  • Birahi gacor, muncul ketika emosi dan sifat fighternya terdongkrak oleh settingan hariannya. Pada saat itu, lovebird akan menjadi rajin bunyi, dan akan bertambah ngotot saat mendengar suara lovebird lain di dekatnya. Meski ada birahi untuk kawin, namun hal ini masih bisa ditutupi oleh emosi dan fighternya.
  • Birahi kawin, terjadi setelah adanya peningkatan hormon testosterone oleh settingan harian yang berlebihan, terutama dari segi pemberian pakan dan penjemuran. Pada tahap ini burung lebih tertarik untuk mengawini pasangannya. Ketika kondisi ini tidak terlampiaskan, maka yang muncul adalah ketidakseimbangan emosi yang memicu burung cabut bulu, gesek tangkringan, atau macet bunyi.
Baca:   Panduan Lengkap Ternak Lovebird Sukses Untuk Pemula

Jika lovebird mengalami apa yang disebut birahi kawin, maka tidak ada jalan lain kecuali segera memberinya pasangan untuk dikawinkan. Karena tak jarang, hal ini muncul lantaran burung yang sudah sangat berhasrat ingin berbiak atau meloloh.

Adapun pada lovebird yang dilatih konslet, birahi gacor akan memicu munculnya karakter konslet, seperti burung yang sering mangap-mangap atau lipsync (lipsing), mendongakkan kepala ke atas, dan ciri-ciri konslet lainnya. Jika kondisi ini terlihat pada lovebird yang Anda pelihara, maka langkah selanjutnya adalah tinggal meneruskan settingannya sampai burung gacor.

Tahap-tahap menuju lovebird konslet

Jika burung memiliki pasangan atau untulan tetapi belum juga mau gacor, maka settingan berikut ini bisa diterapkan:

  • Memisahkan burung dari pasangannya dan menempatkan dalam sangkar terpisah.
  • Setiap hari burung rutin dijemur. Penjemuran untuk lovebird jantan bisa dilakukan sekuatnya, sedangkan untuk betina cukup dilakukan dalam durasi maksimal 2 jam.
  • Selesai dijemur, burung diangin-anginkan lalu ditempel dengan pasangan / untulannya dalam kondisi full ablak atau tanpa kerodong. Karena jika dilakukan sambil dikerodong, biasanya burung akan cepat gacor tetapi birahinya akan cenderung figher dan bukan konslet.
  • Dalam settingannya, burung dibiarkan mandi sendiri (bisa menggunakan cepuk mandi atau memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya).
  • Berikan pakan dengan setelan kencang, dilengkapi potongan jagung muda sebagai pakan tambahannya (EF). Untuk pakan bisa menggunakan milet Kristal yang diracik khusus agar lovebird cepat gacor dan konslet.
Baca:   Perawatan jalak suren trotolan hingga dewasa

Tahap setelah lovebird mulai gacor

  • Lovebird kembali disatukan dengan pasangan atau untulan.
  • Saat dijemur, usahakan agar burung dijemur bersamaan dengan pasangan lovebird lainnya.
  • Selesai dijemur, burung kembali dipisah lalu diangin-anginkan dalam jarak yang saling berjauhan.
  • Pada sore hari atau menjelang malam hari, burung kembali disatukan.
    Untuk settingan pakan bisa diganti ke milet polosan seperti Milet Cinderella.

Demikian tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannya.

Semoga bermanfaat

Related Articles

cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Cara menambah durasi lovebird

Durasi lovebird menjadi daya tarik yang dapat memberikan nilai tambah saat bertanding. Itu sebabnya, banyak lovebird mania berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya memiliki suara ngekek yang panjang. Baca:   Tips menghipnotis burung, unggas dan hewan lainnya
Read more

Cara menjaga warna kenari merah

Dari banyaknya jenis burung kenari, kenari merah atau red factor canary adalah jenis yang unik. Kenari ini diketahui memiliki pigmen bulu berwarna merah yang akan muncul jika dirawat dengan cara yang tepat. Untuk panduan pemula, simak cara menjaga warna kenari merah berikut ini. Baca:   Tips dan cara mengatasi burung perkutut yang jarang bunyi
Read more

Mengatasi kenari yang ngeriwik saja dengan daun binahong

Kenari yang semula rajin bunyi/gacor kemudian berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya bisa disebabkan oleh burung yang kurang kondisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beragam terapi untuk mendukung pemulihan kondisinya. Salah satu terapi perawatan yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun binahong. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Baca:   Bagaimana membuat jebakan burung sederhana
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by