cegah kenari ngeruji

Solusi jitu cegah dan atasi kenari ngeruji

Ngeruji pada burung kenari biasanya muncul ketika birahinya terlalu tinggi. Jika perilaku ini terjadi pada kenari yang baisa dilombakan, tentu akan menurunkan penampilannya. Untuk mengatasinya, simak beberapa solusi jitu cegah dan atasi kenari ngeruji berikut ini.

Kenari yang sering ngeruji di gantangan lomba, bisa disebabkan oleh settingan yang ketinggian. Sebelum kenari dilombakan, sebaiknya settingan pakan dan rawatannya harus diatur sedemikian rupa agar burung punya sifat fighter di lapangan.

Untuk mencegah dan mengatasi kenari yang sering ngeruji di lapangan, dibutuhkan perubahan rawatan dan settingan pakannya. Hal ini terutama untuk menurunkan birahinya yang berlebihan.

Namun begitu, tidak semua burung bisa sembuh dari perilaku tersebut, sehingga dibutuhkan penanganan yang benar-benar tepat untuk pencegahan dan mengatasinya.

Simak beberapa solusi jitu cegah dan atasi kenari ngeruji di lapangan berikut ini:

  1. Cobalah untuk mengurangi pemberian pakan bijian yang memiliki kadar lemak tinggi. Untuk perawatan harian dan lomba, berikan pakan racikan yang bagus kualitas dan kandungan bahannya, salah satunya adalah Canary Seed Herbal yang sudah diolah menggunakan bahan herba yang kaya manfaat untuk burung kenari.
  2. Untuk sementara waktu, kenari tidak diberikan pakan tambahan yang tinggi protein seperti telur rebus, kroto, dsb tetapi berikan kenari pakan tambahan yang terdiri dari buah dan sayuran hijau.
  3. Setiap pagi burung dimandikan dengan lebih rutin, setelah mandi diangin-anginkan baru dijemur seperlunya saja. Setelah itu, kenari kembali diangin-anginkan di tempat yang teduh. Berikan kerodong hanya jika dibutuhkan saja.
  4. Sebelum kenari naik gantangan, lakukan penyemprotan halus pada bagian kloaka / ven dan tenggerannya.
  5. Jika diperlukan, untuk menstabilkan dan menurunkan birahi yang berlebihan bisa dilakukan dengan pengecasan terlebih dulu dengan beberapa ekor kenari lainnya sebelum digantang.
  6. Berikan suplemen vitamin Kristal yang bermanfaat menstabilkan birahi kenari sebelum dan setelah lomba.
  7. Metode alternatif lainnya adalah memasang aksesoris pada jeruji, atau menambah beberapa buah tenggeran di dalam sangkarnya, sehingga tidak memberikan peluang untuk kenari ngeruji.
Baca:   Penyebab dan cara mengatasi kenari bersuara serak

Demikian tips dan ragam solusi ampuh cegah dan atasi kenari ngeruji di lapangan yang bisa diterapkan untuk mengurangi dan mencegah perilaku tersebut muncul saat burung akan digantang.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips murai batu yang susah gacor

Burung murai batu yang rajin bunyi akan sangat disukai. Banyak orang rela keluar uang lebih demi mendapatkan burung yang sudah rajin bunyi / gacor tersebut. Tapi bagaimana jika burung yang sudah dirawat cukup lama tapi tak juga kunjung gacor? Sebagai panduan rawatan, simak tips murai batu yang susah gacor berikut ini. Terapi mengatasi kebotakan pada […]
Read more

Cara merawat burung jalak yang masih anakan

Dalam literatur perburungan internasional, burung jalak adalah kelompok burung yang berasal dari keluarga Sturnidae. Terdapat beragam jenis burung jalak yang dijumpai di Indonesia, dan sebagian sudah sangat dikenal sebagai hewan peliharaan. Cara membedakan burung jalak kerbau jantan dan betinaTips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyiCara mengatasi jalak suren yang macet bunyiCara memilih jalak suren […]
Read more

Tips membersihkan sangkar yang bau menyengat

Kondisi sangkar yang berbau menyengat tentu akan membuat pemiliknya merasa terganggu, belum lagi pandangan orang-orang di rumah maupun sekitar. Burung yang menghuni sangkar itu pun akan merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatannya. Berikut tips membersihkan sangkar yang berbau menyengat. Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basiMenyiapkan burung cucak jenggot […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?