settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Settingan harian dan lomba lovebird paud paruh putih

Keberadaan lovebird paruh putih di lapangan kini bukan hal yang asing lagi. Bahkan tak sedikit jenis lovebird ini yang sukses menyandang predikat jawara. Untuk panduan, simak cara settingan harian dan lomba lovebird paud paruh putih berikut ini.

Di kalangan penggemarnya, lovebird paruh putih dianggap memiliki kelebihan dari burung dengan paruh merah. Beberapa kelebihan lovebird paruh putih tersebut antara lain:

  1. Lovebird paruh putuh adalah burung yang sangat aktif, mudah gacor, dan cenderung memiliki kecenderungan ngekek panjang.
  2. Penampilan bulunya lebih menarik, gaya ngekek tegap berdiri, dan sudah siap lomba sejak usia dini.
  3. Jenis burung ini juga sangat cepat beradaptasi dengan suhu atau lingkungan yang sejuk dan dingin.

Disamping kelebihannya, lovebird paruh putih juga memiliki kekurangan atau kelemahan yang sangat berpengaruh terhadap penampilannya saat dilombakan, yaitu:

  • Burung yang cenderung banyak ngetem / diam saat dilombakan, juga harus nunggu panas dulu atau ditrek lebih dulu sebelum digantang.
  • Karakternya dianggap kurang fighter.
  • Lambat birahi dan settingannya pun bagi sebagian kalangan dianggap cukup lama dan membutuhkan kesabaran ekstra agar burung mampu tampil maksimal sesuai yang diinginkan.
  • Dalam kondisi cuaca yang panas, burung cenderung tak mau jalan saat dilombakan.
Baca:   Settingan & tips rawatan burung kacer yang kurang fighter

Meskipun begitu, jika perawatannya dilakukan dengan settingan yang tepat, maka penampilan lovebird paruh putih akan menjadi jauh lebih baik bahkan bisa tampil dengan sangat maksimal.

Agar hasil rawatannya jadi lebih maksimal, maka bisa memilih lovebird paruh putih yang masih berumur paud atau balibu. Berikut settingan lovebird paud paruh putih:

A. Perawatan harian 

  1. Setiap pagi burung rutin diembunkan. Pengembunan bisa dilakukan sejak pukul 05:00 s/d 06:00.
  2. Setelah matahari terbit, segera mandikan burung hingga basah kuyup dengan cara semprot atau mandi tangan sesuai kebiasaannya.
  3. Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulunya, setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari selama 15 menit s/d 1 jam.
  4. Selesai dijemur, burung dipindahkan ke tempat teduh, lalu diablak atau tanpa kerodong.
  5. Lakukan pemasteran dengan suara burung kenari yang sudah gacor.
  6. Untuk pakan cukup diberikan milet putih saja, dilengkapi pakan tambahan berupa potongan jagun muda yang diberikan setiap 2-3 hari sekali.
  7. Pada malam hari, burung diberikan terapi mandi malam dengan cara disemprot halus pada bagian dadanya. Penyemprotan tidak perlu sampai basah, tetapi cukup 2 – 3 kali semprotan embun saja.
  8. Setelah kering, sangkar diberikan full kerodong dan burung dibiarkan istirahat sampai esok pagi untuk pengembunan.
  9. Lakukan pengumbaran secara rutin seminggu dua kali untuk melatih stamina dan nafasnya agar lebih panjang.
Baca:   Settingan lovebird jantan agar stabil di lapangan

B. Persiapan lomba 

  1. Satu hari sebelum lomba atau H-1, pakan mulai diganti dengan pakan milet racikan seperti Milet Cinderella atau Milet Kristal.
  2. Tambahkan beberapa tetes vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya.
  3. Lakukan full kerodong sampai hari-H.

C. Persiapan di lapangan

  1. Setelah sampai lapangan, kerodong dibuka sedikit lalu burung diberikan semprotan embun, lalu kembali dikerodong.
  2. Pada saat akan digantang,, kain kerodong mulai dibuka, cabut juga cepuk pakan dan minumnya.
  3. Bersihkan sangkar dari kotoran maupun sisa pakan yang berceceran di dasar sangkarnya.
  4. Burung siap untuk digantang.

Demikian settingan harian dan lomba lovebird paud paruh putih. Untuk metode latihan lainnya bisa menerapkan sistem untulan, caranya bisa dilihat lagi dalam artikel berikut ini:

Settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor

Burung gelatik batu umum dipelihara untuk masteran maupun pemancing bunyi. Meski bertubuh mungil, namun suranya terdengar tajam dengan cuitan-cuitan yang menarik untuk masteran. Untuk menjadikannya rajin bunyi, maka perawatan yang tepat harus mulai diterapkan. Sebagai panduan, berikut tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor. Tips mengatasi burung anis merah yang sering ngecirSettingan burung cucak […]
Read more

Mengenali permasalahan dalam penangkaran lovebird

Love bird banyak dicari dan dipelihara untuk masteran, lomba ataupun dikembang biakan melalui penangkaran. Banyak dari kita yang berhasil mengembang biakan burung yang cukup populer ini dan banyak juga yang mengaku mengalami kesulitan terutama dalam masalah reproduksi, misalnya burung yang terlihat kawin tetapi tidak kunjung bertelur atau burung yang berhasil bertelur tetapi nyatanya telur tersebut […]
Read more
Burung peliharaan membutuhkan asupan suplemen tambahan untuk menjaga kondisinya sepanjang hari

Suplemen yang bagus untuk burung kicau

Burung liar yang ada di alam bebas tidak membutuhkan suplemen apapun karena semua kebutuhan nutrisinya sudah disediakan oleh alam. Namun berbeda dengan burung peliharaan yang umumnya hanya diberi pakan standar, maka kebutuhan akan vitamin dan mineral belum tentu bisa terpenuhi. Berikut suplemen yang bagus untuk burung kicau. Kupas tuntas perawatan harian dan lomba burung pleciCara memberikan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?