Penyebab lovebird balibu hanya ngeriwik saja

Pada dasarnya, ngeriwik adalah cara burung muda belajar menirukan suara induknya atau burung dewasa untuk mengasah kemampuannya berkicau. Tapi bagaimana jika burung cenderung lebih sering ngeriwk daripada berkicau? Hal ini sering dijumpai pada burung lovebird yang masih balibu. Untuk itu, simak solusinya berikut ini.

Lovebird balibu atau paud yang kebanyakan ngeriwik umumnya disebabkan oleh tiga hal, yaitu:

  1. Faktor makanan.
  2. Faktor settingan atau rawatan.
  3. Faktor pemasteran.

Ketiga hal di atas juga sangat mempengaruhi pembentukan karakternya, apakah lovebird akan rajin ngekek atau cenderung bersuara ngeriwik saja. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Faktor makanan 

Untuk menjadikan lovebird balibu rajin ngekek dengan suara yang keras, maka kebutuhan nutrisinya harus lebih tinggi dari burung dewasa. Selain untuk mendukung pertumbuhkembangannya, pakan yang kaya nutrisi juga dapat merangsang burung untuk lebih rajin bunyi.

Dengan memberikan pakan yang terjamin kualitas dan kandungannya, lovebird balibu akan lebih cepat menirukan suara masterannya, sehingga suara ngekeknya pun akan terdengar lebih jelas dan kencang.

Baca:   Tips mengatasi kacer salto paling ampuh!!!

Salah satu pakan yang sangat direkomdasikan untuk lovebird balibu atau paud adalah Milet Volume+ yang diracik khusus untuk menjadikan burung rajin ngekek dengan volume yang keras dan panjang. Milet Volume+ banyak digunakan para pemain lovebird paud di lapangan, dan sudah mencetak beberapa burung jawara.

Selain asupan pakan dari milet racikan spesial, lovebird balibu juga membutuhkan asupan nutrisi yang berasal dari pakan tambahannya. Untuk lovebird balibu, sediakan saja sepotong jagung muda setiap hari.

2. Faktor perawatan 

Tidak bisa dipungkiri, faktor rawatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar lovebird paud rajin ngekek dengan suara keras. Perawatan yang asal-asalan akan menyebabkan burung cenderung bersuara pelan atau ngeriwik saja.

Pola rawatan yang tepat untuk lovebird balibu misalnya, mengatur durasi penjemuran sesuai kebutuhannya, cara memandikan, hingga pengembunan rutin yang dilakukan secara teratur setiap hari.

Selain itu, perkuat juga daya tahannya dari pergantian musim dan cuaca dengan menyediakan suplemen vitamin Sup Plus Bird yang diteteskan ke dalam air minumnya.

Baca:   Tips agar mozambik cepat gacor untuk masteran kenari

3. Faktor pemasteran

Meski hanya sebatas opsi pilihan, namun pemasteran bisa menjadi satu hal yang mempengaruhi kualitas suara lovebird paud. Pemasteran dengan suara yang tepat, bisa menjadikan burung makin rajin ngekek dengan durasi yang lebih panjang.

Metode pemasteran bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pemasteran menggunakan suara rekaman atau menggunakan burung-burung masteran. Jika suara masteran cocok dengan karakter dari lovebird paud tersebut, maka burung pun akan memilik kualitas suara yang di atas rata-rata.

Simak artikel pemasteran berikut ini; Cara memaster lovebird agar rajin ngekek

Itulah beberapa solusi jika lovebird balibu cenderung ngeriwik saja.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Memilih air minum yang aman untuk burung peliharaan

Kebutuhan akan air minum menjadi sesuatu yang sangat vital karena sangat menentukan umur panjang burung yang dirawat. Namun tidak semua air bisa dikonsumsi burung peliharaan, karena jika terkontaminasi bakteri atau bahan kimia justru dapat mengganggu kesehatannya. Oleh karena itu, pilihlah air minum yang aman untuk burung piaraan. Cara memilih pakan burung yang tepatCara mengatasi burung […]
Read more
Burung murai batu muda hutan (MH)

Penyebab dan cara mencegah burung stres

Stres adalah kondisi ketika mekanisme pertahanan burung sudah melemah. Saat burung sedang stres maka performanya pun akan ikut menurun sehingga tidak bisa berkicau dengan baik seperti biasanya. Jika tidak segera ditangani, stres bisa memicu beragam penyakit. Berikut penyebb dan car mencegah burung stres. Penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stresCara memilih konin ombyokan yang berkualitas […]
Read more

Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi (Kosong), Apa Solusinya?

Penyebab Telur Lovebird Tidak Isi – Sering kali breeder lovebird mengalami masalah pada burung kesayangannya, lovebird kawin dan bertelur namun telur yang dihasilkan tidak isi alias zonk!. Tentu hal ini menjadi kerugian bagi para peternak karena seharusnya lovebird yang ditangkarkan bisa berproduksi dan menghasilkan pemasukan, tapi justru breeder harus menunggu siklus kawin berikutnya untuk mendapatkan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?