memaksimalkan suara ciblek

Cara melatih mental ciblek untuk lomba

Ciblek merupakan jenis burung yang bersifat teritorial dan fighter. Jika ingin mencetak ciblek calon jawara, maka kedua karakter tersebut harus didukung mental yang sangat baik, karena bisa menjadi modal utama saat bertemu lawan tandingnya di lapangan. Simak cara melatih mental ciblek untuk lomba

Seperti kacer atau murai batu, ciblek terkenal dengan temperamennya yang tinggi, terutama saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayahnya (teritorial). Saat itulah, ciblek akan mengeluarkan semua jurus pamungkasnya untuk mengusir pejantan lain enyah dari wilayah atau tempatnya bersarangnya.

Goyangan dan suara tembakannya yang khas itulah yang menjadi daya tarik bagi banyak kicaumania untuk memeliharanya. Sejak awal milenium, burung ini pun mulai banyak dilombakan di kelas-kelas campuran.

Untuk menjadikan ciblek jawara lomba, tentu membuthkan penggemblengan mental yang disertai dengan latihan-latihan khusus agar burung tidak mudah ngedrop saat bertanding.

Berikut beberapa cara melatih mental ciblek untuk lomba:

  • Biasakan merubah posisi atau lokasi tempat menggantungkan sangkarnya. Sangkar yang dipindah-pindah setiap beberapa hari sekali akan menciptakan wilayah teritorial bagi burung sehingga ment
  • Biasakan merubah posisi atau lokasi tempat menggantungkan sangkarnya. Sangkar yang dipindah-pindah lokasi setiap beberapa hari sekali akan memicu sifat teritorialnya, sehingga mentalnya pun otomatis akan terbentuk.
  • Saat menerapkan settingan, usahakan agar tetap dijalurnya dan tidak merubah-rubah settingannya, terutama dari segi pakan karena bisa berdampak pada penurunan kondisi dan mentalnya.
  • Begitu juga dengan cepuk pakan dan minum yang harus tetap berada di tempatnya atau tidak dipindah-pindah.
  • Gunakan tenggeran yang sesuai dan terbuat dari bahan yang nyaman dicengkeram dan tidak mudah goyang / goyah saat burung bergerak aktif.
  • Gunakan juga kain kerodong yang berbeda-beda warna dan ketebalannya setiap beberapa hari sekali.
  • Secara rutin memberikan suplemen vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya yang bermnfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya, sehingga ciblek tetap aktif dan rajin bunyi. Selain itu, dengan pemberian vitamin secara teratur juga akan menjadikan ciblek tetap fit saat dilatih sehingga selalu siap untuk dilombakan.
  • Setiap 2 minggu sekali, ciblek diuntul atau diumbar dengan burung ciblek lain yang memiliki mental jelek misalnya burung yang masih bakalan.
  • Setiap 1 – 2 minggu sekali, ciblek juga dilatih dengan ciblek lain yang sudah mapan di arena latihan atau latberan.
  • Berikan pakan yang tepat agar ciblek selalu memiliki tenaga dan mampu tampil lebih ngotot. Pakan yang direkomendasikan untuk ini adalah Ciblek Kristal yang diproduksi oleh Universitas Burung. Pakan khusus ciblek ini sangat kaya akan nutrisi dan gizinya karena diracik menggunakan bahan-bahan yang bermanfaat seperti Jagung, glukosa, kacang hijau,gingseng,jahe , jangkrik, kroto, madu, ulat, dan telur.
Baca:   Empat cara atasi kacer macet bunyi

Demikian tips melatih mental ciblek untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

eberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Merawat burung murai batu tanpa diberikan pakan voer banyak dilakukan kicaumania yang ingin memaksimalkan penampilan burung rawatannya itu. Namun perawatan tersebut tentu sangat berisiko jika dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman.  Untuk menjaga agar burung selalu tetap aktif dan tidak mudah lemas, berikut beberapa tips perawatan murai batu tanpa voer. Cara mengatasi trotolan murai baut […]
Read more

Tips dan cara merawat kutilang sutra

13 / 100 Burung kutilang sutra pernah sangat popular beberapa tahun lalu. Bahkan di beberapa daerah, jenis burung dari keluarga cucak-cucakan ini masuk dalam kelas tersendiri di arena lomba. Meskipun kini gaungnya sudah menurun, tapi masih banyak kicaumania yang memeliharanya untuk klangenan. Berikut tips dan cara merawat kutilang sutra. Cara merawat burung cucak jenggot yang […]
Read more

Cegah lovebird diare dengan cara ini

Diare merupakan jenis penyakit yang menyerang organ pencernaan dari lovebird dan jenis kicauan lainnya. Walaupun diare dianggap bukan gangguan yang cukup serius, tapi jika tidak segera ditangani dampaknya bisa sangat fatal. Untuk itu, simak tips bagaimana mencegah dan mengatasi lovebird diare berikut ini. Penyebab dan cara mengatasi lovebird nyilet / kurusTips mengatasi lovebird yang kurang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?