memaksimalkan suara ciblek

Cara melatih mental ciblek untuk lomba

Ciblek merupakan jenis burung yang bersifat teritorial dan fighter. Jika ingin mencetak ciblek calon jawara, maka kedua karakter tersebut harus didukung mental yang sangat baik, karena bisa menjadi modal utama saat bertemu lawan tandingnya di lapangan. Simak cara melatih mental ciblek untuk lomba

Seperti kacer atau murai batu, ciblek terkenal dengan temperamennya yang tinggi, terutama saat bertemu pejantan lain yang masuk wilayahnya (teritorial). Saat itulah, ciblek akan mengeluarkan semua jurus pamungkasnya untuk mengusir pejantan lain enyah dari wilayah atau tempatnya bersarangnya.

Goyangan dan suara tembakannya yang khas itulah yang menjadi daya tarik bagi banyak kicaumania untuk memeliharanya. Sejak awal milenium, burung ini pun mulai banyak dilombakan di kelas-kelas campuran.

Untuk menjadikan ciblek jawara lomba, tentu membuthkan penggemblengan mental yang disertai dengan latihan-latihan khusus agar burung tidak mudah ngedrop saat bertanding.

Berikut beberapa cara melatih mental ciblek untuk lomba:

  • Biasakan merubah posisi atau lokasi tempat menggantungkan sangkarnya. Sangkar yang dipindah-pindah setiap beberapa hari sekali akan menciptakan wilayah teritorial bagi burung sehingga ment
  • Biasakan merubah posisi atau lokasi tempat menggantungkan sangkarnya. Sangkar yang dipindah-pindah lokasi setiap beberapa hari sekali akan memicu sifat teritorialnya, sehingga mentalnya pun otomatis akan terbentuk.
  • Saat menerapkan settingan, usahakan agar tetap dijalurnya dan tidak merubah-rubah settingannya, terutama dari segi pakan karena bisa berdampak pada penurunan kondisi dan mentalnya.
  • Begitu juga dengan cepuk pakan dan minum yang harus tetap berada di tempatnya atau tidak dipindah-pindah.
  • Gunakan tenggeran yang sesuai dan terbuat dari bahan yang nyaman dicengkeram dan tidak mudah goyang / goyah saat burung bergerak aktif.
  • Gunakan juga kain kerodong yang berbeda-beda warna dan ketebalannya setiap beberapa hari sekali.
  • Secara rutin memberikan suplemen vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya yang bermnfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya, sehingga ciblek tetap aktif dan rajin bunyi. Selain itu, dengan pemberian vitamin secara teratur juga akan menjadikan ciblek tetap fit saat dilatih sehingga selalu siap untuk dilombakan.
  • Setiap 2 minggu sekali, ciblek diuntul atau diumbar dengan burung ciblek lain yang memiliki mental jelek misalnya burung yang masih bakalan.
  • Setiap 1 – 2 minggu sekali, ciblek juga dilatih dengan ciblek lain yang sudah mapan di arena latihan atau latberan.
  • Berikan pakan yang tepat agar ciblek selalu memiliki tenaga dan mampu tampil lebih ngotot. Pakan yang direkomendasikan untuk ini adalah Ciblek Kristal yang diproduksi oleh Universitas Burung. Pakan khusus ciblek ini sangat kaya akan nutrisi dan gizinya karena diracik menggunakan bahan-bahan yang bermanfaat seperti Jagung, glukosa, kacang hijau,gingseng,jahe , jangkrik, kroto, madu, ulat, dan telur.
Baca:   Pengkolonian Pleci kunci utama pleci lebih rajin berbunyi

Demikian tips melatih mental ciblek untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips membuat pleci tampil optimal di lapangan

  Berikut ini saya share beberapa tips agar pleci bisa tampil dengan optimal dilapangan, tulisan ini pernah ada dalam sebuah tulisan di forum kicaumania.or.id jadi saya rangkum saja disini sebagai bahan referensi bagi anda yang merasa plecinya bekerja kurang maksimal dilapangan.  Hal pertama yang membuat burung pleci mampu tampil optimal ataupun bisa membuat burung menjadi […]
Read more

Perawatan burung tledekan laut agar rajin bunyi

Penampilan burung tledekan laut sangat menarik. Tubuhnya terdiri dari dua warna saja yaitu biru dan putih sesuai dengan nama aslinya yaitu sikatan biru putih. Meski suara kicauannya tidak sevariasi kerabatnya, tledekan gunung, namun tledekan laut cukup disukai karena alunan suara kicauannya yang mengalun cukup merdu. Tips memilih dan merawat burung tledekanPerawatan Burung Tledekan Agar Makin […]
Read more
lovebird betina cepat konslet

Tips perawatan lovebird betina cepat konslet dan fighter

Lovebird konslet identik dengan burung jantan. Namun begitu, tidak berarti bahwa lovebird betina tidak punya kemampuan untuk itu. Jika dirawat dnegan cara yang tepat, lovebird betina pun akan cepat gacor, fighter, dan konslet. Setelan harian & lomba lovebird betina single fighterMengembalikan durasi lovebird betina setelah bertelurSettingan lovebird jantan single fighter birahi stabil di lombaSettingan lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?