settingan lb ombyokan

Tips dan settingan lovebird balibu ombyokan

Memilih lovebird dalam kandang ombyokan jika beruntung akan mendapatkan burung yang benar-benar prospek. Namun tentu saja, hal tersebut harus disertai dengan serangkaian pola rawatan yang rutin dan teratur. Sebagai panduan, simak tips dan settingan lovebird balibu ombyokan berikut ini.

Rawatan lovebird balibu atau paud hasil ngombyok di penangkaran maupun pasar burung harus dilakukan dengan sangat cermat, rutin, dan teratur. Hal ini bertujuan agar kelak lovebird tersebut punya kemampuan yang lebih baik dari segi suara dan penampilannya.

Selain perawatan yang teratur, lovebird balibu juga harus mendapatkan asupan pakan yang baik untuk mendukung pertumbuhannya menjadi burung dewasa yang gacor dan bermental bagus. Ada beberapa kriteria rawatan yang dapat diterapkan, yaitu:

A. Perawatan Pagi hari

  • Pengembunan dilakukan secara rutin, sejak pukul 05:00 burung sudah diembunkan, namun sebelumnya semprot dahulu bagian dada dan punggungnya sebanyak 2 kali semprotan.
  • Penjemuran berlangsung selama 15 s/d 30 menit setiap pagi antara pukul 07:00 – 09:00. Pada saat dijemur, burung ditaruh di tempat yang sering dilalui oleh banyak orang.
  • Perawatan mandi tidak dilakukan seperti biasa, melainkan membiarkan burung mandi sesukanya saja atau mandi cepuk.
Baca:   Penyebab bulu lovebird mudah rontok dan cara mengatasinya

B. Perawatan siang hari

  • Setelah pukul 10:00, burung ditempatkan di lokasi yang tenang dan jauh dari keberadaan lovebird lainnya.
  • Pada siang hari atau sekitar pukul 12:00, masukkan burung ke dalam ruangan lalu berikan full kerodong menggunakan kain berwarna gelap dan tipis.
  • Lakukan pemasterandengan suara masteran yang berspeed lambat, misalnya suara tengkek buto, dsb.
  • Pemasteran dilakukan sampai sore harinya.

C. Perawatan sore dan malam hari 

  • Pada sore harinya, air minum diganti dengan air baru yang masih segar. Tambahkan multivitamin Sup Plus Bird yang dapat membantu menjaga kondisi, stamina, dan kesehatannya.
  • Untuk sementara waktu, mandi malam tidak dilakukan selama proses adaptasi dengan perawatannya tersebut, namun jika burung mau mandi sendiri itu tentu akan lebih baik.

D. Perawatan pakan 

Tahap-tahap awal perawatannya, pakan diberikan dengan settingan kencang. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, gunakan pakan milet Volume+ yang telah disetting untuk burung yang masih paud / balibu.

Baca:   Tips murai batu yang susah gacor

Milet Volume+ adalah pakan milet racikan khusus lovebird balibu atau paud. Kandungan dalam milet volume ini sangat bermanfaat untuk menjadikan burung makin gacor dengan suara ngekek yang maksimal.

Pakan milet racikan ini bisa didapatkan melalui market place online sepert di Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak. Bisa juga dipesan langsung melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

Selain milet, ketersediaan pakan tambahan atau extra fooding juga harus menjadi perhatian. Dalam hal ini, sediakan potongan jagung manis setiap harinya.

E. Perawatan lanjutan 

  • Setelah perawatannya berjalan sekitar 2 – 3 minggu, Anda bisa melatih mentalnya di tempat latberan atau latihan bersama rekan-rekan satu komunitas.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara mendidik lovebird untuk lomba

Mendidik lovebird untuk lomba perlu dilakukan terutama agar burung memiliki kesiapan mental yang lebih baik. Kesiapan mental tersebut dibutuhkan terutama agar burung tidak gampang ngedrop dan lebih teruji saat berada di lapangan. Ada tiga potensi unggulan dari burung lovebird yang harus diasah oleh pemiliknya, yaitu kemampuan vokal, kekuatan nafas, dan ketahanan mentalnya. Ketiga unsur inilah […]
Read more

Memulihkan performa burung cendet usai mabung

3 / 100 Meskipun cendet dikenal sebagai jenis burung yang sangat agresif, namun saat sedang mabung perilakunya akan berubah jadi lebih tenang. Itu sebabnya, perawatan yang tepat harus diterapkan untuk menjaga kondisinya agar tidak mudah ngedrop. Berikut tips memulihkan performa burung cendet usai mabung. Suara cendet mengecil setelah mabung? Ini cara mengatasinyaSolusi untuk cendet yang […]
Read more

Meracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacor

Selain dirawat dan dimaster, ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap rajin bunyi. Demi memenuhi kebutuhannya itu, banyak kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan untuk momongannya itu. Salah satunya adalah meracik pakan berikut ini yang dipercaya mampu jadikan ciblek makin ngotot dan gacor. Cara melatih mental ciblek untuk lombaTips latih mental ciblek […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?