Ragam settingan ciblek ngebren ngunci

Suara ngebren tanpa jeda kerap dianggap sebagai salah satu faktor yang mendukung penampilan ciblek di lapangan. Namun untuk menjadikan ciblek ngebren ngunci di gantangan tentu bukan hal yang mudah. Banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari kesiapan mental dan karakter vokalnya. Berikut settingan ciblek ngebren ngunci untuk masteran dan lomba.

Meski memiliki kemampuan bersuara ngebren, namun tidak semua ciblek mau mengeluarkan suara khasnya itu dengan rajin. Sebagian individu akan cenderung berkicau biasa tanpa suara ngebren. Oleh karena itu, sebelum mencari settingan yang tepat, ada baiknya pahami dulu bagaimana karakter vokal burung ciblek anda.

Selain itu, kemampuan dan kualitas suara ciblek pun bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor umur dan mental. Burung yang masih sangat muda, akan cenderung mempunyai suara yang pelan atau kurang kasar, dan jarang bersuara ngebren. Itu sebabnya, jika ingin mencetak ciblek bersuara ngebren, anda bisa memulainya dari burung yang sudah dewasa.

Settingan berikut bisa diterapkan jika burung sudah memiliki karakter suara ngebren meski terdengar singkat / pendek.  Sehingga dengan rutin melatihnya, suara ngebren ciblek akan jadi makin ngunci dan panjang.

Berikan pakan bergizi dan lengkap 

Salah satu faktor pendukung agar suara ngebren ciblek makin ngunci adalah memberikan voer dengan kandungan nutrisi yang baik dan lengkap. Pakan seperti ini akan menjadikan ciblek makin aktif, bersemangat, dan rajin mengeluarkan suara ngebrennya.

Salah satu pakan kemasan yang cocok diberikan untuk burung ciblek adalah voer kristal ciblek, yang merupakan voer halus racikan yang khusus dibuat untuk menjadikan ciblek tampil lebih berenergi, ngotot, dan rajin ngebren. Voer kristal ciblek bisa didapatkan di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Baca:   Empat cara atasi burung yang kurang jemur

Berikan pakan tambahan yang segar 

Selain voer kristal, ciblek harus mendapatkan asupan pakan tambahan atau ekstra fooding yang masih segar dan tidak tercemar bakteri. Untuk mengunci ngebren ciblek, berikan pakan tambahan yang terdiri dari jangkrik dan ulat hongkong warna putih dengan takaran sesuai kebiasaan.

Hindari memberikan pakan serangga yang sudah mati, berbau menyengat, bercampur lendir, atau berubah warna menjadi lebih gelap karena bisa mengganggu kesehatannya jika dikonsumsi burung. Selain itu, makanan yang sudah tidak layak juga akan menjadikan ciblek rentan stres dan menyebabkan macet bunyi.

Mandi cukup dicepuk 

Membangun mental agar ciblek ngebren ngunci bisa dilakukan dengan memandikannya setiap hari. Tapi cara mandinya pun sebaiknya diperhatikan. Hindari memandikan burung dengan cara disemprot, terutama jika kondisi burung masih bakalan atau dewasa hutan.

Cara paling aman memandikannya adalah dengan menyediakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannuya. Alternatifnya bisa menggunakan cepuk mandi yang berukuran lebih besar untuk digunakan burung mandi.

Jauhkan dari burung sejenis 

Agar suara ciblek ngebren ngunci bisa juga dilakukan dengan menjaga sifat teritorialnya, salah satunya adalah menjauhkan ciblek tersebut dari keberadaan burung sejenis.

Baca:   Tips agar mozambik cepat gacor untuk masteran kenari

Cas atau diuntul dengan betina 

Setiap individu burung mempunyai karakter yang berbeda-beda, itu sebabnya pula jika ciblek anda mendadak rajin bunyi dan ngebren usai dicas dengan betina, maka hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk settingan. Lakukan pengecasan atau untulan dengan burung betina setidaknya seminggu sekali atau satu hari (H-1) sebelum diblek dilombakan.

Sedangkan untuk ciblek yang belum terbiasa dicas betina, bisa dilakukan dengan menggantungkan ciblek betina jauh di tempat yang jauh sehingga yang terdengar suara panggilanya saja. Hal ini bisa memancing burung untuk mengeluarkan suara ngebrennya dengan rajin.

Lakukan pemasteran 

Untuk menjaga kualitas dan durasi ngebren ciblek, pemasteran bisa dilakukan dengan lebih rutin. Lakukan pemasteran dengan burung masteran yang berkarakter suara tembakan rapat, seperti prenjak, cucak jenggot, dsb.

Berikan multivitamin 

Untuk mendukung ciblek ngebren ngunci, maka staminanya harus selalu terjaga. Menjaga stamina ciblek dapat dilakukan dengan memberikan tambahan vitamin seperti Sup Plus Bird maupun vitamin Kristal. Selain meningkatkan stamina, pemberian vitamin secara rutin dapat membantu menjaga kondisi maupun kesehatan fisik dan mentalnya.

Pengumbaran teratur 

Melatih ciblek bisa dilakukan tanpa menggunakan kandang umbaran yang luas, tetapi bisa memanfaatkan sangkar yang berukuran luas dengan jeruji rapat.  Agar ciblek lebih aktif bergerak, letakkan dua buah tenggeran di dalam sangkar tersebut, dan pada bagian dasar sangkarnya dipasangi karpet.

Itulah beberapa settingan ciblek agar ngebren ngunci.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi

Suara kicauan sirtu / cipoh yang merdu mengundang ketertarikan banyak kicaumania untuk memeliharanya. Meskipun termasuk jenis burung yang mudah dirawat, tapi untuk menjadikannya rajin bunyi tentu membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Berikut tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi. Baca:   Pakan dan vitamin agar lovebird cepat bertelur
Read more

Tips membedakan kenari jantan dan kenari betina

Meskipun menentukan jenis kelamin kenari bukan hal yang mudah dan mereka yang sudah berpengalaman pun banyak menemui kesulitan, tetapi ini ada tips yang bisa digunakan (tetapi bukan hal yang mutlak) dan cuma sebagai panduan umum saja dalam menentukan kenari jantan atau kenari betina. Sejak usia 3 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju […]
Read more
Mengatasi kenari gacor jadi ngeriwik

Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinya

Sering terjadi, burung kenari yang semula gacor, berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya. Jika hal ini menimpa kenari kesayangan Anda, bisa dipastikan ada sesuatu yang salah dengan burung tersebut. Simak solusi mengatasi kenari gacor jadi ngeriwik berikut ini.  Baca:   Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voer
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by