Manfaat bata merah pengganti tulang sotong untuk lovebird

Pada dasarnya, semua jenis burung pemakan biji akan membutuhkan grit atau asinan untuk membantu mencerna makanan yang dikonsumsinya. Ketika bahan untuk asinan tersebut sulit diperoleh, lovebird mania bisa memberikan bata merah sebagai penggantinya. Apa sajakah manfaat bata merah untuk lovebird?

Sebagian besar lovebird mania akan memberikan tulang sotong untuk asinan burung kesayangannya. Namun begitu, pemberian tulang sotong untuk lovebird hingga kini masih menjadi perdebatan di kalangan kicaumania.

Walaupun memiliki kandungan kalsium yang tinggi, namun tulang sotong banyak mengandung garam, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan burung yang terlalu sering mengonsumsinya.

Itu pula sebabnya, banyak lovebird mania yang akan mencari bahan alternatif sebagai pengganti tulang sotong untuk momongannya, salah satunya adalah memanfaatkan bata merah. Selain mudah didapatkan dan gratis, bata merah ternyata juga mempunyai beragam manfaat yang baik untuk lovebird.

1, Melancarkan pencernaan 

Baca:   Ciri ciri lovebird paud

Tak jarang, lovebird akan memakan langsung pakan biji-bijiannya tanpa lebih dahulu dikupas kulitnya. Hal ini tentu akan membuat biji menjadi sulit dicerna sehingga akan dibuang kembali melalui kotorannya.

Namun jika burung mengonsumsi tumbukan bata merah yang disimpan dalam cepuk terpisah, maka bata merah tersebut akan membantu menghancurkan pakan yang masih utuh, menjadi lebih mudah dicerna. Hal ini tentu baik bagi burung, karena kebutuhan nutrisi yang berasal dari biji-bijiannya akan terpenuhi.

2, Sumber kalsium 

Tak ubahnya tulang sotong, bata merah juga mengandung mineral baik, yaitu kalsium. Lovebird yang tercukupi kebutuhan kalsiumnya tentu akan tumbuh lebih sehat, dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh defisiensi kalsium seperti paruh gajah atau bulu yang mudah rusak.

Kebutuhan kalsium akan lebih sering terjadi saat burung akan berkembang biak, misalnya saat lovebird akan diternak / ditangkarkan. Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium tersebut, maka indukan akan dapat menghasilkan telur dan anakan yang sehat.

Baca:   Empat cara atasi burung yang kurang jemur

Meski begitu, manfaat bata merah sebagai pengganti tulang sotong untuk lovebird tentu tidak akan terjadi jika burung tidak mendapatkan asupan pakan yang tepat. Dengan pakan yang baik kualitasnya, maka lovebird akan jadi lebih aktif, sehat, dan penuh energi setiap hari.

Untuk menjaga kondisi fisik dan mentalnya, lovebird bisa diberikan pakan Milet Kristal yang sudah terjamin kualitas dan mutunya. Jika rutin dikonsumsi, milet kristal dapat menjadikan lovebird lebih gacor, bersuara kencang, mampu ngekek panjang, serta akan memiliki stamina dan penampilan yang lebih maksimal.

Untuk mendapatan hasil optimal, pemberian milet kristal dapat dibarengi dengan pemberian suplemen multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird yang sudah terkenal di kalangan lovebird mania dengan manfaat-manfaatnya yang baik untuk burung.

Semoga bermanfaat

 

 

Related Articles

ciri lovebird konslet dan fighter

Inilah ciri-ciri lovebird fighter dan konslet

Banyak lovebird mania yang menyebut burung rawatannya sebagai lovebird konslet dan fighter, tapi tidak sedikit juga yang belum mengetahui bagaimana mengenali ciri-ciri lovebird dengan kriteria tersebut. Baca:   Settingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapat
Read more
atasi lovebird snot

Cara mengatasi lovebird snot

Snot adalah cairan yang keluar dari hidung burung piaraan yang sedang mengalami infeksi pernafasan. Dalam gejala normal, burung akan sesekali bersin dengan disertai keluarnya cairan / lendir dari lubang hidungnya.  Baca:   Perawatan lovebird agar rajin berkicau
Read more
lovebird betina cepat konslet

Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini. Baca:   Mengatur birahi lovebird sebelum digantang
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by