Empat cara atasi burung yang kurang jemur

Sinar matahari penting bagi semua mahluk hidup. Jika rutin dijemur setiap pagi burung akan jadi lebih aktif dan rajin berkicau. Tapi bagaimana jika kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan penjemuran? Untuk itu, silakan simak empat cara atasi burung yang kurang jemur berikut ini.

Perawatan jemur kadang kurang diperhatikan oleh sebagian kalangan kicaumania, sehingga penampilan burung kesayangannya itu akan cenderung menurun. Namun disamping itu, burung yang kurang jemur juga bisa terjadi ketika cuaca sedang tidak menentu, misalnya memasuki musim penghujan, pancaroba, atau saat cuaca ekstrim di mana saat itu sinar matahari lebih banyak terhalang oleh awan.

Untuk menyiasati burung yang kurang jemur tersebut, ada empat tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi burung yang selama ini tidak mendapatkan penjemuran yang cukup, yaitu:

Baca:   Penyebab dan cara mengatasi lovebird ngetik

1. Meningkatkan EF / pakan tambahan 

Dengan meningkatkan porsi pakan tambahannya pada saat cuaca sedang tidak menentu, dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya, sekaligus juga menjadikannya tetap rajin berkicau.

2. Mencari kesempatan jemur 

Mencari kesempatan untuk menjemur burung bisa dilakukan ketika matahari sedang bersinar cukup cerah, meski hanya untuk beberapa menit. Untuk itu, pengembunan bisa dilakukan di tempat yang bisa langsung terpapar sinar matahari pagi yang baru terbit misalnya di tempat terbuka, sehingga Anda tidak perlu repot-repot memindahkan sangkarnya untuk mencari tempat menjemur.

3. Memasang lampu full spektrum 

Lampu full spektrum memiliki manfaat yang mirip dengan yang didapatkan ketka burung dijemur di bawah sinar matahari. Namun penggunaan lampu ini sebaiknya tidak terus-menerus dilakukan, melainkan hanya ketika dibutuhkan saja.

4. Memberikan suplemen vitamin 

Baca:   Tips dan settingan kolibri untuk lomba

Burung yang kurang jemur umumnya memiliki kondisi dan penampilan yang cenderung menurun. Untuk menjaga stamina dan daya tahannya sepanjang hari, maka burung pun akan membutuhkan asupan multivitamin tambahan seperti Sup Plus Bird.

Sup Plus BIrd memiliki kandungan multivitamin dan multimineral penting yang dibutuhkan burung, terutama agar tetap prima, aktif, dan rajin bunyi meski burung tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Demikian empat cara untuk mengatasi burung yang kurang jemur.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

rawatan lovebird musim panas

Tips rawatan lovebird di musim kemarau

Beberapa daerah di Indonesia saat ini masih mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang. Kondisi cuaca dan suhu yang sangat terik itu tentu akan menjadi sesuatu yang kurang menguntungkan bagi para penghobi burung, khususnya lovebird. Berikut tips rawatan lovebird di musim kemarau agar tidak stres dan sakit. More from my siteCara meloloh anakan lovebird yang […]
Read more

Cara memaster pleci yang baik dan benar

Pemasteran dilakukan untuk menambah variasi kicauan burung peliharaan. Tapi tidak semua burung bisa dimaster karena harus disesuaikan karakter, vokal, dan gaya lagunya. Hanya burung dengan kemampuan menirukan suaralah yang bisa dilatih suara masteran, salah satunya pleci. Berikut cara memaster pleci yang baik dan benar. More from my siteTips optimasi mental pleci untuk lombaCara pemberian plangkringan […]
Read more

Cara memaksimalkan volume suara murai batu

Bersuara lantang dengan lagu isian yang bervariasi menjadikan murai batu sangat digemari oleh banyak kalangan. Meskipun begitu, tak sedikit juga yang mengeluh kalau murai batu rawatannya tidak mampu bersuara maksimal. Suaranya bahkan tertiban oleh suara burung lain di sekitarnya. Untuk mengatasinya, simak cara memaksimalkan volume suara murai batu berikut ini. More from my sitePenyebab dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?