perkutut gacor

Tips perawatan perkutut agar gacor dan manggung

Memelihara burung perkutut sudah dilakukan sejak masa kerajaan-kerajaan di Nusantara masih berdiri. Perkutut dianggap sebagai simbol status sosial, termasuk juga sebagai pembawa keberuntungan bagi orang-orang yang mempercayainya. Berikut cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi dan mau manggung.

Berbeda dengan jenis burung ocehan lain, perkutut memiliki penggemarnya sendiri yang memang sangat tertarik dengan kemerduan suara maupun mitos-mitos yang mengelilinginya. Umumnya perkutut akan dianggap bagus jika burung tersebut sudah mulai rajin bunyi dengan suara khasnya.

Namun begitu, banyak juga yang mengeluh kalau perkutut miliknya yang meski sudah dirawat cukup lama tapi tak juga mau berbunyi. Hal ini biasanya disebabkan oleh pola rawatan yang kurang tepat atau bisa juga karena kondisi burung yang tidak terjaga fisik dan mentalnya.

Untuk panduan pemula, berikut tips perawatan perkutut agar cepat gacor dan manggung.

A. Latih jinak dulu

Agar perkutut semakin rajin mengeluarkan suara khasnya, maka burung tersebut harus dilatih jinak terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar perkutut memiliki mental dan keberanian untuk berbunyi meski di hadapannya banyak orang yang berkumpul.

Melatih jinak burung perkutut umumnya dilakukan pada saat burung akan dimandikan. Nah, berbeda dengan cara mandi burung ocehan yang menggunakan semprotan atau karamba mandi, untuk menjinakkan perkutut maka cara mandi yang dianjurkan adalah dengan cara dipegang.

Pegang tubuh perkutut dengan sebelah tangan, lalu sebelah tangan lagi digunakan untuk membasuh bulu dan tubuhnya dengan air bersih. Lakukan sesering mungkin dan sampai burung basah kuyup, setelah itu masukkan perlahan ke dalam sangkar hariannya untuk dijemur.

Baca:   Tips dan cara merawat lovebird kontes

Untuk penggunaan sangkar sebaiknya menggunakan sangkar harian yang memang dikhususnya untuk menyimpan burung perkutut. Jenis burung ini umumnya membutuhkan proses penjemuran yang agak lama, sehingga untuk mencegah stres akibat panas berlebih, maka sangkar harian perkutut yang memilki atap itu bisa membantu mencegah burung kepanasan.

B. Lakukan rawatan harian yang sesuai 

Perawatan harian yang tepat dan sesuai dapat menjadikan burung perkutut makin rajin bunyi dan manggung. Seperti halnya burung kicauan popular lain, perkutut juga membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi serta vitamin yang cukup.

Jika kondisi, serta kesehatan fisik dan mentalnya selalu terjaga setiap hari maka perkutut akan semakin terpancing untuk mengeluarkan suara khasnya tersebut dengan lagu-lagu yang lebih enak didengar.

Beberapa pola rawatan harian yang harus rutin dilakukan adalah:

  • Memandikan burung setiap hari baik dengan cara semprot sprayer maupun mandi dengan tangan.
  • Menjemur burung setiap hari dalam durasi yang lebih panjang. Bisa juga penjemuran dilakukan di ketinggian dengan menggunakan tiang kerekan.
  • Lakukan pengembunan rutin.

Adapun kebutuhan pakan harian yang harus selalu tersedia untuk menjadikan perkutut makin gacor dan manggung adalah:

Pakan racikan spesial yang terdiri dari berbagai jenis biji-bijian yang kaya manfaat untuk burung perkutut. Salah satu pakan racikan yang dianjurkan agar perkutut makin gacor dan manggung adalah pakan perkutut Kristal yang mengandung bahan biji-bijian, herbal, madu, minyak ikan, mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan burung untuk beraktifitas setiap hari.

Baca:   Manfaat dan cara pemberian oyong agar kenari makin gacor

Pakan perkutut kristal dapat diperoleh melalui Tokopedia, Bukalapak, maupun di Shopee. Atau bisa juga dipesan langsung melalui Whatsapp yang ada di halaman ini. 

Manfaat perkutut kristal selain untuk memenuhi kebutuhan gizi, juga menjadikan burung semakin lincah, menjaga stamina, serta menjaga daya tahannya setiap hari. Selain pakan, perkutut juga membutuhkan air minum yang berasal dari air bersih dan segar.

C. Selalu menjaga kebersihan 

Faktor penting lain dalam perawatan perkutut agar gacor dan manggung adalah senantiasa menjaga kebersihan sangkar dan lingkungan sekitar sangkarnya. Sangkar yang dipenuhi kotoran dan sisa-sisa pakan dapat menjadi sarang bagi berkembangnya banyak parasit dan jamur yang dapat mengganggu kesehatan burung. Selain itu, kebersihan lingkungan sekitar sangkarnya pun harus mendapat perhatian.

Itulah tips perawatan perkutut agar gacor dan manggung.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Mengatasi jalak suren jinak yang berubah jadi liar

Sering terjadi burung jalak suren yang sudah jinak mendadak berubah perilaku menjadi liar dan sangat ketakutan saat didekati pemiliknya. Apa yang menyebabkan hal ini, mengapa burung bisa mudah berubah perilakunya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasiCara mengatasi jalak suren yang macet bunyiCara memilih jalak suren di kandang ombyokanCara merawat […]
Read more

Mnenjinakan burung paruh bengkok dengan wingclipping

Menjinakan burung paruh bengkok lebih mudah dengan jalan memberi ‘ wing clipping’ pada sayap sayapnya , yaitu memotong bulu sayap yang menjadi bulu sayap untuk terbang tinggi. wing clipping ini pun tidak sekedar asal potong saja . dalam memotong bulu sayap burung ini kita harus mengetahui terlebih dahulu dimana letak bulu sayap yang digunakan burung […]
Read more
murai batu angkat kaki sebelah

Murai batu masih giras? Ini cara menjinakkannya

Memelihara murai batu yang masih bahan atau muda hutan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, terlebih lagi jika burung belum beradaptasi dengan lingkungan barunya. Perilakunya pun akan cenderung giras dan liar sehingga bisa merepotkan orang yang merawatnya. Berikut tips menjinakkan murai batu yang masih giras / liar. Settingan murai batu sebelum dan sesudah lombaTerapi mengatasi kebotakan pada […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?