memaksimalkan suara ciblek

Tips memaksimalkan suara ciblek agar lebih keras

Pada dasarnya karakter vokal ciblek adalah bersuara keras dan lantang, tetapi jika burung ini tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kekuatan vokalnya akan cenderung menurun. Berikut beberapa tips memaksimalkan suara ciblek.

Kualitas dan kekuatan suara ciblek biasanya akan mengalami perkembangan seiring pertumbuhan usianya. Semakin dewasa burung, maka semakin kencang pula volume suara kicauannya.

Namun berbeda dengan ciblek yang dirawat dalam sangkar, kualitas vokalnya justru akan menurun ketika burung tidak mendapatkan perawatan dan kenyamanan yang memadai.

Ada tiga macam pola rawatan yang penting dilakukan untuk mengatasi ciblek yang suaranya kurang maksimal, yaitu:

1. Merutinkan penjemuran 

Penjemuran adalah bentuk rawatan yang wajib dilakukan para ciblek mania. Dengan lebih rutin menjemur ciblek di bawah sinar matahari setiap pagi, maka burung akan menjadi lebih aktif dan mempunyai suara kicauan yang lebih lantang.

Ciblek yang kurang jemur biasanya terlihat dari penampilan fisik dan suaranya. Bulu-bulunya cenderung mengembang, dan ketika bersuara pun akan kurang maksimal. Itu sebabnya penjemuran rutin perlu dilakukan jika ingin ciblek rawatan tetap bersuara dengan maksimal.

2. Pemasteran 

Memaster ciblek dengan menggunakan burung atau suara masteran yang cocok juga dapat memaksimalkan suara kicauan ciblek. Walaupun ciblek tidak memiliki kemampuan meniru suara seperti halnya cucak hijau, tapi pemasteran yang tepat dapat menambah variasi suara tembakan dan menjadikan suaranya lebih kencang.

Baca:   Tips perawatan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabung

Ada beberapa jenis burung masteran yang bisa digunakan untuk memaksimalkan suara ciblek, misalnya cucak jenggot, cililin, kenari, dsb. Jika tidak memiliki jenis-jenis burung masteran tersebut, Anda bisa melakukan pemasteran melalui perangkat mp3 atau audio masteran.

3. Memberikan pakan dan vitamin yang tepat 

Pemberian pakan dan suplemen vitamin yang tepat bisa membantu mengatasi ciblek yang kurang maksimal sewaktu berkicau.  Ciblek adalah hewan insectivora, sehingga untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya maka pakan serangga harus disediakan setiap harinya dalam bentuk pakan tambahan atau ekstra fooding (EF).

Selain pakan tambahannya tersebut, ciblek mania juga harus memperhatikan asupan voer sebagai pakan utamanya. Voer adalah pakan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi burung ketika pakan tambahan tidak tersedia. Meski di pasaran ada banyak ditawarkan berbagai jenis dan merek voer, tapi untuk memenuhi asupan gizinya maka ciblek membutuhkan voer yang bagus dan terjamin kualitasnya.

Voer Kristal Ciblek adalah jenis voer racikan yang diperkaya oleh bahan-bahan bermanfaat seperti madu, kacang hijau, ginseng, jahe, jangkrik, kroto, ulat, telur, dll. Dengan variasi bahan tersebut maka voer kristal ciblek menjadi pakan yang sangat cocok dikonsumsi untuk ciblek dan sejenisnya.

Baca:   Settingan lomba untuk lovebird over birahi

Selain mampu memaksimalkan suara kicauan dan tembakan ciblek, voer kristal ini juga memiliki manfaat baik lainnya seperti  meningkatkan stamina, mendongkrak mental dan sifat fighternya, menjadikan ciblek lebih rajin bunyi, dan melengkapi kebutuhan gizi burung.

Untuk hasil yang optimal, pemberian voer kristal ciblek sebaiknya disertai dengan pemberian vitamin Kristal yang bisa menjadikan ciblek lebih aktif, sehat, dan terjaga kondisinya. Selain itu, vitamin Kristal juga bisa digunakan untuk mengatasi ciblek yang macet bunyi, tidak punya daya tarung, serta untuk memulihkan stres / mental drop.

Untuk mendapatkan voer kristal ciblek dan vitamin kristal dalam satu paket, silakan hubung admin melalui kontak Whatsapp di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Cara menambah durasi lovebird

Durasi lovebird menjadi daya tarik yang dapat memberikan nilai tambah saat bertanding. Itu sebabnya, banyak lovebird mania berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya memiliki suara ngekek yang panjang. Cara memaksimalkan durasi ngekek lovebirdPenyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinyaIni penyebab durasi ngekek lovebird terus menurunCara setting lovebird lomba malamSettingan lovebird paruh merahCara menambah dan bongkar durasi […]
Read more
memilih dan merawat walang kecek untuk masteran loveinrd

Variasi suara walang kecek agar lovebird ngekek panjang

Walang kecek menjadi salah satu masteran favorit para lovebird mania. Suara walang kecek yang tajam dan rapat dianggap cukup efektif melatih lovebird agar mampu bersuara ngekek panjang. Selain itu, rawatannya pun terbilang mudah dan sangat rajin berbunyi. Berikut beberapa variasi suara walang kecek yang dapat Anda download agar lovebird ngekek panjang. Suara pancingan untuk melatih […]
Read more

Tips merawat kenari yang mabung

Mabung atau molting adalah waktunya burung untuk beristirahat dari segala aktifitas, karena pada saat inilah energinya akan disimpan untuk meluruhkan bulu lama dan menggantinya dengan bulu baru. Ketika burung sedang mabung, maka perawatannya harus lebih diperhatikan, terutama agar proses mabung tidak terhambat. Sebagai panduan, berikut tips perawatan kenari yang sedang mabung. Mendongkrak stamina kenari usai […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?