Solusi untuk kacer yang suka gigit dan cabut bulu

Kacer kanibal, begitu kicaumania di dalam negeri menyebut perilaku burung kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri. Dalam istilah internasional, perilaku tersebut dikenal dengan sebutan Feather Plucking dan umum dijumpai pada semua jenis burung peliharaan, tidak terkecuali kacer. Bagaimana cara mengatasinya jika terjadi pada burung kacer? Simak tipsnya berikut ini.

Perilaku cabut bulu bisa menjadi pertanda adanya masalah pada burung tersebut. Dalam berbagai kasus, kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri biasanya disebabkan oleh:

  • Kacer yang terlalu stres,
  • Kacer alami over birahi,
  • Kacer terinfeksi parasit pada kulit dan bulu,

Jika kondisi ini tidak segera diatasi, tentu penampilan kacer akan tidak enak dilihat, bulu-bulunya pun akan mudah rusak dan nyerit. Selain itu, akan muncul iritasi pada kulit yang menjadikan burung tidak nyaman dan macet bunyi.

Baca:   Cara setting dan merawat lovebird untuk orang pekerja

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kacer yang suka mengigit dan cabuti bulu-bulunya, di antaranya adalah:

  • Dipisahkan dari burung lain atau sejenis,
  • Mengurangi pemberian pakan tambahan (EF) terutama jangkrik dan menggantinya dengan ulat bambu atau pakan tambahan yang dapat menurunkan birahinya.
  • Memberikan voer yang bagus kualitas dan kandungannya,
  • Segera mengobati masalah kulit dan bulu dengan obat anti parasit / kutu,
  • Rutin dimandikan hingga basah kuyup, termasuk memberikan terapi mandi malam,
  • Mengganti sangkar atau tenggerannya dengan yang lain jika perilaku ini muncul karena burung yang merasa kurang nyaman dengan sangkar atau tenggerannya.
  • Ditempel burung betina jika cabut bulu terjadi karena over birahi.

Untuk mencegah dan mengatasi kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri bisa dilakukan dengan menambahkan suplemen vitamin secara rutin. Pemberian vitamin yang dicampurkan ke dalam air minumnya dapat membantu burung jadi lebih fit, sehat, aktif, dan rajin bunyi sehingga terhindar dari perilaku buruk tersebut.

Baca:   Vitamin yang bagus untuk burung lomba

Sup Pus Bird adalah multivitamin tambahan yang menjadi rekomendasi kicaumania di Nusantara. Suplemen multivitamin ini memiliki kandungan yang aman dikonsumsi semua jenis burung peliharaan, mulai dari ciblek, kenari, cucak hijau, murai batu, lovebird, kacer, dll.

Dapatkan Sup Plus Bird di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

cara memaster lovebrid

Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacor

Memaksimalkan performa lovebird bisa dilakukan dengan memperbaiki pola pakan dan perawatan hariannya. Namun ada bentuk terapi yang sudah banyak dipraktikkan para lovebird mania untuk menggacorkan burung rawatannya. Terapi yang dilakukan selama satu minggu ini diyakini mampu jadikan lovebird makin gacor dan rajin ngekek dengan durasi yang maksimal. More from my siteTips settingan lovebird paud koloniCara […]
Read more

Penyebab ekor murai batu sering rusak dan cara mengatasinya

Murai batu dengan ekornya yang panjang menjadikan penampilannya makin eksotis, terlebih ketika bergerak ekornya akan melambai-lambai dengan elegan. Namun sering muncul berbagai permasalahan terkait ekor panjangnya itu, sehingga dibutuhkan penanganan yang sedikit berbeda dari jenis burung piaraan lainnya. More from my siteCara mengatasi suara serak pada murai batuTips atasi murai batu kurang ngototCara mengatasi murai […]
Read more
tips master cendet

Solusi untuk cendet yang sering bunyi di bawah

Cendet terkenal dengan gaya nagennya ketika berbunyi. Hal ini tentu dapat menjadikan penampilannya makin terlihat garang dan menarik. Tapi bagaimana jika burung cendet lebih menyukai berbunyi di dasar sangkarnya saja. Kalau sudah begitu, simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini. More from my siteSolusi cendet macet bunyi setelah dewasaTips perawatan cendet trotolan / paud […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?