kacer cabut bulu

Solusi untuk kacer yang suka gigit dan cabut bulu

Kacer kanibal, begitu kicaumania di dalam negeri menyebut perilaku burung kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri. Dalam istilah internasional, perilaku tersebut dikenal dengan sebutan Feather Plucking dan umum dijumpai pada semua jenis burung peliharaan, tidak terkecuali kacer. Bagaimana cara mengatasinya jika terjadi pada burung kacer? Simak tipsnya berikut ini.

Perilaku cabut bulu bisa menjadi pertanda adanya masalah pada burung tersebut. Dalam berbagai kasus, kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri biasanya disebabkan oleh:

  • Kacer yang terlalu stres,
  • Kacer alami over birahi,
  • Kacer terinfeksi parasit pada kulit dan bulu,

Jika kondisi ini tidak segera diatasi, tentu penampilan kacer akan tidak enak dilihat, bulu-bulunya pun akan mudah rusak dan nyerit. Selain itu, akan muncul iritasi pada kulit yang menjadikan burung tidak nyaman dan macet bunyi.

Baca:   Ragam solusi jika lovebird telat ngekek di lapangan

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kacer yang suka mengigit dan cabuti bulu-bulunya, di antaranya adalah:

  • Dipisahkan dari burung lain atau sejenis,
  • Mengurangi pemberian pakan tambahan (EF) terutama jangkrik dan menggantinya dengan ulat bambu atau pakan tambahan yang dapat menurunkan birahinya.
  • Memberikan voer yang bagus kualitas dan kandungannya,
  • Segera mengobati masalah kulit dan bulu dengan obat anti parasit / kutu,
  • Rutin dimandikan hingga basah kuyup, termasuk memberikan terapi mandi malam,
  • Mengganti sangkar atau tenggerannya dengan yang lain jika perilaku ini muncul karena burung yang merasa kurang nyaman dengan sangkar atau tenggerannya.
  • Ditempel burung betina jika cabut bulu terjadi karena over birahi.

Untuk mencegah dan mengatasi kacer yang suka menggigit dan mencabuti bulu-bulunya sendiri bisa dilakukan dengan menambahkan suplemen vitamin secara rutin. Pemberian vitamin yang dicampurkan ke dalam air minumnya dapat membantu burung jadi lebih fit, sehat, aktif, dan rajin bunyi sehingga terhindar dari perilaku buruk tersebut.

Baca:   Settingan anis macan cepat bunyi

Sup Pus Bird adalah multivitamin tambahan yang menjadi rekomendasi kicaumania di Nusantara. Suplemen multivitamin ini memiliki kandungan yang aman dikonsumsi semua jenis burung peliharaan, mulai dari ciblek, kenari, cucak hijau, murai batu, lovebird, kacer, dll.

Dapatkan Sup Plus Bird di Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Cara mengatasi burung stres karena kepanasan

Penjemuran yang dilakukan secara berlebihan dapat memicu stres pada burung peliharaan. Jika hal ini terus dibiarkan maka bisa fatal akibatnya, burung akan mengalami kondisi yang disebut heat stroke yang dapat berujung pada kematian. Berikut cara mengatasi burung stres karena kepanasan. Cara mengatasi burung yang macet mabungEnam cara merawat jalak suren agar cepat gacorTips mengatasi burung […]
Read more

Ciri-ciri cendet anakan/trotolan jantan

Cendet yang berjenis kelamin jantan banyak dicari karena memiliki suara kicauan yang lebih menarik dan bervariasi. Burung ini memang dikenal dengan kemampuannya¬† dalam menirukan suara, bahkan suara yang aneh-aneh saja pun mampu ditirunya dengan baik. Untuk panduan, berikut cara mengenali ciri-ciri cendet anakan/trotolan jantan. Cara melatih cendet agar fighter dan bongkar isianInilah ciri-ciri cendet siap […]
Read more
settingan lomba lovebird over birahi

Inilah ciri-ciri lovebird belum siap lomba

Sebagian besar lovebird mania ingin agar burung rawatannya dapat meraih prestasi. Namun tidak mudah menjadikan lovebird juara lomba, apalagi banyak pemula yang belum tahu dasar-dasar lovebird, sehingga mereka terlalu bersemangat ikut lomba namun lupa kalau burung mereka ternyata belum siap untuk dilombakan. Sebagai panduan, simak cara mengenali ciri-ciri lovebird yang belum siap lomba berikut ini. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?