tips perawatan kolibri bakalan agar rajin bunyi dan ngobra

Perawatan kolibri bakalan agar rajin bunyi dan ngobra

Kolibri ninja aka konin adalah jenis burung-madu yang popular di kalangan kicaumania karena penampilan dan suaranya. Kolibri ninja terkenal bukan hanya sebagai burung rumahan saja, tetapi juga sudah menjadi burung masteran dan lomba yang digemari di berbagai daerah.

Burung dengan warna bulu hitam metalik ini memang sangat disukai oleh semua kalangan kicaumania. Meski bertubuh mungil, tapi suara kicauannya bisa kencang seperti pleci. Selain itu, kolibri ninja juga terkenal dengan gaya ngobranya yang menarik perhatian.

Yup, untuk mendapatkan burung kolibri yang mampu bergaya ngobra dengan suara kicauan yang kencang tentu membutuhkan perawatan yang maksimal, terutama dari segi pemberian pakan yang kaya nutrisi.

Simak tips perawatan kolibri bakalan agar rajin bunyi dan ngobra berikut ini;

Sebelum mulai melakukan perawatan hariannya, pastikan burung kolibri ninja yang dipelihara berada dalam kondisi yang bugar, sehat, aktif, dan tidak cacat. Hindari membeli burung yang sedang dalam kondisi ngedrop atau stres karena sakit.

Secara alami, pakan kolibri ninija adalah nektar dan serangga sehingga untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya tersebut maka perawatan harian kolibri ninja tidak bisa lepas dari kedua hal tersebut. Adapun untuk lebih menjamin kecukupan nutrisinya, pastikan pakan yang diberikan adalah pakan yang benar-benar berkualitas, baik dari racikan maupun kandungan nutrisinya.

Salah satu pakan kolibri ninja yang bagus dan menjadi rekomendasi para kolibri mania di Indonesia adalah pakan nektar kristal kolibri, yaitu pakan racikan yang diolah dengan bahan-bahan yang terkenal manfaatnya untuk semua jenis burung kolibri.

Dapatkan pakan Nektar Kristal kolibri di sini

Baca:   Cara membuat lovebird bersuara keras dan buka paruh

Pakan racikan ini memiliki kandungan lengkap yang dibutuhkan burung seperti nektar, sari kelapa, madu asli, susu, sari pandan, minyak nabati, sukrosa, susu bubuk, dan mineral. Karena kandungannya yang lengkap itu, nektar kristal memiliki manfaat antara lain:

  • Menjadikan kolibri lebih rajin bunyi meski tanpa kroto,
  • Mengandung multivitamin yang lebih lengkap,
  • Mampu meningkatkan daya tahan burung,
  • Mengatasi burung yang kurus atau nyilet,
  • Mengatasi kerontokan bulu,
  • Mampu atasi burung yang macet dan malas bunyi,
  • Meningkatkan kecerdasan burung,

Selain asupan pakan yang tepat, untuk menjadikan koibri ninja bakalan cepat rajin bunyi dan ngobra adalah perawatan harian yang teratur. Berikut pola rawatan harian untuk kolibri ninja bakalan:

1. Pengembunan rutin

lakukan pengembunan secara rutin agar tubuh kolibri ninja selalu lebih bugar, sehat, dan aktif. pengembunan juga sangat membantu untuk mengatasi dan meredam stres pada burung yang baru dibeli, terutama burung bakalan.

2. Mandi dan jemur

Mandi dilakukan tidak lama setelah matahari terbit baik dengan cara mandi semprot atau menggunakan cepuk mandinya. Selesai dimandikan, burung segera diangin-anginkan selama beberapa menit untuk mengeringkan bulu-bulunya. Setelah bulu kering, kolibri ninja dijemmur di bawah sinar matahari selama  1 jam, kemudian diangin-anginkan di tempat teduh.

3. Jaga kebersihan

Setiap pagi jangan lupa untuk selalu membersihkan sangkar dan perlengkapan yang digunakan. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat kolibri bakalan yang rentan sakit atau stres karena sangkar yang terlalu kotor. Selain itu, kotoran juga dapat menjadi tempat berkembangnya parasit, jamur, dan bakteri yang dapat merugikan kesehatan burung yang menghuninya.

Baca:   Cara merawat ciblek gunung yang macet bunyi:

4. Berikan pakan utama dan tambahan secara teratur

Siapkan nektar Kristal kolibri sebanyak 1 sendok dalam cepuk pakannya. Pakan racikan ini diberikan secara rutin setiap hari. Pemberian nektar kolibri kristal sebaiknya dilakukan pada saat burung akan diembunkan, dan dicabut ketika burung akan dijemur di bawah sinar matahari untuk mencegah pakan rusak karena paparan ultra violet. Pakan kembali diberikan setelah burung diangin-anginkan di tempat teduh.

Untuk pakan tambahan bisa diberikan pakan serangga yang terdiri dari kroto, jangkrik kecil, atau bahkan laba-laba berukuran kecil. Pemberian pakan tambahab dilakukan teratur setiap hari.

5. Lakukan pemasteran

Pemasteran untuk kolibri balakan perlu dilakukan agar burung terpancing untuk rajin berbunyi, selain itu juga untuk menambah variasi irama dan lagu-lagu yang dimilikinya. Pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan suara rekaman burung lain atau digandengkan dengan burung pleci kacamata. Keberadaan pleci di dekatnya cukup ampuh untuk memancing kolibri ninja mengeluarkan suara kicauannya.

6. Full kerodong

Untuk menjaga kondisinya, pada malam harinya atau ketika cuaca sedang tidak bersahabat, sangkar kolibri ninja sebaiknya diberikan full kerodong.

Dengan melakukan pola rawatan di atas secara rutin dan teratur, maka burung kolibri ninja bakalan yang dipelihara akan menjadi lebih cepat rajin bunyi dan bergaya ngobra.

semoga bermanfaat

 

 

 

 

Related Articles

TIps memilih kroto yang baik untuk burung peliharaan

Tidak bisa dipungkiri fungsi kroto sangat vital bagi semua jenis burung peliharaan pemakan serangga. Kroto bisa berguna sebagai sumber protein dan sumber energi yang membuat burung menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi. Namun semakin popularnya kroto di kalangan penggemar burung ternyata membuat kualitas kroto malah lebih buruk dari yang sebelumnya. Karena itu tips berikut bisa […]
Read more
Ini alasan kenapa lovebird anda sering kalah lomba

Cara settingan lovebid sebelum lomba H-1

Lovebird bukanlah burung bertipa petarung / fighter sehingga ketika dilombakan tidak selalu berada dalam kondisi top form. Karena itu, kunci agar lovebird bisa tampil prima saat lomba adalah menyetel kondisi birahinya. Hal ini bisa dilakukan melalui pengaturan pakan dan extra fooding (EF). Berikut cara settingan lovebid sebelum lomba H-1. Cara seting lovebird sebelum lombaCara setting […]
Read more
Cara mengatasi lovebird stres

Penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stres

Stres adalah sebuah kondisi gangguan mental yang dihadapi oleh seseorang atau mahluk hidup akibat adanya tekanan. Tekanan ini bisa muncul akibat beberapa hal, terutama karena kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan ataupun keinginannya. Pada burung lovebird, stres dapat menjadi pemicu perubahan perilaku, yang jika tidak segera ditangan maka akibatnya bisa sangat buruk. Simak penyebab, ciri-ciri dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?