Mengatasi kenari gacor jadi ngeriwik

Perawatan kenari rumahan agar berkualitas lomba

Untuk melatih agar kenari rumahan memiliki suara kicauan bervariasi dengan kualitas burung lomba maka yang dibutuhkan adalah penanganan yang tepat, dan yang lebih terutama adalah dimulai sejak kenari tersebut masih anakan atau berumur di bawah 2 bulan.

Kenari rumahan umumnya memiliki suara kicauan yang standar. Hal ini dikarenakan sejak masih anakan, kenari tersebut hanya sering mendengarkan suara kicauan asli induknya, dan sama sekali tidak pernah mendengarkan suara burung lainnya.

Namun jika rutin dilatih dengan metode rawatan yang tepat, maka kenari bersuara standar pun akan mempunyai kualitas lagu, cengkok, dan mental tempur yang tak kalah dengan burung yang kerap dilombakan.

Berikut beberapa tips perawatan kenari rumahan agar berkualitas lomba

1. Lakukan pemasteran sejak dini 

Idealnya pemasteran kenari dilakukan sejak burung masih diloloh induknya atau burung yang masih berumur di bawah 1 bulan. Hal ini perlu dilakukan karena pada kondisi tersebut kenari masih memiliki ingatan / memory yang cukup tajam terhadap suara-suara yang didengarnya.

2. Lakukan pemasteran awal dengan suara non kenari

Jika ingin mencetak kenari yang berkualitas lomba, maka pemasteran awal untuk kenari anakan sebaiknya dilakukan dengan suara non kenari. Pemasteran awal ini menggunakan suara burung lain bertujuan untuk melatih irama / cengkok, serta untuk melatih pernafasan saat membawakan lagu-lagunya. Tahap pemasteran awal bisa menggunakan suara pleci, blackthroat, atau jenis burung lain yang bersuara ngerol.

Baca:   Tips merawat kenari yang mabung

3. Memberikan pakan bergizi 

Kenari membutuhkan asupan pakan bergizi yang berasal dari bulir biji-bijian maupun extra foodingnya. Jadi untuk perawatan kenari anakan agar memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga mampu berpenampilan seperti burung lomba maka yang dibutuhkan tidak cukup pakan biji-bijian saja, berikan juga pakan tambahan seperti sayuran dan buah-buahan.

Untuk kenari anakan yang sudah mampu makan sendiri, Anda bisa memberinya pakan Canary Seed Herbal, yaitu pakan khusus kenari yang sudah diracik dengan bahan-bahan yang kaya manfaatnya, khususnya menjadikan burung rajin bunyi dan bermental baik. Pakan ini dapat diperoleh di tokopedia maupun di market place lain seperti bukalapak dan shopee.

4. Gunakan kandang ukuran luas

Setelah umur kenari lebih dari 1 bulan, penempatan sangkar bisa menggunakan sangkar yang berukuran luas. Hal ini bertujuan untuk melatih pernafasan serta menjadikannya aktif bergerak. Setiap 1-2 kali seminggu, kenari dimasukkan ke dalam kandang umbaran sejak pagi s/d sore hari untuk dilatih.

Baca:   Cara menjaga warna kenari merah

Jika rutin dilatih, kenari akan memiliki pernafasan yang lebih panjang sehingga setelah dewasa mampu membawakan lagu-lagunya dengan ngerol. Perlu diingat pula, penjemuran pun harus rutin dilakukan setiap pagi. Sejak burung berumur 1 s/d 4 bulan, tahap pemasteran harus tetap dilakukan secara teratur.

5. Pemasteran ulang dengan suara kenari

Setelah burung berumur lebih dari 3 bulan, maka ia akan lebih sering ngeriwik. Pada saat inilah, pemilik mulai melakukan pengamatannya. Jika ia mampu mengulang-ulang ritmenya, maka itu artinya kenari sudah memiliki kualitas atau prospek sebagai burung lomba.

Pada saat inilah, pemasteran bisa dilanjutkan dengan tahap kedua, yaitu menggunakan suara kenari yang sudah ngerol dan rajin bunyi.

Untuk menjaga kondisi burung selama perawatannya tersebut, kenari harus mendapatkan asupan suplemen vitamin tambahan. Vitamin seperti Sup Plus Bird sangat direkomendasikan digunakan oleh semua jenis burung kicauan karena kaya akan kandungan yang bermanfaat.

Sup Plus Bird dapat diperoleh di Tokopedia, Shopee, maupun Bukalapak. Atau bisa juga dipesan langsung va Whatsapp di halaman ini.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Rawatan burung Cucak Hijau

Walaupun memiliki nama Cucak Hijau, ternyata burung ini bukanlan termasuk kedalam jenis burung cucak – cucakan atau merbah dan juga tidak satu keluarga dengan Cucak Rawa ataupun juga Cucak Jawa. Cucak hijau yang memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini adalah sejenis burung cica-daun besar yang warna pada tubuhnya didominasi dengan warna hijau. Burung Cucak Hijau […]
Read more

Meracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacor

Selain dirawat dan dimaster, ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap rajin bunyi. Demi memenuhi kebutuhannya itu, banyak kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan untuk momongannya itu. Salah satunya adalah meracik pakan berikut ini yang dipercaya mampu jadikan ciblek makin ngotot dan gacor. Baca:   Cara menjaga warna kenari merah
Read more

Tips merawat kenari yang mabung

Mabung atau molting adalah waktunya burung untuk beristirahat dari segala aktifitas, karena pada saat inilah energinya akan disimpan untuk meluruhkan bulu lama dan menggantinya dengan bulu baru. Ketika burung sedang mabung, maka perawatannya harus lebih diperhatikan, terutama agar proses mabung tidak terhambat. Sebagai panduan, berikut tips perawatan kenari yang sedang mabung. Baca:   Penyebab dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by