memulihkan kacer ngedrop mental

Empat cara atasi kacer macet bunyi

Macet bunyiadalah kondisi ketika burung mulai jarang atau berhenti berkicau. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari perawatan yang tidak tepat hingga faktor gangguan fisik dan mentalnya. Berikut adalah empat cara atasi kacer macet bunyi yang dapat anda lakukan.

Kacer merupakan jenis burung yang memiliki sifat sangat teritorial dan agresif. Karena perilakunya itu, kacer sangat rentan alami stres yang membuatnya berhenti berkicau alias macet bunyi. Kalau sudah mengalami hal tersebut, maka penanganan yang tepat sangat dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan dan agar burung kembali berkicau.

Ada empat macam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kacer macet bunyi, yaitu:

1. Cara alami untuk meredam stres 

Cara alami yang umum dilakukan adalah menggantungkan sangkarnya di lokasi yang banyak ditumbuhi pepohonan. Gantungkan sangkarnya pada salah satu dahan, lalu biarkan burung di tempat tersebut dari pagi s/d sore harinya.

Selain itu, kacer bisa digantang di lokasi yang dekat dengan sumber suara gemericik air mengalir, seperti sungai, kolam ikan, akuarium, atau bahkan kamar mandi. Lokasi penggantangan berada di tempat yang sejuk dan sedikit berangin.

Dengan salah satu kondisi tersebut, burung kacer dapat berperilaku lebih tenang sehingga bisa mengurangi tingkat stres yang dimilikinya, dan hal ini tentu dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.

Baca:   Tips mengajari burung beo bicara

2. Memanfaatkan suara terapi alam

Di Youtube maupun di forum-forum burung kicauan, sudah banyak beredar video atau suara-suara terapi alam yang dapat didownload untuk keperluan perawatan burung, terutama saat sedang mengalami stres dan macet bunyi.

Untuk burung kacer, terapi dengan suara alami ini bisa sedikit banyak membantu percepatan pemulihan kondisinya, sehingga burung memiliki nyali kembali untuk berkicau.

Terapi dengan suara alami ini akan lebih efektif jika dilakukan dalam sebuah ruangan / kamar khusus. Di tempat tersebut, kacer diputarkan suara terapi alam secara rutin setiap 2-3 jam sehari sampai burung mau kembali mengeluarkan suara kicauannya.

3. Menggunakan burung untulan 

Berbeda dengan metode untulan pada lovebird, terapi untulan pada kacet dilakukan untuk membangkitkan mentalnya yang ngedrop penyebab macet bunyi. Terapi ini biasanya menggunakan kacer betina yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya, lalu dibiarkan selama beberapa waktu sebelum dipisahkan dalam jarak berjauhan.

Selain memanfaatkan burung betina, terapi untulan bisa juga memasukkan burung jenis lain yang berukuran kecil ke dalam sangkar kacer tersebut. Hal ini untuk membangkitkan kembali mental teritorialnya sehingga burung terpancing untuk kembali berbunyi.

4. Perawatan yang tepat 

Perawatan yang tepat harus dilakukan untuk mendukung agar kacer kembali rajin bunyi. Salah satu metode perawatan yang dapat diterapkan untuk atasi kacer macet bunyi adalah seperti yang pernah dijelaskan dalam artikel berikut ini: Solusi jitu mengatasi kacer macet bunyi 

Baca:   Tips rawatan cucak ijo di musim hujan

 

Itulah empat cara atasi kacer macet bunyi. Untuk mencegah kacer mengalami kondisi tersebut, maka perawatan hariannya harus disertai dengan pemberian suplemen mulvitamin tambahan yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina, dan daya tahannya sehingga burung menjadi lebih tahan banting dan anti stres.

Multivitamin yang paling direkomendasikan oleh banyak kicaumania di dalam negeri adalah Sup Plus Bird, karena kandungannya yang sangat bermanfaat bagi burung kicauan. Beberapa manfaat Sup Plus Bird jika rutin dikonsumsi oleh burung antara lain adalah:

  • Mendongkrak stamina dan daya tahan burung sepanjang hari,
  • Menjadikan burung lebih rajin bunyi / gacor dengan volume suara yang lebih keras,
  • Meningkatkan mental fighternya,
  • Menjadikan burung lebih ngotot,
  • Membantu memperbaiki metabolisme burung.

Sup Plus Bird dapat dipesan langsung melalui kontak  Whatsapp di halaman ini, atau bisa juga dibeli melalui tokopedia, bukalapak, atau shopee.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips mengajari burung beo bicara

Beo adalah termasuk salah satu burung yang pintar menirukan suara sekelilingnya dengan cepat dan fasih. karena itulah burung ini banyak digemari oleh para penggemar burung kicauan terlebih beo nias yang termasuk salah satu burung dari jenis ini yang paling pintar dan cepat menangkap kalimat dengan fasihnya. sehingga menjadikan burung jenis ini semakin langka di alamnya […]
Read more
cucak hijau birahi

Cara mengatasi cucak hijau yang over birahi

Over birahi adalah kondisi ketika burung menunjukkan perilaku yang tidak biasanya. Jika kondisi ini dialami oleh burung cucak hijau, maka ia akan mudah sekali berperilaku agresif, jarang bunyi, termasuk juga kerap mencabuti bulunya sendiri atau kanibal. Untuk menanganinya, berikut cara mengatasi cucak hijau yang over birahi. Solusi jika cucak hijau kemasukan suara yang tidak diinginkanTips […]
Read more

Rawatan dan pemilihan bahan anis kembang

Membeli burung kicauan sejenis punglor kembang / Anis kembang tentunya tidak hanya sekadar memenuhi kegemaran atau sekadar ikut-ikutan saja. Untuk itu, perlu ketelitian dan kejelian pada saat membelinya. Beberapa kriteria bisa dipergunakan agar bisa mendapat punglor kembang yang bagus, bahkan unggulan. Apa pun tujuan pemeliharaannya sekedar hobi klangenan atau juga untuk dilombakan, Anis kembang yang […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?