ciblek gunung macet bunyi

Cara merawat ciblek gunung yang macet bunyi:

Ciblek gunung alias cigun mempunyai suara tembakan khas yang menjadi daya tariknya. Suara kicauan yang dikenal dengan sebutan ngebren itu menjadikan burung ini cukup disukai baik untuk masteran maupun lomba. Tapi apa jadinya ketika cigun yang tadinya rajin ngebren itu mendadak berhenti berkicau atau macet bunyi? Simak tipsnya berikut ini .. 

Ada berbagai jenis burung ciblek yang dikenal di kalangan kicaumania, mulai dari ciblek kebun, ciblek alang, hingga ciblek gunung. Nah, jenis ciblek gunung inilah yang paling banyak diminati penggemar burung di Tanah Air karena suara tembakannya yang rapat.

Selain dipelihara sebagai burung rumahan, ciblek gunung juga cukup popular sebagai burung masteran dan lomba. Terlebih lagi, suara tembakannya sangat cocok dijadikan masteran bagi semua jenis burung peliharaan seperti murai batu, cucak hijau, lovebird hingga kenari.

Ciblek dikenal dengan sifatnya yang teritorial dan fighter. Itu pula sebabnya kenapa jenis burung ini sangat rentan mengalami kondisi macet bunyi. Biasanya, ketika ciblek berhenti berkicau bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kondisi burung sedang kurang fit / sakit,
  • Perawatan yang tidak tepat, misalnya jarang diberikan EF / extra fooding serta tidak terjaganya kebersihan sangkar dan perlengkapannya,
  • Ciblek tersebut sedang memasuki masa mabung,
  • Kalah atau drop mental yang disebabkan oleh kalah bersaing, sangkar jatuh, makan serangga beracun, diserang predator, dsb.
Baca:   Cara agar kenari bersuara lebih panjang

Jika ciblek gunung sudah mengalami macet bunyi, maka penampilannya pun akan cenderung menurun, dan jika tidak segera ditangani maka kondisinya bisa bertambah parah. Berikut beberapa cara merawat ciblek gunung yang macet bunyi:

Lakukan pengembunan dengan lebih rutin, karena pengembunan membantu burung mendapatkan stamina dan energi tambahan yang dibutuhkan untuk beraktifitas sepanjang hari.

1. Memisahkan dari keberadaan burung sejenis maupun burung ocehan lain yang bersifat teritorial. Selain itu, gantang burung di tempat yang teduh, tenang, dan tanpa gangguan.

2. Selama masa terapi pemulihan, ciblek gunung yang macet bunyi bisa ditempel dengan burung betina.

3. Mengurangi mandi dan menambah durasi penjemurannya yang bertujuan mendongkrak kembali birahinya dengan cepat.

4. Memberikan pakan tambahan (EF) dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya, khususnya kroto, ulat kandang atau ulat hongkong warna putih.

5. Mengganti pakan voer dengan yang lebih bagus dan berkualitas, seperti Kristal Ciblek yang diracik khusus untuk menjadikan ciblek cepat gacor dan fighter.

Mengapa Kristal Ciblek mampu mengatasi burung yang macet bunyi? Karena voer halus ini memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan ciblek, seperti kacang hijau, jagung, glukosa, madu, ulat, jangkrik, dan kroto kering, telur, ginseng, dan jahe.

Baca:   Rawatan dan pemilihan bahan anis kembang

Karena kandungannya yang bervariasi tersebut, voer kristal ciblek mempunyai beragam manfaat yang baik untuk burung, di antaranya adalah:

  • Menjadikan ciblek makin rajin bunyi,
  • Mendongkrak stamina fighternya,
  • Memenuhi kebuthan nutrisi pada burung,
  • Meningkatkan kegacoran, power, dan mentalnya.
  • Dan manfaat baik lainnya.

Voer Kristal Ciblek bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Atau bisa juga dipesan langsung melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

6. Memberikan full kerodong pada malam hari.

7. Menambahkan suplemen multivitamin untuk mendukung percepatan pemulihannya. Vitamin Kristal menjadi salah satu suplemen multivitamin yang cocok diberikan untuk mengatasi ciblek gunung yang macet bunyi. Manfaat dan cara pemberian vitamin Kristal bisa disimak kembali di sini.

Itulah beberapa macam cara merawat ciblek gunung yang macet bunyi.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

kacer buka ekor

Tips untuk burung kacer yang menurun performanya di lapangan

Penampilan burung kacer yang menurun di lapangan menjadi satu hal yang banyak dikeluhkan kicaumania. Jika biasanya selalu tampil maksimal dan masuk nominasi, kali ini burung tidak segacor biasanya. Untuk mengatasinya, berikut tips untuk burung kacer yang menurun performanya di lapangan. Tips cegah kacer gemuk dan cara mengatasinyaEmpat penyebab anis merah ngedropCara mengatasi tledekan mental dropTips […]
Read more

Cara menggoda lovebird calon konslet (semoga aja konslet)

Read more

Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lomba

Murai batu yang tak mau bunyi selama lomba berlangsung tentu akan sanga mengecewakan pemiliknya. Di saat yang lain sibuk bekerja, ia malah diam tak bersuara dan cenderung meloncat-loncat aja. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang masih muda dengan mental yang belum stabil, tapi dipaksakan berlomba. Berikut¬†cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?