cara memingahkan lovebird agar tidak stres

Cara mengatasi lovebird emosi tinggi

Mengontrol emosi bisa menjadi faktor penentu lovebird tampil dengan maksimal di gantangan. Tapi bagaimana jika lovebird terlanjur emosi tinggi. Simak tips dan cara mengatasinya di sini ..

Ciri-ciri lovebird emosi tinggi bisa dikenal dari perilakunya sebagai berikut:

  • Lovebird jadi lebih galak,
  • Sorot mata yang selalu waspada,
  • Suara ngekek cenderung tidak stabil panjang pendeknya dan kerapatannya,
  • Sering bunyi sambil gelisah, tidak tenang, dan cenderung loncat-loncat,
  • jIka terjadi pada burung jantan, maka perilakunya akan jadi lebih agresif.

Adapun penyebab lovebrid emosi tinggi antara lain disebabkan oleh:

  • Settingan yang terlalu tinggi atau ketinggian, atau bisa juga dalam perawatannya emosi burung tidak pernah dibuang.
  • Burung yang jarang melihat lovebird lainnya, atau hanya cenderung mendengarkan suaranya saja sehingga emosinya mudah naik begitu bertemu lawan mainnya di lapangan.
  • Lovebird jantan atau betina yang kehilangan pasangan,
  • Pernyebab lain yang berasal dari sifat dan karakter lovebird itu sendiri, misalnya stres karena faktor perawatan yang kurang tepat atau karena lingkungan yang tidak cocok.

Ketika lovebird mengalami ciri-ciri mempunyai emosi yang tinggi, maka penampilannya tentu tidak akan bisa maksimal terlebih lagi saat lovebird akan dilombakan. Selain itu, beberapa kondisi berikut ini kerap dijumpai ketika lovebird mengalami emosi tinggi:

  • Lovebird jadi sering merusak barang atau perlengkapan yang ada di dalam sangkarnya,
  • Lovebird jadi sering naik turun tenggeran, tak jarang sering dilakukan dengan posis mengejar-ngejar pemilik atau burung lain,
  • Lovebird tampil dengan tidak maksimal di gantangan,
  • Dalam banyak kasus, lovebird rentan macet bunyi.
Baca:   Penanganan lovebird over birahi (OB) sesuai jenis dan warna bulu

Mengatasi lovebird emosi tinggi 

Untuk mencegah lovebird emosi tinggi, maka yang harus dilakukan lovebird mania adalah tidak melupakan untuk melakukan settingan buang emosi dalam pola rawatan yang diterapkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menurunkan emosi tinggi pada lovebird, yaitu:

  1. Menyediakan perlengkapan mainan untuk digigit lovebird, seperti teether yang terbuat dari bahan yang lunak. Gigitan untuk lovebird ini sangat berguna untuk menurunkan emosinya yang ketinggian. Selain bisa menggunakan gigitan kayu yang banyak dijual di pasaran, Anda bisa juga meyediakan bonggol jagung yang bermanfaat untuk gigitan lovebird atau teether.
  2. Perbanyak mandi yang dilakukan pada mandi, sore, dan malam hari. Untuk mandi pagi dan sore hari burung bisa dimandikan hingga basah kuyup, adapun untuk terapi mandi malam diberikan seperlunya saja dengan mempertimbangkan kondisi suhu dan cuaca.
  3. Menyediakan timun yang berguna untuk mencegah birahi naik yang berpengaruh pada tingkat emosi lovebird.
  4. Lovebird rutin diumbar dengan menggunakan kandang umbaran setiap dua hari sekali sampai tingkat emosi stabil.
  5. Memberikan pakan dan vitamin yang tepat. Kombinasi pakan lovebird dan multivitamin yang tepat dapat membantu mencegah dan menurunkan tingkat emosi pada burung lovebird. Pakan lovebird yang baik seperti Kristal Lovebird menjadi rekomendasi yang tepat untuk mengatasi segala permasalahan pada lovebird, termasuk emosi yang ketinggian. Pakan lovebird kristal memiliki kandungan anti stres, dan dapat melancarkan metabolisme burung sehingga menjadikannya makin  aktif, rajin bunyi dengan durasi ngekek yang lebih panjang.
  6. Selain pakan, asupan suplemen multivitamin Kristal juga cukup ampuh membantu mengurangi tingkat emosi pada burung lovebird. Kombinasi pakan lovebird Kristal dan vitamin Kristal ini bisa Anda dapatkan di sini.
Baca:   Tips dan perawatan lovebird untuk pekerja yang sibuk

Demikian tips dan cara mengatasi lovebird emosi tinggi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

perawatan lovebird bahan

Cara memilih dan menyiapkan lovebird bahan untuk lomba

Walaupun harga lovebird kini lebih terjangkau oleh banyak kalangan, namun masih banyak kicaumania yang lebih suka memiliih burung yang masih bahan untuk dijadikan momongan. Berikut cara memilih dan menyiapkan lovebird bahan untuk lomba. Memilih lovebird bahan berkualitas lombaTips dan rahasia membuat lovebird konsletRagam solusi atasi lovebird bertingkah nakal di gantanganTips memilih lovebird prospek untuk lombaEmpat […]
Read more

Perawatan burung cabe/kemade untuk memancing pleci cepat gacor

Meski berukuran kecil, namun burung cabai gunung atau kemade punya suara kicauan yang sangat receh sehingga kerap dicari untuk memancing pleci cepat gacor. Selain itu, jenis burung cabai-cabaian ini juga banyak dipelihara untuk memaster branjangan maupun kolibri. Berikut perawatan burung cabe / kemade untuk memancing pleci cepat gacor. Perawatan burung ciblek sawah agar gacor untuk […]
Read more
murai batu kurang ngotot saat lomba

Tips jika suara murai batu kurang variasi di lapangan

66 / 100 Jika suara murai batu kurang variasi di lapangan, maka hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk mengatasinya dibutuhkan pengaturan ulang terhadap pola perawatannya yang dilakukan harian maupun jelang lomba. Cara melatih mental tarung burung murai batuCara merawat burung murai batu yang kurang birahiBeberapa tips perawatan murai batu tanpa voerTips melatih mental […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?