Cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba

Kolibri aka burung-madu yang belum siap mental umumnya akan lebih banyak diam saat dilombakan. Oleh karena itu, sebelum membawanya ke arena lomba, ada baiknya kita menyiapkan mentalnya terlebih dahulu. Berikut cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba.

Ciri-ciri burung kolibri bermental bagus adalah langsung mengeluarkan suara ocehannya saat di gantangan. Beberapa jenis kolibri seperti kolibri ninja dan kolibri wulung bahkan memiliki gaya berkicaunya yang khas saat bertemu lawan tandingnya di lapangan.

Oleh karena itu, agar kolibri dapat tampil maksimal di laangan, maka kita harus melatih mentalnya terlebih dahulu. Tujuan pelatihan mental tersebut adalah agar burung lebih fighter serta mampu mengerahkan semua kemampuannya di gantangan.

Berikut beberapa cara melatih mental kolibri agar siap lomba:

  • Kolibri yang bagus mentalnya akan sangat lahap memakan makanannya, terutama kroto.
  • Pemberian pakan yang tepat dapat menjadikan mental burung kolibri kian terdongkrak. Kroto adalah salah satu jenis pakan tambahan (EF) yang memilki banyak manfaat untuk burung kolibri. Selain untuk menjaga kondisinya, pemberian kroto secara rutin diyakini cukup ampuh untuk mendongkrak mental dan staminanya. Selain kroto, kolibri juga dapat diberikan pakan tambahan lain seperti nektar, laba-laba kecil, dan ulat hongkong yang berwarna putih.
  • Jika memeleihara lebih dari seekor burung kolibri di rumah, maka pisahkan kolibri yang akan dilatih mentalnya itu dari keberadaan kolibri lainnya selama satu – dua minggu. Setiap beberapa hari sekali, diputarkan suara rekaman burung kolibri yang sudah gacor untuk memancing emosinya.
  • Setiap siang hingga sore hari, sangkar kolibri diberikan full kerodong, setelah itu dapat diputarkan suara masterannya.
  • Lakukan pengembunan secara rutin dan teratur.
  • Jika kolibri belum pernah dilombakan, maka melatih mentalnya bisa dilakukan dengan sering membawanya ke arena lomba tetapi tidak untuk dilombakan. Gantangkan sangkarnya di lokasi lomba untuk melatih burung beradaptasi dengan suasana lomba.
  • Mendongkrak mental bisa juga dilakukan dengan melakukan pengecasan atau ditempel betina pada H-1 sebelum dibawa ke lapangan.
Baca:   Empat cara atasi kacer macet bunyi

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka pemberian pakan untuk burung kolibri harus mendapat perhatian utama. Pemberian pakan tersebut penting karena sangat berkaitan dengan kondisi fisik dan mentalnya.

Salah satu pakan yang dapat membantu mendongkrak mental dan stamina burung kolibri dengan cepat adalah Nektar Kolibri Kristal. Pakan yang dapat dikonsumsi semua jenis kolibri ini mengandung semua bahan yang dibutuhkan burung untuk terus aktif dan rajin bunyi.

Nektar Kolibri Kristal mengandung nektar, sari kelapa, madu asli, susu, saripandan, minyak nabati, sukrosa, pengatur keasaman, susu bubuk, dan mineral. Karena kandungannya yang lengkap tersebut, tak heran kalau pakan ini sangat disukai oleh semua jenis kolibri  sehingga burung jadi lebih cepat gacor, fighter dan siap lomba.

Baca:   Cara melatih mental ciblek untuk lomba

Selain itu, kandungan dalam nektar kolibri kristal memiliki beragam manfaat yang baik untuk burung, di antaranya adalah:

  • Membuat kolibri gacor tanpa kroto
  • Mengandung multivitamin lengkap
  • Meningkatkan daya tahan tubuh burung
  • Mengatasi burung kurus & nyilet
  • Mengatasi kebotakan
  • Mengatasi burung macet/malas bunyi
  • Meningkatkan kecerdasan burung
  • Membuat burung rajin bunyi

Untuk menjadikan kolibri bermental fighter dan siap lomba, pemberian nektar kolibri kristali ini diberikan rutin setiap hari sebanyak 1 (satu) sendok makan.

Nektar Kolibri Kristal bisa dipesan melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini, atau bisa juga dibeli via Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Mnenjinakan burung paruh bengkok dengan wingclipping

Menjinakan burung paruh bengkok lebih mudah dengan jalan memberi ‘ wing clipping’ pada sayap sayapnya , yaitu memotong bulu sayap yang menjadi bulu sayap untuk terbang tinggi. wing clipping ini pun tidak sekedar asal potong saja . dalam memotong bulu sayap burung ini kita harus mengetahui terlebih dahulu dimana letak bulu sayap yang digunakan burung […]
Read more
cara memaster lovebird

Cara memaster lovebird agar rajin ngekek

Pemasteran pada burung kicauan dilakukan untuk menambah variasi suara isian yang dimilikinya. Pada burung lovebird, pemasteran yang dilakukan dengan cara yang tepat dapat menjadikannya semakin rajin mengeluarkan suara ngekeknya dengan kencang. Untuk panduannya, simak cara memaster lovebird agar rajin ngekek berikut ini.    Baca:   Murai batu masih giras? Ini cara menjinakkannya
Read more

Ragam settingan ciblek ngebren ngunci

Suara ngebren tanpa jeda kerap dianggap sebagai salah satu faktor yang mendukung penampilan ciblek di lapangan. Namun untuk menjadikan ciblek ngebren ngunci di gantangan tentu bukan hal yang mudah. Banyak faktor yang mempengaruhinya mulai dari kesiapan mental dan karakter vokalnya. Berikut settingan ciblek ngebren ngunci untuk masteran dan lomba. Baca:   Empat cara atasi kacer […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by