kenari latihan

Cara melatih kenari agar bersuara kencang dan panjang

Burung kenari yang bersuara kencang dan durasi lagu yang panjang menjadi idaman para penggemarnya. Nah, untuk memaksimalkan kualitas suaranya itu, kenari harus dilatih dulu agar mempunyai suara kicauan yang kencang dan panjang.

Banyak kenari mania yang mengeluh kalau burung rawatannya itu tidak mau mengeluarkan suara kicauannya dengan lantang, bahkan cenderung bersuara pelan. Selain itu, durasi lagu-lagunya pun terdengar cukup pendek sehingga penampilannya jadi kurang maksimal.

Kenari yang baru dibeli, tentu hal yang biasa jika burung belum maksimal mengeluarkan suara kicauannya karena membutuhkan adaptasi dengan lingkungan barunya. Tapi jika burung sudah rawatan lama, maka bisa jadi pula hal ini dipengaruhi oleh faktor karakter dan pola rawatannya sehari-hari.

Secara umum, ada beberapa penyebab mengapa kenari tidak mau bersuara kencang dan berdurasi panjang. Beberapa faktor yang paling sering dijumpai adalah sebagai berikut:

  1. Kenari masih berumur muda,
  2. Kualitas suara yang menurun karena selalu ditempel dengan kenari lain atau betina.
  3. Kenari yang sedang menurun kondisinya karena sakit, stres, atau sedang memasuki masa mabung.
  4. Kenari alami gangguan pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh parasit dan tungau.

Untuk memaksimalkan suara burung kenari jadi lebih kencang dan berdurasi panjang, bisa dilakukan dengan melatihnya secara rutin.

Untuk menjadikan suara kenari jadi lebih kencang dan memiliki durasi lagu yang panjang, maka pemilik burung harus rutin melatih dengan menerapkan beragam pola rawatan yang sesuai.

Baca:   Penting, 4 hal yang harus diketahui saat burung mabung

Berikut ini beberapa cara melatih kenari agar bersuara kencang dan panjang.

Melatih suara sejak burung masih berumur remaja

Memaksimalkan suara kenari yang masih anakan / remaja bisa dilakukan dengan sering ditempel kenari mapan atau gacor. Kenari yang masih muda memiliki kecenderungan untuk meniru suara sehingga ia bisa dengan baik menirukan suara dan gaya dari burung yang menjadi tutornya.

Rutin melatih kenari dalam kandang umbaran 

Melatih kenari dalam kandang umbaran secara rutin dapat membantu memaksimalkan pernafasannya sehingga burung memiliki kemampuan untuk bersuara lebih kencang dan panjang. Agar hasil latihannya lebih optimal, maka letakkan dua buah tenggeran dalam jarak yang berjauhan.

Bisa juga menggunakan kandang umbaran berayun agar kenari lebih aktif begerak dari satu sisi ke sisi lainnya. Pengumbaran bisa dilakukan setelah burung dijemur dengan waktu yang disesuaikan kebutuhan.

Melatih dengan suara masteran 

Melatih kenari menggunakan suara masteran baik yang berasal dari burung masteran maupun audio rekaman yang diputarkan dari perangkat mp3 player menjadi langkah yang dianggap cukup efektif menjadikan suara kenari makin kencang dan panjang.

Lakukan pemasteran dengan suara yang tepat, khususnya yang memiliki karakter vokal ngerol maupun nembak seperti suara lovebird, ciblek, atau blackthroat yang ngerol panjang.  Pemasteran harus dilakukan secara rutin, terutama jika ingin menjadikan kenari mempunyai variasi lagu yang lebih banyak.

Perhatikan asupan pakan tambahan hijau 

Pemberian pakan tambahan yang berasal dari sayuran hijau sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan panjang. Ada beberapa jenis dedaunan yang bisa diberikan untuk melatih suara kenari, misalnya daun mengkudu muda, atau daun krokot.

Baca:   Penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stres

Selain daun-daunan, kenari juga bisa diberikan pakan sayuran seperti potongan jagun muda, wortel rebus, dan daun sawi. Untuk kebutuhan protein hewaninya, kenari bisa diberikan pakan berupa telur puyuh rebus yang telah dicampur dengan kroto yang dilumatkan.

Memberikan suplemen vitamin 

Pemberian suplemen vitamin secara teratur juga bisa membantu memaksimalkan suara kenari agar lebih kencang dan berdurasi panjang. Berikan suplemen vitamin yang sesuai, terutama yang memiliki kandungan cukup lengkap, salah satunya adalah Sup Plus Bird.

( Sup Plus Bird suplemen multivitamin terbaik untuk burung peliharaan )

Sup Plus Bird adalah suplemen multivitamin yang juga pakan tambahan kaya nutrisi yang dibutuhkan kenari agar rajin bunyi dengan suara yang lebih kencang. Pemberian Sup Plus Bird dilakukan dengan mencampurkan beberapa tetes vitamin ini ke dalam air minumnya. Suplemen ini bisa diberikan setelah kenari menjalani pengumbaran atau dijemur.

Demikian cara melatih kenari agar bersuara kencang dan panjang.

Semoga bermanfaat

Related Articles

merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor

Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor

70 / 100 Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor – Cucak jenggot memiliki suara kicauan yang rapat dan tajam sehingga dapat menjadi masteran yang bagus untuk beberapa jenis burung ocehan populer lainnya. Namun tak jarang, meski sudah dirawat cukup lama tapi burung cucak jenggot cenderung malas mengeluarkan suara besetannya tersebut. Untuk itu, simak […]
Read more

Tips mengatasi kenari tidak keluar suara

Saat mendapati burung kenari yang seperti berkicau dengan paruh dan tenggorokan naik turun, namun tidak ada suara yang keluar itu menandakan burung tersebut sedang mengalami masalah. Permasalahan ini umumnya disebabkan oleh infeksi parasit atau tunga, tapi bisa juga karena sebab lain. Kenari sakit pernafasan? Ini cara mengatasinyaPenyebab dan cara mengatasi kenari bersuara serakIni penyebab suara […]
Read more

Tips murai batu yang susah gacor

Burung murai batu yang rajin bunyi akan sangat disukai. Banyak orang rela keluar uang lebih demi mendapatkan burung yang sudah rajin bunyi / gacor tersebut. Tapi bagaimana jika burung yang sudah dirawat cukup lama tapi tak juga kunjung gacor? Sebagai panduan rawatan, simak tips murai batu yang susah gacor berikut ini. Terapi mengatasi kebotakan pada […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?