melatih mental cendet

Cara latih cendet agar nagen di satu titik

Nagen adalah sebutan untuk burung yang berdiri di satu titik tenggeran sambil mengeluarkan suara kicauannya dengan lantang. Perilaku nagen umum dijumpai pada burung jenis cendet, khususnya burung dewasa yang sudah rajin bunyi / gacor.

Cara latih cendet agar nagen di satu titik

Untuk menjadikan cendet rajin bunyi sehingga bisa tampil nagen di satu titik tenggeran, maka yang dibutuhkan adalah perawatan yang tepat. Pemberian pakan yang tinggi protein dapat menjadikan cendet rajin berkicau, begitu pun dengan pemberian vitamin yang dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan cendet sepanjang hari.

Asupan pakan yang diperlukan agar cendet rajin bunyi terdiri dari voer yang bagus kualitasnya, dan pakan tambahan (EF) dari berbagai jenis serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, kroto, dsb.

Pemberian pakan ini pun harus dibarengi dengan asupan multivitamin yang sangat dibutuhkan cendet agar tetap beraktivitas. Mulvitivamin seperti Sup Plus Bird memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjagikan cendet tambah aktif, gacor, dan penuh stamina.

Baca:   Tips perawatan burung jalak kerbau agar rajin bunyi

Sup Plus Bird bisa anda dapatkan melalui market place online seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Atau bisa juga dipesan langsung melalui kontak Whatsapp yang ada di halaman ini.

Pemberian pakan dan vitamin yang tepat dapat membantu menjaga kestabilan birahi cendet sepanjang hari sehingga cendet tetap gacor dan memiliki mental tempur / fighter yang sangat baik.

Berikut cara latih cendet agar nagen di satu titik:

  • Jika cendet mempunyai sifat yang terlalu nakal atau sering naik turun tenggerannya ketika berbunyi, maka terapi ranjau atau halangan bisa diterapkan di dasar sangkarnya. Ada beberapa jenis ranjau yang dapat digunakan seperti bola-bola plastik kecil, rumput plastik, hingga ranjau-ranjau yang umum dijual di toko dan perlengkapan burung kicauan.
  • Gunakan tenggeran yang sesuai dan tepat. Agar cendet makin betah berdiri di atas tenggerannya, maka tenggeran yang digunakan haruslah terbuat dari bahan kayu dengan tekstur kasar, serta diameter tenggeran yang nyaman ketika dicengkeram kaki-kakinya. Untuk memilih tenggeran yang sesuai anda bisa melakukan ujicoba menggunakan beberapa jenis tenggeran yang umum di pasaran. Jika cendet terlihat lebih anteng di tenggerannya, itu artinya tenggeran yang digunakan sudah sesuai.
  • Menambahkan beberapa tenggeran di dalam sangkarnya jika cendet terlalu aktif saat berkicau. Dengan begitu, cendet akan fokus berkicau di atas tenggerannya dan tidak tertariik untuk turun ke dasar sangkarnya ketika berbunyi.
Baca:   Cara cepat dan tepat memaster burung cendet

Itulah beberapa cara melatih cendet agar nagen di satu titik.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Mengatasi lovebird turun kebawah tangkringan

Cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan

Burung lovebird yang kerap turun ke bawah tangkringan pada waktu dilombakan dikenal dengan istilah nebok atau ngelantai. Jika kondisi ini terus dilakukannya selama lomba berlangsung tentu dapat mengganggu penampilannya. Sebagai panduan, simak cara mengatasi lovebird turun ke bawah tangkringan berikut ini. Cara seting lovebird jantan untuk lombaTips dan cara memilih untulan lovebirdCara mengatasi lovebird yang […]
Read more
eberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Tips merawat burung murai batu bakalan muda hutan

63 / 100 Memelihara burung murai batu bisa memberikan tantangan tersendiri jika burung yang didapat masih dalam kondisi bakalan atau muda hutan. Jika dirawat dengan baik, murai batu yang masih bakalan itu akan menunjukkan penampilan terbaiknya, dan hal ini tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi orang yang merawatnya. Nah untuk panduannya, simak tips merawat burung […]
Read more

Cara Perawatan Lovebird Kena Snot, Ini Obatnya!

Perawatan Lovebird Kena Snot – Pada kesempatan yang lalu kami telah merangkum tentang gejala penyakit lovebird dan cara penangannya, bila belum membaca silakan klik disini. Tak dapat kita pungkiri bahwa penyakit Snot adalah penyait yang sering menghantui burung lovebird, penyakit ini menyerang daerah sekitar mata dan bila tidak segera diatasi mata lovebird bisa buta selamanya. […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?