atasi kenari macet bunyi

Hal-hal yang harus dihindari saat memelihara kenari

Agar burung kenari selalu sehat, aktif, dan rajin bunyi maka ia harus dirawat dengan sepenuh hati. Selain mengatur pola makannya dengan pakan yang tepat, si pemilik harus juga memperhatikan kebutuhan hariannya seperti mandi dan jemur. Sebagai panduan bagi pemula, berikut beberapa hal yang harus dihindari saat memelihara kenari.

Perawatan burung kenari relatif lebih mudah dibandingkan jenis kicauan lainnya. Selama kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan didukung perawatan mandi dan jemur yang rutin, maka kenari akan semakin rajin berkicau.

Namun tak jarang, karena terlalu bersemangat ingin menggacorkan kenari rawatannya, tak sedikit kicaumania yang justru melakukan hal-hal yang sebenarnya harus dihindari. Tanpa disadari, hal-hal yang dianggap sepele itu justru dapat menyebabkan kenari mudah stres dan sakit.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari saat merawat burung kenari:

Membiarkan sangkar kotor

Sangkar yang dibiarkan selalu kotor tanpa terjaga kebersihannya dapat menyebabkan burung yang menghuninya gampang sakit. Kotoran yang terdiri dari feses dan sisa-sisa pakan yang berserakan akan menumpuk sehingga menjadi tempat bersarangnya parasit dan jamur.

Cepuk pakan dan minum dipenuhi jamur 

Tak jarang, kicaumania hanya mengganti pakan dan air minumnya saja tanpa memperhatikan kebersihan cepuk pakan yang digunakan. Jika cepuk dipenuhi jamur, maka bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang biak di dalam pakan maupun air minumnya. Hal inilah yang kemudian memicu gangguan pencernaan pada burung yang mengkonsumsinya.

Sangkar digantung dekat sumber angin

Menggantungkan sangkar di dekat sumber angin dapat menyebabkan burung rentan sakit. Sebaiknya, hindari menggantang sangkar dekat ventilasi udara atau lubang angin, blower, kipas, air conditioner (AC) maupun fan outdoor AC yang mengeluarkan hawa panas.

Langsung menjemur setelah dimandikan 

Langsung menjemur burung di bawah sinar matahari setelah dimandikan hingga basah kuyup dapat menyebabkan bulu mudah rusak dan keriting. Sebaiknya, setelah mandi burung diangin-anginkan terlebih dahulu di tempat sejuk untuk tujuan mengeringkan bulunya, setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari.

Perubahan suhu mendadak yang muncul ketika burung dalam kondisi basah langsung berada di tempat panas dapat menurunkan kondisinya secara langsung. Hal ini tentu akan menjadikan kenari cepat terserang penyakit.

Diberi telur rebus setiap hari

Telur rebus memang memiliki kadar protein yang tinggi sehingga dapat menjadikan kenari lebih rajin berbunyi. Tapi pemberian yang terlalu berlebihan juga tidak baik bagi kesehatannya, terutama karena dapat memicu kegemukan atau obesitas yang berdampak pada kesehatan dan kegacorannya.

Sebaiknya, telur rebus diberikan setiap beberapa hari sekali dengan disertai pemberian pakan sayuran segar. Bisa juga telur diolah dengan bahan lain untuk menyeimbangkan kandungan nutrisinya.

Diberikan buah dan sayuran tanpa dicuci 

Langsung memberikan buah dan sayuran yang baru didapat dari pasar sangat tidak dianjurkan. Buah dan sayuran yang beredar di pasaran berpotensi mengandung kadar kimia yang berasal dari zat pestisida. Jika buah atau sayuran ini langsung diberikan pada burung, maka bisa mengganggu kesehatannya.

Sebaiknya, cuci terlebih dahulu buah dan sayuran yang baru didapat dengan menggunakan air bersih. Untuk membuang sisa-sisa pestisida yang masih menempek dapat dilakukan dengan mencuci buah dan sayuran menggunakan air garam.

Selalu dipancing bunyi 

Kebiasaan yang harus dihindari lainnya adalah selalu memutarkan suara kenari dari handphone untuk memancingnya berbunyi. Hal ini memang baik dilakukan untuk tujuan melatihnya agar rajin bunyi, tapi jika dilakukan terus menerus tentu akan menyebabkan kenari jadi malas bunyi. Hal ini juga berlaku jika kenari terus-menerus ditempel dengan burung betina.

Bagaimana perawatan yang benar?

Merawat kenari yang baik dan benar tidak cukup dengan memberinya pakan yang dibutuhkan saja, tetapi juga harus memperhatikan pola rawatan rutin lainnya, seperti:

  1. Pengembunan yang dilakukan setiap pagi sebelum matahari terbit,
  2. Mandi yang dilakukan setelah matahari terbit baik dengan cara disemprot maupun menggunakan bak mandi yang dimasukkan ke dalam sangkarnya,
  3. Penjemuran dalam durasi waktu yang disesuaikan kebutuhan atau settingan,
  4. Memperhatikan kondisi-kondisi yang sudah disebutkan di atas.

Selain itu semua, pemberian pakan biji-bijian juga harus menjadi perhatian utama kenari mania. Pakan yang tepat akan menyebabkan burung semakin sehat, aktif, dan rajin berkicau.

Salah satu jenis pakan yang direkomendasikan untuk menjadikan kenari makin gacor dan aktif adalah Canary Seed Herbal, yaitu pakan biji-bijian untuk kenari yang sudah diracik secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pakannya.

Manfaat Canari Seed Herbal antara lain:

  • Menjadikan kenari semakin gacor,
  • Mampu mendongkrak stamina burung,
  • Menjadikan kenari bersuara dengan lebih ngotot,
  • Menambah kecerdasan burung.

Canary seed herbal dapat diperoleh melalui Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau dipesan langsung melalui Whatsapp di sini.

Semoga manfaat

Related Articles

lb konslet

Tips dan settingan lovebird konslet jantan betina

Konslet dianggap sebagai karakter tersendiri yang dimiliki oleh lovebird yang bagus dan mau kerja saat digantang. Tidak mudah melatih lovebird cepat konslet, selain harus didukung oleh pembentukan karakter, hal ini juga sangat dipengaruhi oleh kondisi serta kemampuan burung tersebut.
Read more
cara memaster lovebird

Kenali ciri-ciri lovebird yang sudah siap lomba

Perawatan lovebird untuk dilombakan terkadang bisa sangat menyulitkan, apalagi jenis burung ini diketahui mudah birahi. Tanpa perawatan yang tepat, lovebird tidak akan bisa tampil maksimal di arena lomba. Itu sebabnya, lovebird mania harus bisa mengenali ciri-ciri lovebird yang sudah siap lomba, khususnya untuk memudahkan perawatan dan menyiapkan sebagai burung lomba.
Read more

Istilah istilah keturunan burung kenari

istilah ‘f1″ untuk burung kenari Para penghobi unggas khususnya Kenari tentunya tidak asing dengan istilah ; kenari  lokal, impor, F1, F2, F3 dan AF. Dalam tulisan ini kami akan berbagi pengalaman tentang Istillah “ F “ yang biasa kita dengar, mungkin topik tulisan  sudah ada yang menulisnya akan tetapi anggaplah tulisan ini merupakan pelengkap bagi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Dapatkan CANARY SEED HERBAL di sini ..
Powered by