agar ciblek rajin ngebren

Cara merawat ciblek agar bersuara ngebren

Walaupun ngebren atau suara tembakan khas ciblek merupakan bawaan karakter dari masing-masing individu , tapi kicaumania bisa juga kok melatihnya sendiri di rumah. Seperti ngekek lovebird pada umumnya, ngebren menjadi salah satu daya tarik saat memelihara burung ciblek. Untuk itu, simak cara merawat ciblek agar bersuara ngebren berikut ini.

Ada beberapa faktor pendukung ciblek cepat mengeluarkan suara ngebrennya, yaitu:

  1. Faktor emosi yang biasanya dimiliki oleh burung yang sudah cukup umur atau burung muda yang siap memasuki usia matang kelamin.
  2. Faktor tutoring yaitu melatih ciblek dengan mendengarkan suara tembakan ciblek lain.
  3. Faktor nutrisi  dengan memenuhi kebutuhan pakan harian dan tambahannya.

Untuk melatih ciblek agar rajin bersuara ngebren, maka perawatan hariannya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Beberapa cara merawat ciblek agar bersuara ngebren berikut ini dapat diterapkan pada burung ciblek muda maupun bakalan:

  • Pengembunan rutin dan teratur setiap pagi. Untuk ciblek muda / dewasa, pengembunan baiknya dilakukan sejak setengah jam sebelum matahari terbit. Pada saat itu, burung diberikan pakan tambahan atau EF berupa kroto sebanyak setengah sendok teh.
  • Setelah matahari terbit, segera mandikan ciblek dengan menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Untuk memancing ciblek mandi bisa dilakukan penyemprotan halus pada bagian dadanya.
  • Setelah mandi ciblek diangin-anginkan sambil diberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong warna putih sebanyak 2 ekor.
  • Berikan pakan voer halus yang terjamin kualitas dan manfaatnya. Salah satu yang direkomendasikan adalah menggunakan voer halus KRISTAL CIBLEK yang diolah menggunakan aneka bahan bermanfaat seperti jagung, glukosa, kacang hijau, ginseng, jahe, jangkrik, kroto, madu, ulat, dan telur. Karena kaya akan kandungan nutrisinya tersebut, KRISTAL CIBLEK yang dikonsumsi secara rutin dapat menjadikan burung:
    – Makin rajin bunyi dan gacor dengan suara ngebrennya,
    – Memiliki stamina dan daya tahan yang lebih baik dari biasanya,
    – Memiliki suara kicauan yang lebih kencang / lantang,
    – Meningkatkan performa baik harian maupun lomba,
    – Mendongkrak mentalnya agar lebih fighter.
  • Setelah diangin-anginkan, ciblek dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2-3 jam.
  • Selesai dijemur, ciblek kembali diangin-anginkan di tempat teduh dan sejuk. Selama berada di tempat tersebut, ciblek bisa dimaster dengan lagu-lagu yang sesuai, misalnya suara tembakan kenari, cililin, lovebird, dll.
  • Berikan pakan tambahan yang terdiri dari 1 setengah sendok teh kroto, 3 ekor ulat hongkong putih, 1 ekor jangkrik kecil.¬† Untuk menjaga kondisinya, Anda bisa menambahkan mulvitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya.
  • Jika cuaca memungkinkan, pada sore harinya ciblek kembali dijemur di bawah cahaya matahari sore.
  • Setiap 1-2 minggu sekali, ciblek dipancing ngebren dengan burung betina.
  • Malam hari, sangkar dikerodong dan burung dibiarkan beristirahat sampai dikeluarkan untuk pengembunan.
Baca:   Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

Demikian beberapa cara merawat ciblek agar bersuara ngebren.

Semoga manfaat

 

Related Articles

Enam cara merawat jalak suren agar cepat gacor

Jalak suren disukai karena termasuk jenis burung peliharaan yang cerewet dengan suara kicauan yang bervariasi. Di pasar dan toko burung, jalak suren bisa didapatkan dengan mudah bahkan dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk menjadikan jalak suren cepat gacor, maka perawatannya harus dilakukan dengan sangat teratur. Berikut enam cara merawat jalak suren agar cepat gacor. Cara […]
Read more

Masalah utama pada burung kacer

Kacer adalah burung yang paling banyak di pelihara oleh penggemar burung kicauan yang ada diseluruh indonesia selain keberadaannya yang mudah didapatkan juga harganya yang cenderung masih murah, jadi mungkin itulah sebabnya semua permasalahan mengenai burung ini masih selalu menarik perhatian penggemar burung kicauan khususnya di indonesia. Permasalahan Utama Kacer Masalah utama yang kerap terjadi pada […]
Read more

Tips menghipnotis burung, unggas dan hewan lainnya

Hipnotis selama ini dikenal hanya ampuh pada makhluk yang bernama manusia saja, tapi tidak lagi karena ternyata tekhnik hipnotis ini juga bisa diterapkan kepada binatang peliharaan semisal Unggas, burung dan kelinci dan bukan tidak mungkin berlaku pada semua jenis binatang lainnya. Dengan menggunakan tekhnik hipnotis pada unggas ataupun binatang lainnya bisa mempermudah kita dalam proses […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?