lovebird paud koloni

Tips settingan lovebird paud koloni

Banyak kicaumania yang mengkolonikan lovebird yang masih paud untuk beragam alasan, di antaranya adalah agar burung anteng dan tidak mudah kepo alias nakal. Bagaimana settingan lovebird paud dengan sistem koloni tersebut, mari simak berikut ini.

Perawatan lovebird paud dengan sistem koloni dianggap sebagai cara yang paling ampuh menjadikan burung cepat bunyi dan bermental bagus. Selain itu, sistem pengkolonian tersebut juga dianggap cukup ampuh mencegah burung bertingkah nakal di gantangannya.

Bagi kicaumania yang sibuk dengan aktivitas kerjanya sehingga tidak bisa mengatur waktunya untuk merawat burung kesayangannya dengan maksimal, simak tips & settingan lovebird paud dengan sistem koloni berikut ini:

  1. Siapkan burung minimal 4 ekor lovebird yang masih paud, akan lebih baik mencampurkan beberapa warna yang berbeda.
  2. Mandi cukup dilakukan dengan memasukkan bak mandi kecil ke dalam kandang koloninya, dan setelah mandi burung tidak perlu dijemur.
  3. Siapkan pakan dengan setelan kencang, salah satunya adalah memberikan milet racikan Volume+ dan jagung setiap hari, atau bisa juga diberikan campuran milet putih dengan milet US dengan perbandingan 1:1.
  4. Setiap hari kandang tidak diberikan kerodong alias full ablak.
Baca:   Cara mengobati suara serak pada lovebird

Settingan lovebird paud dengan sistem koloni:

  • Selama satu minggu penuh, kandang koloni diisi oleh semua lovebird. Setelah itu, baru dilakukan pemilahan setiap dua kali seminggu untuk mencari burung yang mau bunyi ataupun yang sudah mempunyai pasangan yang tepat / untulan. Nantinya, setelah mendapatkan burung yang cocok, tinggal dilatih dan disiapkan untuk lomba.

Persiapan lomba:

  • H-1 pola rawatan dan pakan tidak berubah, lovebird tidak dimandikan maupun dijemur.
  • Bawa untulan jika burung sudah memiliki pasangan yang cocok pada waktu di kandang koloni.
  • Sesampainya di arena lomba, lovebird diberikan pakan kangkung.
  • Sebelum digantang, lovebird dipisahkan dari untulannya.

Selamat mencoba

Baca:   Enam cara menjadikan suara pleci makin kencang

Related Articles

Tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannya

Lovebird konslet tidak bisa muncul begitu saja, butuh perawatan yang rutin dan teratur agar burung bisa memasuki kondisi tersebut. Bahkan tak jarang, lovebird yang sudah dirawat laa pun hanya keluar karakternya saja, tetapi burung belum juga mau konslet. Sebagai panduan, simak tahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannya. Cara mencetak lovebird konslet ngekek panjangTips dan rahasia […]
Read more
membangkitkan mental lovebird paud

Tips membangkitkan mental tempur lovebird paud

Perawatan lomba untuk lovebird umur paud tidaklah semudah yang dibayangkan banyak orang. Sebagian kicaumania bahkan mengeluhkan susahnya mencari settingan yang tepat agar burung bisa tampil maksimal di lapangan. Sebagai panduan, simak tips membangkitkan mental tempur lovebird paud berikut ini. Cara setting lovebird lomba malamPenyebab lovebird jarang ngekek dan cara mengatasinyaIni manfaat mandi malam untuk lovebird […]
Read more
ciri ciri lovebird sakit

Tips mencegah dan mengatasi jamur pada burung

Indonesia adalah negera dengan iklim tropis yang lembab, sehingga jamur menjadi salah satu sumber pemicu beragam penyakit pada burung peliharaan. Untuk menjaga agar burung tidak mudah terserang penyakit, maka sumber pemicu itulah yang harus dicegah terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Simak tips mencegah dan mengatasi jamur pada burung berikut ini. Solusi atasi kenari yang tak mau […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?