memulihkan kacer ngedrop mental

Tips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lomba

Sebagai burung petarung atau fighter, kacer harus sudah dalam kondisi yang sangat fit jika ingin dilombakan. Jika tidak, maka ia akan rentan sekali ngedrop terutama saat berhadapan dengan lawan main yang super agresif.

Jika kacer sudah terlanjur ngedrop, maka tidak ada jalan lain kecuali harus segera memulihkan kondisinya. Selain tidak akan bisa tampil maksimal saat akan dilombakan, kacer pun rentan ngebalon atau ngebagong ketika mendengar kacer lain bersuara cukup keras.

Berikut beberapa tips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lomba:

  1. Memulihkan mentalnya dengan cepat bisa dilakukan dengan cara menjauhkan kacer dari burung bertipe fighter lainnya seperti burung sejenis, murai batu, tledekan, dan sebagainya.
  2. Tempatkan sangkarnya di lokasi yang teduh, nyaman, dan aman dari gangguan burung maupun hewan peliharaan lain. Lingkungan yang aman dan nyaman akan cepat memicu sifat teritorialnya sehingga mentalnya akan kembali terdongkrak.
  3. Sangat direkomendasikan kacer digantung di lokasi yang ada suara air mengalir, misalnya aliran sungai atau bisa di dekat akuarium dan kamar mandi. Hal ini akan menjadi terapi alami untuk kacer memulihkan dirinya sendiri.
  4. Selama masa pemulihan dari ngedropnya itu, siapkan beberapa jenis pakan tambahan yang bermanfaat seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Berikan pakan tersebut dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  5. Untuk mempercepat proses pemulihan kondisi dan mentalnya, maka setiap hari secara rutin kacer harus mendapatkan suplemen mulvitamin tambahan seperti Sup Plus Bird. Vitamin ini sudah dipercaya di banyak kalangan kicaumania karena kandungan dan manfaatnya yang baik untuk burung peliharaan, termasuk membantu pemulihan burung yang stres, macet bunyi, dan ngedrop mental.
  6. Lakukan pengembunan rutin setiap pagi, lalu dilanjut dengan mandi menggunakan karamba mandinya. Penjemuran dilakukan seperlunya saja atau tidak lebih dari 1 jam.
  7. Siang s/d sore kacer dikerodong lalu diberikan pemasteran ulang untuk menambah variasi suara kicauannya, sekaligus memancing agar burung kembali gacor.
  8. Pada sore harinya, kacer kembali diberikan pakan tambahannya seperti biasa.
    Malam hari burung bisa diberikan terapi mandi malam yang disesuaikan kebutuhan.

Jika rutin melakukan pola rawatan di atas, maka tidak butuh waktu lama kacer akan kembali pulih kondisinya dan siap untuk dilombakan kembali.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Sup Plus Bird adalah suplemen khusus multivitamin yang memiliki banyak manfaat jika rutin dikonsumsi kacer dan burung peliharaan lainnya. Vitamin ini kini bisa dengan mudah didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Sedangkan jika ingin memesannya secara langsung dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan Whatsapp ke no: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Burung murai batu muda hutan (MH)

Penyebab dan cara mencegah burung stres

Stres adalah kondisi ketika mekanisme pertahanan burung sudah melemah. Saat burung sedang stres maka performanya pun akan ikut menurun sehingga tidak bisa berkicau dengan baik seperti biasanya. Jika tidak segera ditangani, stres bisa memicu beragam penyakit. Berikut penyebb dan car mencegah burung stres. Penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasi lovebird stresCara memilih konin ombyokan yang berkualitas […]
Read more
rawatan lovebird musim panas

Tips rawatan lovebird di musim kemarau

Beberapa daerah di Indonesia saat ini masih mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang panjang. Kondisi cuaca dan suhu yang sangat terik itu tentu akan menjadi sesuatu yang kurang menguntungkan bagi para penghobi burung, khususnya lovebird. Berikut tips rawatan lovebird di musim kemarau agar tidak stres dan sakit. Cara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarLovebird […]
Read more
lovebird paud durasi tambah

Tips menambah durasi lovebird paud

Memiliki burung lovebird yang mampu bersuara ngekek maksimal tentu menjadi dambaan para penggemarnya. Apalagi pada saat ini saja, suara ngekek dengan durasi panjang bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Pada lovebird paud, menambah durasi ngekek bisa dilakukan dengan perawatan yang sangat teratur, salah satunya adalah berikut ini. Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacor10 […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?