memulihkan kacer ngedrop mental

Tips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lomba

Sebagai burung petarung atau fighter, kacer harus sudah dalam kondisi yang sangat fit jika ingin dilombakan. Jika tidak, maka ia akan rentan sekali ngedrop terutama saat berhadapan dengan lawan main yang super agresif.

Jika kacer sudah terlanjur ngedrop, maka tidak ada jalan lain kecuali harus segera memulihkan kondisinya. Selain tidak akan bisa tampil maksimal saat akan dilombakan, kacer pun rentan ngebalon atau ngebagong ketika mendengar kacer lain bersuara cukup keras.

Berikut beberapa tips rawatan kacer ngedrop agar kembali siap lomba:

  1. Memulihkan mentalnya dengan cepat bisa dilakukan dengan cara menjauhkan kacer dari burung bertipe fighter lainnya seperti burung sejenis, murai batu, tledekan, dan sebagainya.
  2. Tempatkan sangkarnya di lokasi yang teduh, nyaman, dan aman dari gangguan burung maupun hewan peliharaan lain. Lingkungan yang aman dan nyaman akan cepat memicu sifat teritorialnya sehingga mentalnya akan kembali terdongkrak.
  3. Sangat direkomendasikan kacer digantung di lokasi yang ada suara air mengalir, misalnya aliran sungai atau bisa di dekat akuarium dan kamar mandi. Hal ini akan menjadi terapi alami untuk kacer memulihkan dirinya sendiri.
  4. Selama masa pemulihan dari ngedropnya itu, siapkan beberapa jenis pakan tambahan yang bermanfaat seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Berikan pakan tersebut dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  5. Untuk mempercepat proses pemulihan kondisi dan mentalnya, maka setiap hari secara rutin kacer harus mendapatkan suplemen mulvitamin tambahan seperti Sup Plus Bird. Vitamin ini sudah dipercaya di banyak kalangan kicaumania karena kandungan dan manfaatnya yang baik untuk burung peliharaan, termasuk membantu pemulihan burung yang stres, macet bunyi, dan ngedrop mental.
  6. Lakukan pengembunan rutin setiap pagi, lalu dilanjut dengan mandi menggunakan karamba mandinya. Penjemuran dilakukan seperlunya saja atau tidak lebih dari 1 jam.
  7. Siang s/d sore kacer dikerodong lalu diberikan pemasteran ulang untuk menambah variasi suara kicauannya, sekaligus memancing agar burung kembali gacor.
  8. Pada sore harinya, kacer kembali diberikan pakan tambahannya seperti biasa.
    Malam hari burung bisa diberikan terapi mandi malam yang disesuaikan kebutuhan.

Jika rutin melakukan pola rawatan di atas, maka tidak butuh waktu lama kacer akan kembali pulih kondisinya dan siap untuk dilombakan kembali.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Sup Plus Bird adalah suplemen khusus multivitamin yang memiliki banyak manfaat jika rutin dikonsumsi kacer dan burung peliharaan lainnya. Vitamin ini kini bisa dengan mudah didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee. Sedangkan jika ingin memesannya secara langsung dapat dilakukan dengan mengirimkan pesan Whatsapp ke no: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Mengenal Burung Cardinal ( Virginia Nightingale )

Bulunya yang indah, gerakan yang anggun dan suara yang penuh power, spesis burung ini mampu melampaui smua kerabatnya di benua amerika, dikenal dengan nama burung merah, Nightingale Virginia dan Cardinal.bisa ditemui di wilayah wilayah yang masuk kedalam benua amerika termasuk bagian selatan serta semenanjung florida. sebagian besar bahkan bisa ditemukan di daerah Ohio, dengan penyebaran […]
Read more

Empat cara atasi burung yang kurang jemur

Sinar matahari penting bagi semua mahluk hidup. Jika rutin dijemur setiap pagi burung akan jadi lebih aktif dan rajin berkicau. Tapi bagaimana jika kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan penjemuran? Untuk itu, silakan simak empat cara atasi burung yang kurang jemur berikut ini. More from my siteCara pemberian plangkringan lovebird yg benarCara melatih mental burung […]
Read more
murai batu cabut bulu

Tips dan cara mengatasi murai batu sering cabut bulu

Cabut bulu adalah sebuah kondisi ketika burung mengalami masalah, baik yang berkaitan dengan fisik, mental, maupun birahinya. Hal seperti ini sangat umum dijumpai pada beberapa jenis burung peliharaan, termasuk murai batu. More from my siteTips memilih dan merawat murai batu kalimantanTips melatih mental murai batu mhCara mengatasi murai batu telat panas saat lombaTips agar murai […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?