Tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi

Suara kicauan sirtu / cipoh yang merdu mengundang ketertarikan banyak kicaumania untuk memeliharanya. Meskipun termasuk jenis burung yang mudah dirawat, tapi untuk menjadikannya rajin bunyi tentu membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Berikut tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi.

Perawatan burung yang memiliki nama latin Aegithina tiphia ini memang gampang-gampang susah, meski gampang dalam perawatannya tapi burung ini dikenal susah bunyi apalagi jika tidak mendapatkan perawatan yang semestinya.

Ada dua jenis burung sirtu atau cipoh yang banyak dipelihara kicaumania yaitu cipoh kacat dan cipoh jantung. Dari dua jenisnya tersebut, cipoh kacat termasuk jenis yang cukup mudah dipelihara dan lebih cepat berbunyi.

Berikut tips dan rawatan harian burung sirtu agar rajin bunyi:

A. Tips pengaturan pakan 

Untuk menjadikannya rajin bunyi, maka pengaturan pakan harus mulai diterapkan setiap harinya. Berikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk membantu meningkatkan stamina dan aktivitas hariannya.

Selain voer, pakan tambahan atau EF juga harus diberikan setiap harinya. Ada beberapa jenis serangga yang bisa diberikan sebagai pakan tambahannya yaitu jangkrik, kroto, dan ulat hongkong  atau ulat kandang. Selain itu, bisa juga diberikan pakan lain seperti buah-buahan manis.

Baca:   Kesalahan dalam perawatan jalak suren trotolan

Untuk menjaga kondisi serta membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari, maka pemberian air minum sebaiknya disertai juga dengan penambahan multivitamin Sup Plus Bird yang baik untuk burung.

Suplemen mulvitamin ini memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  1. Menjaga stamina dan daya tahan burung setiap hari,
  2. Menjadikan burung lebih aktiv dan rajin berkicau,
  3. Membuat burung jadi lebih ngotot
  4. Memaksimalkan suara kicauannya,
  5. Mampu mengatasi burung yang macet bunyi.

B. Penggunaan dan penempatan sangkar 

Gunakan sangkar yang berukuran sedang, dengan tenggeran yang terbuat dari material kasar misalnya potongan ranting dari pohon asem atau menggunakan tenggeran ampelas. Pastikan ukuran jeruji tidak lebih lebar dari ukuran tubuhnya untuk mencegah burung lepas. Siapkan tiga buah cepuk yang terdiri dari cepuk voer, cepuk air minum, dan cepuk untuk menaruh EF.

Gantungkan sangkarnya di tempat yang lebih tinggi dari sangkar jenis burung lain yang dipelihara di rumah, karena hal ini terbukti dapat memancing sirtu jadi lebih rajin berbunyi. Selain itu, pastikan juga lokasi tempat menggantung sangkarnya bebas dari gangguan hewan-hewan liar.

Adapun pola rawatan dan settingan agar burung sirtu rajin bunyi adalah sebagai berikut:

  • Setiap pagi burung dikeluarkan untuk diembunkan. Pengembunan dapat dilakukan 30-50 menit sebelum matahari terbit.
  • Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara disemprot halus menggunakan hand sprayer. Penyemprotan tidak perlu sampai basah kuyup, karena penyemprotan halus akan memancingnya mandi dalam cepuk minumnya.
  • Setelah disemprot, burung diangin-anginkan selama 10 menit, berikan pakan tambahan / EF berupa 1 cepuk kroto dan 1-2 ekor jangkrik ukuran kecil. Setelah itu, jemur di bawah sinar matahari sampai pukul 10:00, berikan ulat hongkong sebanyak 2-3 ekor atau ulat kandang satu cepuk kecil.
  • Pada siang hari, pindahkan sangkar ke tempat teduh atau lebih bagus disimpan di tempat yang ada suara air mengalir.
  • Putarkan suara pancingan untuk memancing agar burung mau mengeluarkan siulan khasnya.
  • Sore sampai malam hari, burung diberikan full kerodong .
Baca:   Mengatasi lovebird bunyi sambil buka sayap

Demikian tips dan rawatan burung sirtu agar rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips membuat anis kembang ngerock’n roll

Burung anis kembang punya suara kicauan yang lantang dengan ciri khas lagu-lagunya yang ngeroll. Hal inilah yang menjadikan banyak kicaumania tertarik untuk memeliharanya di rumah, apalagi suaranya yang keras itu dapat menjadi masteran maupun pemancing bunyi. Berikut tips membuat anis kembang ngerock’n roll. More from my siteCara memilih anis kembang bahan prospek jago ngerollCara menyimpan […]
Read more
cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

Bagi sebagian kicaumania, memelihara lovebird yang masih muda atau paud memiliki banyak keuntungan. Selain harganya yang jauh lebih murah, mereka juga bisa melatih dan memaster burung rawatannya sesuai dengan materi yang diinginkan. Sebagai panduan, berikut cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi.  More from my siteKesalahan dalam merawat lovebird paudSettingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda […]
Read more
menjaga kualitas induk lovebird

Settingan lovebird jantan kembali gacor setelah diternak

Seperti lazimnya mahluk hidup yang membutuhkan pasangan untuk berkembang biak, lovebird jantan yang biasa dilombakan pun memiliki naluri yang sama. Setiap tahunnya, lovebird jantan dewasa akan mengalami masa over birahi yang tidak bisa disembuhkan dengan cara apapun kecuali dipasangkan betina atau untulan.  More from my siteTips lovebird main nagen di satu titikHindari!! Kebiasaan salah dalam […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?