murai batu cabut bulu

Tips dan cara mengatasi murai batu sering cabut bulu

Cabut bulu adalah sebuah kondisi ketika burung mengalami masalah, baik yang berkaitan dengan fisik, mental, maupun birahinya. Hal seperti ini sangat umum dijumpai pada beberapa jenis burung peliharaan, termasuk murai batu.

Sedikitnya ada lima penyebab utama mengapa burung murai batu kerap mencabuti bulu-bulunya sendiri alias kanibal, yaitu:

  1. Infeksi kutu / tungau yang memicu iritasi pada kulit,
  2. Burung yang terserang penyakit,
  3. Kekurangan gizi / malnutrisi,
  4. Masalah hormonal,
  5. Drop mental.

Dari kelima faktor penyebab tersebut, gangguan hormonal seperti over birahi (OB) menjadi satu hal yang sering menimpa burung bertipe fighter seperti murai batu.

Biasanya, ketika murai batu mengalami over birahi, maka perilaku yang kemungkinan bisa muncul adalah burung akan mencabuti bulu-bulu di daerah ekornya saja.

Tapi jika masalah ini tidak segera diatasi, maka kondisinya bisa bertambah parah. Cabut bulu bisa menyebar hingga seluruh area kulit mulai dari ekor, sayap, bulu dada dan bulu pahanya. Kalau sudah demikian, maka treatment yang tepat harus segera dilakukan.

Baca:   Tips singkat meloloh piyikan kenari untuk pemula

Berikut tips dan cara mengatasi murai batu sering cabuti bulunya sendiri:

  1. Mengurangi pemberian pakan tambahan atau EF secara berkala, misalnya jangkrik cukup diberikan paling banyak 3 ekor saja setiap pagi dan sore hari. Sedangkan untuk EF lain dihentikan dahulu pemberiannya.
  2. Selama terapi pemulihan, burung tidak dikerodong alias diablak. Simpan sangkarnya di tempat tenang untuk membantu mempercepat pemulihannya. Sangat direkomendasikan digantung di lokasi yang dipenuhi pepohonan.
  3. Hindari mempertemukan atau memperdengarkan suara burung murai batu lainnya, termasuk juga mendekatkan sangkarnya dengan burung berkarakter fighter lain seperti kacer, dsb.
  4. Selama terapi murai batu tidak perlu diberikan perawatan mandi dan jemur. Setiap hari, burung cukup diangin-anginkan saja. Hindari menjemur secara berlebihan karena dapat memicu over birahi.
  5. Menambahkan vitamin Sup Plus Bird untuk mendukung perawatan serta untuk menjaga kondisinya sepanjang hari. Multivitamin tambahan ini juga sangat membantu mengatasi burung yang cabut bulu akibat defisiensi vitamin dan mineral.
  6. Dibutuhkan kesabaran dalam perawatannya.
Baca:   Cara mandi malam untuk burung murai batu 

Demikian tips dan cara mengatasi murai batu yang sering mencabuti bulunya sendiri.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

tanaman liar untuk kenari

Tujuh jenis tanaman liar untuk burung peliharaan

Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan tanaman herbal yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun begitu, manfaat tanaman yang banyak tumbuh liar ini tidak hanya bisa dinikmati manusia saja, beberapa jenis burung peliharaan pun seperti kenari dan lovebird, diketahui sangat menyukainya. Berikut tujuh jenis tanaman liar untuk burung peliharaan. Cara mencegah dan […]
Read more

Mudah dan murah berantas nyamuk

Nyamuk cukup mengganggu dan sangat berbahaya sebagai penyebar berbagai penyakit mematikan. Cairan pembunuh serangga di pasaran kurang efisien dan bahkan membawa dampak sampingan yang serius. Berikut ini cara MUDAH dan MURAH yang bisa dicoba. Cocok untuk segala kondisi pemukiman, sekolah, rumah sakit, dll. Sangat KREATIF bila dikenalkan pada para siswa sekolah untuk dicoba di sekolah dan di […]
Read more

Tips memaksimalkan suara ciblek agar lebih keras

Pada dasarnya karakter vokal ciblek adalah bersuara keras dan lantang, tetapi jika burung ini tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kekuatan vokalnya akan cenderung menurun. Berikut beberapa tips memaksimalkan suara ciblek. Ragam settingan ciblek ngebren ngunciCara merawat ciblek gunung yang macet bunyi:Dongkrak mental ciblek dada putih agar siap tarungCara cepat menjinakkan burung ciblek yang masih […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?