cucak hijau kemasukan suara jelek (1)

Solusi jika cucak hijau kemasukan suara yang tidak diinginkan

Cucak hijau memiliki kemampuan mimikri yang baik. Ia dapat menirukan beragam suara burung yang didengarnya dengan cepat, termasuk pula suara wiwik atau kedasih. Namun masalahnya, tidak semua orang suka cucak hijau mereka kemasukan suara yang tidak diinginkan tersebut. 

Bagi sebagian masyarakat di beberapa daerah, burung wiwik / kedasih dianggap sebagai pembawa sial atau berkaitan dengan sesuatu yang buruk. Bagi kicaumania, suara kedasih yang mendayu-dayu dianggap kurang baik sebagai masteran, sehingga mereka berusaha agar momongannya tidak termaster oleh suara mati tersebut.

Di musim penghujan seperti saat ini, keberadaan burung kedasih akan semakin sering dijumpai baik di desa maupun di perkotaan. Hal ini pula yang menjadikan banyak cucak ijo mania akan coba beragam cara untuk mengusirnya, dan mencegah burung rawatannya kemasukan suara yang tidak diinginkan.

Baca:   Inilah ciri-ciri lovebird fighter dan konslet

Tapi sering terjadi, meski sudah dilakukan berbagai cara untuk mencegahnya, namun cucak hijau masih tetap kemasukan suara yang tidak diinginkan tersebut.

Sebagai panduan, berikut ini beberapa solusi mengatasi cucak hijau kemasukan suara yang tidak diinginkan:

  1. Segera memutarkan suara burung lain dengan volume kencang ketika mulai terdengar suara burung kedasih di sekitar rumah. Hal ini cukup ampuh mengalihkan perhatiannya.
  2. Tempelkan burung masteran yang mempunyai suara dominan tembakan seperti ciblek, cililn, cucak jenggot, atau lovebird. Proses pemasteran ulang ini bertujuan agar cucak hijau melupakan suara buruk tersebut dan membawakan lagu-lagu baru.
  3. Untuk sementara cucak hijau dijauhkan dari burung yang bersuara mengalun atau mirip siulan. Hal ini untuk mencegah cucak hijau terpancing untuk kembali mengeluarkan suara mati tersebut.
  4. Meningkatkan porsi pakan tambahan atau EF dan pemberian multivitamin seperti Sup Plus Bird dapat membantu menjadikan burung cucak hijau makin aktif dan rajin bunyi, sehingga ia akan berkicau dengan suara yang lebih bervariasi.
Baca:   5 Cara meningkatkan stamina burung cucak hijau di lapangan

Itulah beberapa solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi burung cucak hijau yang kemasukan suara yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

atasi kenari macet bunyi

Inilah solusi jitu atasi kenari macet bunyi

Kenari yang rajin berkicau dengan suara yang lantang tentu akan membuat pemiliknya sumringah. Selain bisa menghibur tuannya dengan lagu-lagu yang bervariasi, kenari yang demikian juga dianggap sudah memenuhi syarat untuk dilombakan. Tips mengenali ciri-ciri kenari yang siap lombaCara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenariMengatasi kenari yang ngeriwik saja dengan daun binahongKenari gacor jadi ngeriwik? […]
Read more

Perawatan murai batu over birahi

Saat birahi murai batu terlalu tinggi (over birahi) maka perilakunya pun akan cenderung berubah dan tidak segacor seperti biasanya. Kondisi ini umumnya dipengaruhi oleh faktor rawatan dan asupan pakannya. Berikut perawatan jika murai batu over birahi. Tips mengatasi murai batu yang susah mabungTips agar murai batu paud cepat bunyiTips perawatan murai batu tetap fit dan […]
Read more

Tips merawat burung cucak rawa agar rajin bunyi

13 / 100 Seperti perkutut, cucak rawa adalah jenis burung yang paling melegenda di Tanah Air. Ketenarannya tidak pernah pudar meski zaman telah berganti zaman. Burung yang pernah berjaya di arena lomba era 90-an ini masih tetap diminati oleh banyak penggemar setianya. Suara ropelannya yang khas memberikan nostalgia tersendiri, tak heran kalau harganya lumayan tinggi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?