settingan lovebird single fighter kandang kotak

Settingan lovebird single fighter di kandang kotak

Perawatan lovebird single fighter (SF) dengan menggunakan sangkar kotak umum dilakukan untuk menjaga kestabilan birahinya. Selain itu, ruang geraknya juga menjadi lebih luas sehingga menjadikan burung lebih aktif dan terjaga kondisinya.

Penggunaan kandang kotak dalam perawatan harian lovebird single fighter lebih disukai karena dapat memberi banyak manfaat dibandingkan sangkar kapsul. Kapasitas kandang kotak yang lebih luas menjadikan burung leluasa bergerak, juga pemilik bisa menambahkan perlengkapan lain yang dibutuhkan seperti glodok, bambu setan, asinan, dsb.

Lovebird single fighter yang dirawat menggunakan kandang kotak umumnya memiliki birahi yang lebih stabil, dan gampang sekali terpancing untuk berbunyi. Itu sebabnya, banyak lovebird mania yang mulai menerapkan settingan kandang kotak ini untuk gaconya.

Berikut settingan lovebird single fighter di sangkar kotak:

Persiapan awal

  • Gunakan sangkar kotak yang bersih dengan bagian jeruji tidak berkarat.
  • Sebagai pelengkap jika dibutuhkan, pasangkan batok kelapa di dalamnya.
  • Jika diperlukan bisa ditambah dengan tulang sotong atau tumbukan bata merah.
  • Tenggeran yang digunakan berjumlah dua buah yang dipasang pada jarak yang berjauhan.
  • Tempatkan cepuk pakan dan minum pada masing-masing tenggeran.
Baca:   Tips dan settingan lovebird ngekek jeda rapat

Settingan harian 

  1. Tempatkan burung dalam sangkar kotak tersebut.
  2. Letakkan klobot jagung di lantai kandang. Klobot jagung bermanfaat untuk meredam emosi lovebird.
  3. Untuk kemudahan perawatan, pengembunan bisa dilakukan dengan memindahkan burung ke dalam sangkar kapsul. Dengan demikian, sangkarnya bisa dipindah-pindah ke lokasi yang diinginkan.
  4. Begitu pula dengan mandi dan jemurnya, bisa menggunakan kandang kapsul yang sudah diisi dengan bak mandinya. Setelah itu, dijemur seperti biasanya.
  5. Pada waktu burung dimandikan dan jemur itulah, kita bisa membersihkan kandang kotak dari kotoran dan sisa pakan sebelum digunakan. Nantinya setelah bulu kering, lovebird kembali dipindahkan ke kandang kotaknya.
  6. Selama perawatan hariannya tersebut, usahakan agar lovebird menerima asupan pakan yang baik dan terjaga kualitasnya seperti milet Cinderella. Milet racikan ini memiliki sejumlah manfaat baik untuk lovebird, di antaranya adalah menjadikan lovebird makin aktif dan rajin bunyi, menjaga birahi, dan melancarkan metabolismenya.
  7. Jangan lupa tambahkan jagung setiap hari sebagai extra foodingnya (EF).
Baca:   Cara alternatif tambah durasi ngekek tanpa umbaran

Demikian settingan lovebird single fighter di kandang kotak.

Semoga bermanfaat

Related Articles

pleci bakalan siap lomba

Cara merawat pleci agar rajin bunyi untuk pemula

Pleci atau burung kacamata pernah menjadi jenis burung yang sangat popular di Indonesia. Walaupun bertubuh mungil tapi suara kicauannya bisa terdengar cukup keras. Daya tarik pleci tidak hanya penampilannya saja, tapi irama dan gaya berkicaunnya pun cukup khas. Itu sebabnya, burung ini kerap menjadi perhatian banyak kicaumania, khususnya pemula. Cara merawat pleci bakalan agar jadi […]
Read more

Tahap perawatan burung murai batu umur 1 s/d 5 bulan

Salah satu tujuan kicaumania memelihara burung murai batu trotolan atau paud adalah agar bisa dilatih dengan materi masteran yang diinginkan. Burung yang dimaster sejak usia dini akan menyimpan suara isian dalam memori mereka, sehingga setelah dewasa burung akan mampu berkicau dengan sangat baik. Untuk itu, simak tahap perawatan burung murai batu umur 1 s/d 5 […]
Read more

Settingan pleci cepat ngalas dan ngerol

Ngalas adalah suara khas pleci yang terdiri dari kombinasi besetan dan cuitan. Pleci yang rajin bersuara ngalas biasanya akan dilanjut dengan suara ngerol yang penuh isian. Berikut settingan pleci cepat ngalas dan ngerol. Cara merawat pleci agar rajin bunyi untuk pemulaCara memaster pleci yang baik dan benarEmpat faktor pendukung pleci siap lombaTips merawat pleci tetap […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?