settingan lovebird jantan gestang lomba

Settingan lovebird jantan gestang untuk lomba

Gestang atau gesek tangkringan adalah perilaku unik yang kerap dijumpai pada lovebird yang berjenis kelamin jantan. Biasanya hal ini dipicu oleh birahi yang sudah lama tidak tersalurkan, sehingga burung memilih cara lain sebagai pelampiasannya.

Bagi sebagian lovebird mania, kondisi gestang tersebut tidak dianggap sebagai masalah selama burung masih mau jalan di arena lomba. Namun untuk mendapatkan burung yang tampil stabil di gantangan, tentu membutuhkan penanganan yang perawatan yang benar-benar tepat.

Settingan lovebird jantan gestang untuk lomba

Untuk meredam kebiasaan gestangnya ketika burung akan dilombakan, maka pemiliknya harus menyediakan pasangan atau untulan. Ketika mendapatkan pasangan yang benar-benar cocok, saat itulah penampilannya akan tambah maksimal sewaktu dilombakan.

Baca:   Settingan lovebird jantan kembali gacor setelah diternak

Adapun kendala yang muncul saat pemilihan pasangan adalah mencari burung yang mau berjodoh sehingga dibutuhkan waktu dan kesabaran ekstra dari orang yang merawatnya. Setelah mendapatkan pasangan yang tepat, lovebird ditempatkan dalam kandang kotak dengan atau tanpa glodok.

Settingan harian 

  1. Satu jam sebelum matahari terbit, burung diembunkan.
  2. Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara semprot basah atau menggunakan bak/cepuk .
  3. Pada saat akan dijemur, burung dipindahkan ke dalam sangkar bulat untuk memudahkan proses penjemurannya. Penjemuran dilakukan dengan settingan kencang, yaitu sampai pukul 10:30 – 11:30.
  4. Selesai dijemur, burung diangin-anginkan sebentar lalu dikembalikan ke dalam kandang kotak untuk disatukan bersama pasangan / untulannya. Biasanya setelah dijemur lama, lovebird akan langsung mengawini pasangannya itu atau buang birahi.
  5. Untuk asupan pakan biji-bijiannya menggunakan milet racikan Cinderella yang dapat menjaga kestabilan birahinya saat digantangan.
  6. Adapun untuk pakan tambahan diberikan jagung dan bayam secara berselang-seling.
  7. Siapkan juga multivitamin Sup Plus Bird untuk menjaga stamina dan daya tahan lovebird gaco dan untulannya.
Baca:   Cara mengatasi lovebird snot

Demikian tips dan settingan lovebird jantan gestang untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Makanan yang tepat untuk cockatiel

Bicara tentang burung cockatiel atau palk yang lazim disebut parkit australia, ternyata masih banyak juga kicau mania yang bingung dengan makanan apa yang harus diberikan pada burung tersebut.sebagai panduan bagi anda yang berniat memiliki burung tersebut, disini akan saya sampaikan beberapa makanan yang sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari burung cockatiel. MAKANAN YANG […]
Read more

Cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi saat lomba

Murai batu yang tak mau bunyi selama lomba berlangsung tentu akan sanga mengecewakan pemiliknya. Di saat yang lain sibuk bekerja, ia malah diam tak bersuara dan cenderung meloncat-loncat aja. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang masih muda dengan mental yang belum stabil, tapi dipaksakan berlomba. Berikut cara mengatasi burung murai batu yang tak mau bunyi […]
Read more
tips cucak hijau ngotot ngentrok di lomba

Tips cucak hijau tampil ngotot di lomba

Ngentrok adalah gaya berkicau yang muncul ketika burung cucak hijau tersulut emosinya. Namun tidak semua cucak hijau akan menunjukkan gaya khasnya tersebut, karena masing-masing burung memiliki karakter ngentrok yang berbeda. Untuk memaksimalkan penampilannya ketika dilombakan, simak tips cucak hijau tampil ngotot berikut ini.  Menyiapkan burung cucak jenggot untuk lombaCara mengatasi murai batu telat panas saat […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?