ciri ciri cucak hijau over birahi

Kenali tanda-tanda cucak hijau over birahi

Over birahi atau birahi yang terlalu berlebihan kerap dialami oleh burung cucak hijau. Ketika mengalami hal tersebut, maka perilaku dan karakternya pun akan cenderung berubah-ubah. Nah, untuk membantu kicaumania mengenali tanda-tanda burung cucak hijau over birahi, silakan simak berikut ini.

Secara umum, ada beberapa ciri-ciri fisik dan perilaku yang muncul ketika burung cucak hijau mengalami kondisi over birahi. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, maka kicaumania bisa segera memberikan penanganan atau tindakan yang lebih lanjut.

Berikut tanda-tanda cucak hijau alami over birahi;

1. Sering memelet-meletkan lidahnya 

Memelet-meletkan lidah yang kadang disertai juga dengan gelengan kepala adalah tanda umum cucak hijau yang sedang mengalami over birahi. Bahkan perilaku ini tak jarang sering disertai dengan suara kriwikan halus.

Kalau sudah mengeluarkan perilaku tersebut, maka burung akan menjadi jarang berkicau sehingga dibutuhkan penanganan lanjutan untuk mengatasinya.

2. Ngebalon atau mengembangkan bulu-bulunya

Ciri-ciri lainnya adalah burung sering mengembangkan bulu-bulunya atau istilahnya ngebalon. Cucak hijau yang ngebalon tentu tidak akan bisa tampil maksimal jika dipaksakan untuk ikut lomba.

3. Njegrig atau ngentrok setiap saat 

Cucak hijau terkenal dengan gaya njegrig atau ngentroknya yang khas, namun jika hal tersebut sering dilakukan setiap saat bahkan ketika didekati oleh orang yang merawatnya, maka kemungkinan besar burung tersebut sedang alami over birahi.

4. Berubah galak 

Perubahan perilaku lainnya yang muncul adalah burung cucak hijau yang mendadak jadi tambah galak. Hal ini biasanya terlihat ketika burung sedang digoda atau didekati tangan, jika tiba-tiba saja burung berubah perilakunya menjadi galak, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh kondisinya yang sedang over birahi. Tak jarang, perilaku galak ini disertai juga dengan bulu-bulu di kepala yang dinaikkan atau ngentrok.

Cucak hijau yang mendadak galak tersebut tentu tidak akan bisa tampil di gantangan, karena burung cenderung ngeruji atau akan mengejar-ngejar burung lain di lapangan.

5. Mendadak diam 

Selain berubah galak, over birahi juga bisa menyebabkan beberapa burung cucak hijau menjadi pendiam. Jika sebelumnya burung terpantau sangat rajin berbunyi, namun ketika mengalami over birahi yang dipicu oleh asupan pakan atau perawatan, maka ia akan menjadi jarang bunyi atau pendiam.

Nah, itulah beberapa tanda cucak hijau yang mengalami over birahi. Untuk mengatasinya, silakan simak tips berikut ini:

Cara mengatasi cucak hijau yang over birahi

Semoga bermanfaat

Related Articles

Rawatan burung Cucak Hijau

Walaupun memiliki nama Cucak Hijau, ternyata burung ini bukanlan termasuk kedalam jenis burung cucak – cucakan atau merbah dan juga tidak satu keluarga dengan Cucak Rawa ataupun juga Cucak Jawa. Cucak hijau yang memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati ini adalah sejenis burung cica-daun besar yang warna pada tubuhnya didominasi dengan warna hijau. Burung Cucak Hijau […]
Read more
merawat kenari anakan

Tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyi

Merawat kenari yang masih anakan tentu membutuhkan kesabaran tersendiri, apalagi sebagian besar burung kenari baru akan berbunyi nyaring setelah berumur dewasa. Walaupun begitu, banyak kicaumania yang tertarik memelihara kenari anakan karena harga yang jauh lebih murah, dan juga karena lebih gampang dilatih. Sebagai panduan, berikut tips perawatan kenari anakan agar kelak rajin bunyi.
Read more

Kenari Japan Hoso

Bagi anda yang baru mendengar kenari jenis Hoso Jepang atau Japan Hoso, kenari ini merupakan kenari silangan yang dilakukan para penangkar kenari di Jepang dengan menyilangkan kenasi Scoth-Fancy dengan kenari lokal mereka. Pada awalnya para penangkar ini ingin menciptakan varietas Kenari Postur yang lebih baru dan akhirnya dikenal dengan nama Japan Hoso. Pada masa-masa pertama […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by