ciri cendet siap lomba

Inilah ciri-ciri cendet siap lomba

Walaupun cendet termasuk dalam kategori jenis yang umum dilombakan, tapi kita tidak bisa begitu saja menggantangnya di lapangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membawanya ke arena lomba, seperti daya tahan fisik, mental, dan kualitas suaranya. Untuk mengetahui apakah burung sudah siap untuk digantang atau belum, simak ciri-ciri cendet siap lomba berikut ini.

Memasuki musim kawin / bersarang, cendet yang sudah berada dalam kondisi yang sangat fit dengan birahi yang optimal maka akan dapat dengan mudah bersaing dengan para pejantan lain untuk memperebutkan burung betina di dalam liar.

Kondisi yang sama bisa ditemukan ketika cendet digantang di lapangan yang diikuti oleh beberapa ekor burung dewasa yang sudah siap fisik dan mentalnya. Nah, ketika burung yang belum siap dipaksakan untuk bertanding, maka yang terjadi kemudian adalah cendet akan stres dan mudah ngedrop.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kicaumania untuk bisa mengetahui ciri-ciri cendet yang siap lomba. Dengan demikian, bisa diberikan perawatan khusus lomba agar kelak bisa tampil maksimal.

Berikut beberapa ciri cendet yang sudah siap dilombakan:

1. Mengamati bulu sayap dan ekor 

Secara umum, burung cendet yang sudah berada dalam kondisi fit akan selalu mengapitkan kedua sayapnya hingga posisi rapat dan menyilang. Begitu pula dengan bulu ekor yang akan saling menumpuk hingga membentuk angka 1.

Baca:   Tips melatih cendet agar gacor dan bermental tempur

Kondisi seperti inilah yang harus menjadi perhatian cendet mania sebelum melombakan burung kesayangannya tersebut. Posisi sayap yang menyilang dan bulu ekor menyatu membentuk kesatuan menjadi salah satu tengara atau ciri-ciri bahwa cendet sudah siap untuk dilombakan.

2. Mengamati muntahan

Salah satu perilaku unik tapi umum ditunjukkan oleh cendet adalah kebiasaannya memuntahkan pakan yang tidak dapat dicerna oleh tubuhnya. Biasanya, bentuk muntahan yang menandakan bahwa cendet dalam kondisi fit dan siap lomba adalah berbentuk lonjong dan padat atau tidak encer / berair.

3. Mengamati kotoran 

Selain muntahan, bentuk kotoran yang dihasilkan cendet juga bisa menjadi acuan dalam pemilihan burung yang siap lomba. Kotoran yang berbentuk kecil, padat, tidak berwarna menjadi ciri-ciri umum yang menandakan bahwa kondisinya sedang sangat fit sehingga siap untuk dilombakan.

4. Mendengarkan suara 

Ciri-ciri lain adalah suara kicauan dari cendet tersebut. Cendet yang siap lomba akan mempunyai suara kicauan yang lebih kencang dan penuh variasi. Tak jarang, burung akan menjadi lebih rajin bunyi / gacor daripada biasanya. Selain itu, kualitas suara kicauannya pun dapat menentukan siap tidaknya burung dilombakan. Jika suaranya terdengar parau atau serak, tentu harus dicari tahu apa masalahnya.

Settingan cendet agar siap lomba 

Setelah mendapatkan cendet yang siap lomba dengan ciri-ciri tersebut di atas, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan settingan atau pola rawatan yang sesuai kebutuhannya.

Baca:   Cara merawat ciblek bakalan sampai gacor

Untuk menjaga birahinya agar tetap stabil, maka cendet harus mendapatkan asupan pakan yang kaya protein secara berimbang setiap harinya. Begitu juga engan pola rawatan lain seperti mandi maupun jemurnya. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, atau sesuai kebiasaan dan karakternya, maka cendet akan mudah sekali masuk pada tahap Top Form sehingga akan mampu tampil maksimal di gantangannya.

Untuk itu, menjaga kondisi fisik, stamina, dan daya tahannya wajib dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Caranya adalah memberikan tambahan vitamin seperti Sup Plus Bird secara teratur.

Beberapa hari sebelum lomba, cendet diberikan suplemen mulvitamin Sup Plus Bird dengan cara diteteskan pada kroto atau jangkrik, atau bisa juga dicampurkan dengan air minumnya.

IMG 20190828 WA0032

 

Mengkonsumsi Sup Plus Bird secara rutin dan teratur, akan menjadikan cendet memiliki stamina dan mental yang lebih baik, selain itu juga dapat membuatnya tampil lebih ngotot dan fighter.

Itulah ciri-ciri umum cendet siap lomba yang perlu diketahui kicaumania.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips & Trik memulihkan burung branjangan macet bunyi

7 / 100 Banyak kicaumania yang mengaku cukup kesulitan saat merawat burung branjangan. Salah satu permasalahan paling umum adalah burung rawatannya yang tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya dengan kencang. Bahkan tak sedikit juga yang burungnya macet bunyi meski sudah dirawat cukup lama. Membuat desinfektan alami dari jeruk lemonTips rawatan kepodang emas agar cepat bunyi […]
Read more
mencetak kenari isian

Tips mencetak kenari isian yang berkualitas

75 / 100 Mencetak kenari isian agar memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi bisa dilakukan dengan rutin melakukan pemasteran. Namun hal itu bukan perkara yang mudah, karena dibutuhkan ketekunan dan kesabaran agar burung mampu menguasai lagu-lagu masterannya. Berikut tips mencetak kenari bersuara isian. Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropelTips jika kenari bertelur di […]
Read more

Penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya

Burung yang bondol atau kehilangan bulu ekor akan membuat penampilannya jadi kurang menarik. Biasanya, bulu ekor yang rontok disebabkan oleh burung yang sedang mabung, atau bisa juga karena sebab lain. Berikut penyebab bulu ekor burung tidak tumbuh dan cara mengatasinya. Mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasiVitamin agar anis merah cepat ngeplongCara merawat burung cucak […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?