ciri cendet siap lomba

Inilah ciri-ciri cendet siap lomba

Walaupun cendet termasuk dalam kategori jenis yang umum dilombakan, tapi kita tidak bisa begitu saja menggantangnya di lapangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membawanya ke arena lomba, seperti daya tahan fisik, mental, dan kualitas suaranya. Untuk mengetahui apakah burung sudah siap untuk digantang atau belum, simak ciri-ciri cendet siap lomba berikut ini.

Memasuki musim kawin / bersarang, cendet yang sudah berada dalam kondisi yang sangat fit dengan birahi yang optimal maka akan dapat dengan mudah bersaing dengan para pejantan lain untuk memperebutkan burung betina di dalam liar.

Kondisi yang sama bisa ditemukan ketika cendet digantang di lapangan yang diikuti oleh beberapa ekor burung dewasa yang sudah siap fisik dan mentalnya. Nah, ketika burung yang belum siap dipaksakan untuk bertanding, maka yang terjadi kemudian adalah cendet akan stres dan mudah ngedrop.

Oleh karena itu, penting sekali bagi kicaumania untuk bisa mengetahui ciri-ciri cendet yang siap lomba. Dengan demikian, bisa diberikan perawatan khusus lomba agar kelak bisa tampil maksimal.

Berikut beberapa ciri cendet yang sudah siap dilombakan:

1. Mengamati bulu sayap dan ekor 

Secara umum, burung cendet yang sudah berada dalam kondisi fit akan selalu mengapitkan kedua sayapnya hingga posisi rapat dan menyilang. Begitu pula dengan bulu ekor yang akan saling menumpuk hingga membentuk angka 1.

Kondisi seperti inilah yang harus menjadi perhatian cendet mania sebelum melombakan burung kesayangannya tersebut. Posisi sayap yang menyilang dan bulu ekor menyatu membentuk kesatuan menjadi salah satu tengara atau ciri-ciri bahwa cendet sudah siap untuk dilombakan.

2. Mengamati muntahan

Salah satu perilaku unik tapi umum ditunjukkan oleh cendet adalah kebiasaannya memuntahkan pakan yang tidak dapat dicerna oleh tubuhnya. Biasanya, bentuk muntahan yang menandakan bahwa cendet dalam kondisi fit dan siap lomba adalah berbentuk lonjong dan padat atau tidak encer / berair.

3. Mengamati kotoran 

Selain muntahan, bentuk kotoran yang dihasilkan cendet juga bisa menjadi acuan dalam pemilihan burung yang siap lomba. Kotoran yang berbentuk kecil, padat, tidak berwarna menjadi ciri-ciri umum yang menandakan bahwa kondisinya sedang sangat fit sehingga siap untuk dilombakan.

4. Mendengarkan suara 

Ciri-ciri lain adalah suara kicauan dari cendet tersebut. Cendet yang siap lomba akan mempunyai suara kicauan yang lebih kencang dan penuh variasi. Tak jarang, burung akan menjadi lebih rajin bunyi / gacor daripada biasanya. Selain itu, kualitas suara kicauannya pun dapat menentukan siap tidaknya burung dilombakan. Jika suaranya terdengar parau atau serak, tentu harus dicari tahu apa masalahnya.

Settingan cendet agar siap lomba 

Setelah mendapatkan cendet yang siap lomba dengan ciri-ciri tersebut di atas, maka langkah selanjutnya adalah menerapkan settingan atau pola rawatan yang sesuai kebutuhannya.

Untuk menjaga birahinya agar tetap stabil, maka cendet harus mendapatkan asupan pakan yang kaya protein secara berimbang setiap harinya. Begitu juga engan pola rawatan lain seperti mandi maupun jemurnya. Jika dilakukan dengan cara yang tepat, atau sesuai kebiasaan dan karakternya, maka cendet akan mudah sekali masuk pada tahap Top Form sehingga akan mampu tampil maksimal di gantangannya.

Untuk itu, menjaga kondisi fisik, stamina, dan daya tahannya wajib dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan. Caranya adalah memberikan tambahan vitamin seperti Sup Plus Bird secara teratur.

Beberapa hari sebelum lomba, cendet diberikan suplemen mulvitamin Sup Plus Bird dengan cara diteteskan pada kroto atau jangkrik, atau bisa juga dicampurkan dengan air minumnya.

 

Mengkonsumsi Sup Plus Bird secara rutin dan teratur, akan menjadikan cendet memiliki stamina dan mental yang lebih baik, selain itu juga dapat membuatnya tampil lebih ngotot dan fighter.

Itulah ciri-ciri umum cendet siap lomba yang perlu diketahui kicaumania.

Semoga bermanfaat

Related Articles

cara merawat lovebird paud dengan milet volume+

Milet Volume + bikin lovebird gacor dan ngekek panjang Hai lovebird mania, pasti lovebird mania khususnya pemula sangat bingung cara merawat lovebird untuk dijadikan lomba. Perawatan lovebirdpun sangat bermacam-macam penerapan untuk lovebird paud maupun dewasa. Dan disini kami akan membahas tentang perawatan lovebird paud. Banyak lovebird mania yang banyak bertanya tentang makanan untuk lovebird paud […]
Read more
merawat kenari anakan

Cara efektif memaster anak kenari

Pemasteran bisa dilakukan sejak burung yang akan dilatih berumur masih sangat muda atau anakan. Tapi untuk mendapatkan hasil masteran yang lebih baik, maka proses pemasterannya harus dilakukan dengan tata cara yang tepat. Berikut beberapa cara efektif memaster anak kenari.
Read more
merawat lovebird umur 1-3 bulan

Settingan lovebird umur 1-2 bulan agar ngekek panjang dan siap lomba

Untuk menjadikan lovebird balibu atau berumur di bawah lima bulan mempunyai suara ngekek dengan durasi yang panjang, maka perawatan dan pelatihan rutin harus mulai dilakukan sejak burung tersebut masih berumur 1 – 3 bulan. Dengan demikian, pada bulan-bulan berikutnya, mereka akan berada dalam kondisi yang siap lomba
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by