ciri cendet jantan

Ciri-ciri cendet anakan/trotolan jantan

Cendet yang berjenis kelamin jantan banyak dicari karena memiliki suara kicauan yang lebih menarik dan bervariasi. Burung ini memang dikenal dengan kemampuannya  dalam menirukan suara, bahkan suara yang aneh-aneh saja pun mampu ditirunya dengan baik. Untuk panduan, berikut cara mengenali ciri-ciri cendet anakan/trotolan jantan.

Banyak kicaumania tertarik memelihara burung yang masih anakan atau trotolan. Alasannya cukup beragam, mulai dari ingin dilatih dengan berbagai atraksi hingga agar burung mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi dan mental yang bagus.

Bagi cendet mania, alasan utama memilih burung yang masih trotolan tersebut adalah untuk disiapkan sebagai burung lomba. Dengan begitu, perawatannya akan disertai dengan pelatihan-pelatihan dan pemasteran.

Ada beberapa kriteria dalam pemilihan cendet trotolan, beberapa di antaranya adalah sehat, tidak cacat fisik, dan berjenis kelamin jantan. Nah, sebagai panduan bagi pemula, berikut tips mengenali ciri-ciri cendet trotolan yang berjenis kelamin jantan:

  • Pada umumnya, kepala anakan cendet jantan memiliki bentuk pipih/papak dan tidak bulat seperti cendet betina.
  • Memilki alis mata atau topeng dengan warna hitam yang lebih tegas dan tajam.
  • Cendet trotolan jantan mempunyai pandangan atau sorot mata yang lebih tajam dan tidak sayu, serta terlilhat seperti melotot.
  • Warna corak putih di area sayap yang lebih jelas, serta warna hitam di bagian luar yang lebih tegas.
  • Secara umum, cendet jantan mempunyai warna bulu hitam yang lebih tajam dan tegas di setiap bagian tubuhnya. Begitu pun pada ekornya, cendet trotolan jantan akan mempunyai bentuk ekor yang menyatu dengan warna yang lebih tajam dan tegas.
  • Saat berdiri di tenggerannya pun, cendet trotolan jantan akan terlihat lebih gagah dengan kaki-kaki yang kokoh mencengkeram tenggerannya.
  • Suara yang keluar dari cendet trotolan jantan terdengera lebih keras dan tajam.
Baca:   Memulihkan performa burung cendet usai mabung

Itulah beberapa ciri-ciri cendet trotolan jantan.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

mandi lovebird

Cara memandikan lovebird yang benar

Mandi menjadi rutinitas penting yang tidak bisa dipisahkan dari perawatan burung ocehan. Selain bisa membersihkan bulu dari debu dan kotoran, mandi juga bisa membantu mengurangi gatal. Sebagai panduan, simak cara memandikan lovebird yang benar berikut ini.¬† Cara setting lovebird lomba malamKesalahan dalam merawat lovebird paudSettingan lovebird paruh merahCara meloloh anakan lovebird yang baik dan benarSetingan […]
Read more

Tips cegah kacer gemuk dan cara mengatasinya

Meskipun kegemukan bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan, namun burung yang alami kegemukan cenderung memiliki performa yang terus menurun. Pada burung kacer, kondisi justru bisa menyebabkan burung malas berbunyi atau bahkan jadi sering ngebagong / mbalon. Bagaimana solusi pencegahan dan cara mengatasinya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Tips untuk burung kacer yang menurun performanya di lapanganSettingan […]
Read more
cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi

Bagi sebagian kicaumania, memelihara lovebird yang masih muda atau paud memiliki banyak keuntungan. Selain harganya yang jauh lebih murah, mereka juga bisa melatih dan memaster burung rawatannya sesuai dengan materi yang diinginkan. Sebagai panduan, berikut cara merawat lovebird paud agar rajin bunyi.¬† Kesalahan dalam merawat lovebird paudSettingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapatTips menyiapkan lovebird […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?