cara merawat kacer mabung yang benar

Cara merawat kacer mabung yang benar

Sebagian besar spesies burung baik yang hidup di alam maupun peliharaan pasti akan mengalami masa mabung atau molting. Mabung merupakan tahapan penting bagi burung sehingga harus dirawat dengan ekstra perhatian. Berikut cara merawat kacer mabung yang benar.

Cara merawat kacer mabung yang benar sangat penting dilakukan agar setelah mabung selesai penampilannya tidak berubah baik di rumah maupun di lapangan. Banyak kasus, kacer yang tidak mendapatkan perawatan tepat selama mabung akan menjadi burung rusak sehingga tidak bisa tampil di arena lomba.

Ciri-ciri kacer sedang mabung 

Mengenali ciri-ciri kacer mabung perlu diketahui agar si pemilik dapat segera memberikan perawatan yang dibutuhkan. Ada beberapa ciri-ciri kacer mabung, di antaranya adalah:

  1. Adanya bulu-bulu halus berserakan di dasar sangkar,
  2. Bulu-bulu burung terlihat tidak rapih.
  3. Bulu ekor mengembang tidak teratur.
  4. Burung menjadi malas bunyi dan kurang aktif dari biasanya.

Masa mabung kacer umumnya berlangsung dalam rentang waktu 1 s/d 3 bulan. Jika mendapatkan perawatan yang tepat, maka tahapan mabung tersebut akan bisa berlangsung lebih cepat.

Berikut cara merawat kacer mabung yang benar:

Setelah mengenali ciri-ciri burung akan mabung, maka lakukan perawatan berikut ini:

  • Memberikan pakan tambahan atau EF lebih banyak dari biasanya. EF bisa terdiri dari jangkrik, krotok, dan ulat hongkong yang diberikan selama 1 minggu. Tambahkan juga mutivitamn Sup Plus Bird yang sangat bermanfaat sebagai tambahan energi yang membantu menjaga kondisi dan meningkatkan stamina yang dibutuhkan burung untuk meluruhkan bulu-bulunya.
  • Setelah 1 minggu, pemberian EF dihentikan atau dikurangi jumlahnya untuk sementara waktu. Kacer hanya diberikan pakan voer saja, atau jika diperlukan cukup diberikan EF 1 ekor saja setiap hari.
  • Selama perawatannya itu pula, sangkar setiap hari harus selalu dibersihkan untuk membuang kotoran maupun bulu-bulu yang berserakan di lantai sangkarnya. Hal ini berguna untuk mencegah munculnya jamur, parasit, maupun bakteri yang dapat mengganggu proses mabungnya.
  • Berikan full kerodong,lalu burung diletakkan di tempat sejuk dan aman dari gangguan hewan pengganggu maupun binatang peliharaan lainnya.
  • Jaga kualitas air minum selama proses mabung berlangsung. Segera ganti jika air sudah terlihat kotor atau berjamur.
  • Setelah bulu-bulu baru mulai tumbuh, kacer bisa dimandikan dengan cara semprot atau menggunakan karamba mandinya. Setelah itu, jemur lalu berikan 3-5 ekor jangkrik.
  • Berikan Sup Plus Bird secara rutin untuk membantu burung menumbuhkan bulu-bulu baru tanpa terganggu kesehatan dan kondisinya.
  • Selama proses tersebut, sangkar tidak perlu dikerodong lagi, dan burung mulai menjalani pengembunan secara teratur.

Lakukan pola rawatan di atas agar kacer menjadi lebih aktif dan rajin bunyi setelah mabung usai. Untuk mendapatkan Sup Plus Bird bisa dilakukan dengan cara melakukan pembelian melalui market place online seperti Tokopedia, Bukalapak, maupun Shopee.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Sup Plus Bird bisa juga dipesan langsung melalui aplikasi Whatsapp di nomor:  087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Meracik pakan agar ciblek makin ngotot dan gacor

Selain dirawat dan dimaster, ciblek membutuhkan asupan pakan yang kaya nutrisi untuk membuatnya tetap rajin bunyi. Demi memenuhi kebutuhannya itu, banyak kicaumania akan membuat sendiri pakan racikan untuk momongannya itu. Salah satunya adalah meracik pakan berikut ini yang dipercaya mampu jadikan ciblek makin ngotot dan gacor.
Read more

Tips memilih dan mengenal lebih dekat dengan muray borneo

Murai Batu yang dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus dan oleh orang Eropa biasa disebut white rumped shama secara global penyebarannya sangat luas, mulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia hingga Sunda Besar. Di Indonesia burung yg termasuk dalam rumpun Turdidae ini banyak sekali jenisnya yang di kalangan hobbiest dibedakan berdasar daerah […]
Read more

Mengenali permasalahan dalam penangkaran lovebird

Love bird banyak dicari dan dipelihara untuk masteran, lomba ataupun dikembang biakan melalui penangkaran. Banyak dari kita yang berhasil mengembang biakan burung yang cukup populer ini dan banyak juga yang mengaku mengalami kesulitan terutama dalam masalah reproduksi, misalnya burung yang terlihat kawin tetapi tidak kunjung bertelur atau burung yang berhasil bertelur tetapi nyatanya telur tersebut […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by