lovebird didis di gantangan

Cara mengatasi lovebird didis di gantangan

Banyak penyebab lovebird tidak bisa tampil bagus sewaktu dilombakan. Selain karena burung yang selalu kepo atau nakal, lovebird yang sering didis atau nyisir di gantang juga bisa menjadikan penampilannya jadi kurang maksimal. Berikut cara mengatasi lovebird didis di gantangan.

Didis, nyisir, atau bersolek {preening} adalah perilaku yang lazim dijumpai pada mahluk hidup berbulu seperti burung dan unggas lainnya. Hal ini dilakukan untuk kebersihan sekaligus merawat bulu-bulunya dari kerusakan maupun kutu.

Namun jika perilaku didis itu sering dilakukannya ketika sedang dilombakan atau digantangan, maka penampilannya akan terganggu. Lovebird tidak bisa tampil seperti biasa, sehingga mengurangi penilaian dari para juri.

Pada umumnya, didis bisa terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  • Lovebird kurang mental atau belum siap lomba atau bisa juga karena sedang ngedrop mentalnya.
  • Ada infeksi parasit pada kulit dan bulu, seperti tungau bulu atau kutu.
    Kondisi burung sedang over birahi alias OB.
  • Bulu sudah rusak, kotor, atau terbalik/terputar sehingga burung mencoba untuk merapikannya kembali.
  • Dan sebagainya.
Baca:   Tips membuat pleci gacor tanpa doping

Cara mengatasi lovebird didis di gantangan:

  • Sebelum naik gantangan, bulu burung dan tenggerannya disemprot halus menggunakan hand sprayer.
  • Penyemprotan bisa juga dilakukan dengan menggunakan air perasan lidah buaya, karena lidah buaya memiliki manfaat baik sebagai anti bakteri dan anti jamur. Selain itu juga cukup ampuh memberikan rasa nyaman pada bulu-bulunya.
  • Melatih mentalnya dengan cara meletakkan sangkarnya di tempat ramai.
  • Memberikan terapi mandi malam dan pengumbaran.
  • Memisahkan lovebird dari keberadaan burung sejenis sejak H-3 lomba. Hal ini berguna untuk mengumpulkan energi sekaligus menjaga kestabilan birahinya sebelum naik gantangan.
  • Memberikan suplemen vitamin Sup Plus Bird¬†sebelum dilombakan.
  • Mengganti pakan dengan milet putih yang berkualitas tinggi seperti Milet Cinderella atau Milet Volume.
Baca:   Tips dan cara merawat burung cockatiel si parkit australia

Itulah beberapa cara mengatasi lovebird didis di gantangan.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips mengatasi burung anis merah yang sering ngecir

Sobat tahu ngecir? Ngecir adalah istilah yang sering digunakan kicaumania untuk menyebutkan perilaku burung anis merah yang menggetarkan sayapnya sambil bunyi mendesir. Perilaku ini sering dikait-kaitkan dengan jenis kelamin, padahal ngecir bisa saja terjadi pada burung jantan dan betina. Empat penyebab anis merah ngedropSolusi untuk burung anis yang kegemukan agar cepat gacorTips membuat anis kembang […]
Read more

Gejala Penyakit Lovebird dan Cara Penanganannya, Baca Disini!

Penyakit Lovebird – Ternyata banyak sekali penyakit lovebird yang mungkin belum sobat kicau mania ketahui, mulai dari penyakit mata, saraf dan juga penyakit dalam. Terkadang Anda tidak tahu cara menangani suatu penyakit yang menjangkit pada lovebird kesayangan. Sebelum mengobati lovebird, ketahui dulu apa penyebab lovebird terkena penyakit, virus atau bakteri. Bila lovebird terlihat lesu, badan […]
Read more
settingan lovebird paud paruh putih dengan untulan

Mencetak lovebird konslet sejak dini

Lovebird yang ngekek dengan gaya konslet menjadi idaman banyak penggemarnya. Siapa sangka, burung yang mampu ngekek unik tersebut ternyata bisa dihargai lebih tinggi. Itu sebabnya, banyak penghobi lovebird yang kini berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya cepat konslet.¬† Empat cara mencetak lovebird konslet untuk pemulaCara mengkonsletkan lb jantan dengan banyak betinaTahap-tahap menuju lovebird konslet dan settingannyaTips jebol […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?