tips master cendet

Cara cepat dan tepat memaster burung cendet

Pemasteran dilakukan untuk melatih burung peliharaan agar mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi. Secara umum, pemasteran dilakukan dengan menggunakan suara kicauan baik yang berasal dari burung masteran maupun audio rekaman dari mp3. Untuk panduan, berikut cara cepat dan tepat memaster burung cendet.

Proses pemasteran burung cendet akan lebih baik jika dilakukan di waktu-waktu burung sedang tidak aktif, misalnya saat dijemur dan di waktu siang, sore, dan malam hari.

Agar hasilnya menjadi lebih maksimal, ketika akan melakukan pemasteran pastikan burung berada di tempat yang tenang dan jauh dari gangguan, terutama dari suara kicauan burung lain serta suara bising lainnya yang dapat menghambat proses pemasterannya.

Tips berikut ini akan memandu anda bagaimana cara memaster yang cepat dan tepat untuk burung cendet:

  • Lakukan pemasteran di dalam ruangan atau jika tidak memungkinkan bisa dilakukan di teras dengan syarat jauh dari suara lain yang dapat membuat burung tidak fokus terhadap suara masterannya.
  • Gantang sangkar cendet dalam posisi full kerodong di tengah-tengah ruangan, adapun posisi sangkar yang berisi burung masteran diletakkan tidak jauh dari sangkar utama yang berisi cendet. Jika ada 2 – 3 burung masteran, maka posisi sangkar dibuat mengelilingi sangkar cendet.
  • Sedangkan jika menggunakan audio masteran, perangkat pemutar mp3 atau audio player diletakkan di lantai tepat di lokasi menggantungkan sangkar cendet. Putarkan suara masteran dengan volume yang tidak terlalu keras, serta pengaturan audio yang dinormalkan / flat.
  • Jika menggunakan audio masteran, maka maksimal suara kicauan yang diperdengarkan kepada cendet adalah 3 jenis suara kicauan dari burung yang berbeda, bisa divariasikan dengan suara tembakan yang disambung ke suara ngerol, dsb.
  • Proses pemasteran akan menjadi lebih efektif dilakukan ketika burung masih berumur muda atau trotolan. Namun burung dewasa pun dapat juga diberikan pemasteran jika dilakukan dengan sangat rutin dan teratur.
  • Untuk menjadikan cendet lebih fokus terhadap suara masterannya, maka Anda bisa memberikannya Sup Plus Bird, yaitu suplemen khusus yang memiliki banyak manfaat untuk melatih dan mempertajam daya ingatnya selama pemasteran berlangsung.
Baca:   Cara latih cendet agar nagen di satu titik

Sup Plus Bird bisa dibeli melalui market place online seperti di BukalapakTokopedia, dan di Shopee. Selain itu, bisa juga dipesan langsung melalui apikasi Whatsapp di: 087738873034 

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Ciri ciri lovebird hijau yang prospek untuk lomba

Read more

Mengenal burung serindit

Serindit (Bahasa Latin : Loriculus, Eng:Hanging Parrot) adalah burung-burung dalam genus burung paruh-bengkok Loriculus. Burung-burung ini berukuran kecil dan tersebar di hutan tropis di Asia Tenggara. Burung ini kerap dicari untuk memaster burung seperti Anis Merah, Muray Batu , Cendet bahkan Lovebird Merawat burung yang satu ini tidak terlalu sulit. Untuk makanannya cukup diberikan jenis […]
Read more
settingan kacer tipe panas

Settingan kacer tipe panas untuk harian dan lomba

Seperti murai batu, kacer adalah juga burung petarung dengan sifatnya yang sangat agresif dan teritorial. Karena itu pula, spesies burung dari keluarga muscicapidae ini banyak digemari oleh semua kalangan kicaumania. Selain dipelihara sebagai klangenan, kacer juga banyak dipelihara sebagai burung lomba. Sebagai panduan, berikut settingan kacer tipe panas untuk harian dan lomba. More from my […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?