tips master cendet

Cara cepat dan tepat memaster burung cendet

Pemasteran dilakukan untuk melatih burung peliharaan agar mempunyai suara kicauan yang lebih bervariasi. Secara umum, pemasteran dilakukan dengan menggunakan suara kicauan baik yang berasal dari burung masteran maupun audio rekaman dari mp3. Untuk panduan, berikut cara cepat dan tepat memaster burung cendet.

Proses pemasteran burung cendet akan lebih baik jika dilakukan di waktu-waktu burung sedang tidak aktif, misalnya saat dijemur dan di waktu siang, sore, dan malam hari.

Agar hasilnya menjadi lebih maksimal, ketika akan melakukan pemasteran pastikan burung berada di tempat yang tenang dan jauh dari gangguan, terutama dari suara kicauan burung lain serta suara bising lainnya yang dapat menghambat proses pemasterannya.

Tips berikut ini akan memandu anda bagaimana cara memaster yang cepat dan tepat untuk burung cendet:

  • Lakukan pemasteran di dalam ruangan atau jika tidak memungkinkan bisa dilakukan di teras dengan syarat jauh dari suara lain yang dapat membuat burung tidak fokus terhadap suara masterannya.
  • Gantang sangkar cendet dalam posisi full kerodong di tengah-tengah ruangan, adapun posisi sangkar yang berisi burung masteran diletakkan tidak jauh dari sangkar utama yang berisi cendet. Jika ada 2 – 3 burung masteran, maka posisi sangkar dibuat mengelilingi sangkar cendet.
  • Sedangkan jika menggunakan audio masteran, perangkat pemutar mp3 atau audio player diletakkan di lantai tepat di lokasi menggantungkan sangkar cendet. Putarkan suara masteran dengan volume yang tidak terlalu keras, serta pengaturan audio yang dinormalkan / flat.
  • Jika menggunakan audio masteran, maka maksimal suara kicauan yang diperdengarkan kepada cendet adalah 3 jenis suara kicauan dari burung yang berbeda, bisa divariasikan dengan suara tembakan yang disambung ke suara ngerol, dsb.
  • Proses pemasteran akan menjadi lebih efektif dilakukan ketika burung masih berumur muda atau trotolan. Namun burung dewasa pun dapat juga diberikan pemasteran jika dilakukan dengan sangat rutin dan teratur.
  • Untuk menjadikan cendet lebih fokus terhadap suara masterannya, maka Anda bisa memberikannya Sup Plus Bird, yaitu suplemen khusus yang memiliki banyak manfaat untuk melatih dan mempertajam daya ingatnya selama pemasteran berlangsung.
Baca:   Tips membersihkan sisik kaki yang tebal pada burung

Sup Plus Bird bisa dibeli melalui market place online seperti di BukalapakTokopedia, dan di Shopee. Selain itu, bisa juga dipesan langsung melalui apikasi Whatsapp di: 087738873034 

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Settingan pleci cepat ngalas dan ngerol

Ngalas adalah suara khas pleci yang terdiri dari kombinasi besetan dan cuitan. Pleci yang rajin bersuara ngalas biasanya akan dilanjut dengan suara ngerol yang penuh isian. Berikut settingan pleci cepat ngalas dan ngerol. Cara memaster pleci yang baik dan benarCara merawat pleci agar rajin bunyi untuk pemulaEmpat faktor pendukung pleci siap lombaTips merawat pleci tetap […]
Read more

Mengatasi kenari yang ngeriwik saja dengan daun binahong

Kenari yang semula rajin bunyi/gacor kemudian berubah jadi ngeriwik saja setiap harinya bisa disebabkan oleh burung yang kurang kondisi. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beragam terapi untuk mendukung pemulihan kondisinya. Salah satu terapi perawatan yang bisa dilakukan adalah menggunakan daun binahong. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini. Kenari gacor jadi ngeriwik? Ini solusi mengatasinyaKenari […]
Read more

Perawatan burung ciblek sawah agar gacor untuk masteran 

Ciblek sawah memang kurang populer dibandingkan ciblek kebun dan ciblek gunung.Tapi kalau dirawat dengan baik, jenis burung ini mampu berkicau dengan suara tembakan yang sangat keras. Itu sebabnya, ciblek sawah lebih banyak dicari untuk masteran saja. Empat cara merawat burung ciblek mabung yang benarTips agar burung murai air aktif dan rajin bunyiMengatasi burung tledekan gunung […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?