menjaga kualitas induk lovebird

Tips menjaga kualitas indukan lovebird yang diternak

Banyak peternak lovebird memiliki caranya sendiri dalam menjaga kulitas indukan. Selain tidak memaksakan burung indukan untuk terus berproduksi, memperhatian asupan pakan dan vitaminnya pun menjadi upaya peternak demi kelancaran usaha penangkarannya.

Menjaga kualitas indukan lovebird akan dilakukan peternak dengan mencegah indukan kembali berkembang biak setelah melalui masa 2 periode bertelur, yang mana dalam satu periode bertelur hingga perawatan anak-anaknya itu berlangsung selama kurang lebih 3 bulan.

Burung indukan yang terlalu dipaksakan untuk terus berproduksi secara penuh selama satu tahun, maka yang terjadi kemudian adalah penurunan produktivitas dan kualitas telurnya.

Jika indukan yang sebelumya mampu bertelur sebanyak 5-6 butir telur dalam satu periode bertelur, maka pada periode berikutnya jumlah telur akan menurun dengan potensi gagal menetas sebesar 60%.

Menjaga kualitas indukan penting dilakukan para peternak lovebird terutama untuk meningkatkan produktivitas penangkaran. Hal yang umum dilakukan adalah memperhatikan kesehatan dan kondisi indukan dengan memberinya waktu istirahat atau cuti bertelur sekali dalam satu tahun, atau selama 2 s/d 3 minggu.

Selain itu, peternak perlu juga memperhatikan asupan pakan utama, tambahan, dan vitamin. Dengan memperhatikan ketiga hal tersebut, maka indukan bisa memacu produktivitas serta kualitas telur-telur yang dihasilkan lovebird indukan.

Kebutuhan lovebird indukan akan pakan biji-bijian menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Berikan sepasang indukan tersebut pakan yang bagus kualitasnya seperti milet Cinderella.

Baca:   Milet cinderella bikin lovebird gacor

Milet racikan Cinderella ini sangat baik dikonsumsi lovebird indukan. Selain dapat menjaga kondisinya, milet racikan ini diolah dengan bahan-bahan yang kaya manfaatnya serta dapat mencegah salah satu indukan over birahi.

Milet Cinderella juga terbuat dari pakan yang terjaga kualitas dan kondisinya sehingga aman dikonsumsi indukan baik selama periode bertelur hingga merawat anak-anaknya. Adapun untuk melengkapi kebutuhan gizinya, peternak dapat menambahkan extra fooding jagung.

Selain memperhatikan asupan pakannya, menjaga kualitas indukan harus pula dilakukan dengan memberikanya suplemen vitamin tambahan. Kebutuhan vitamin tambahan tersebut sangat vital dan dibutuhkan oleh indukan lovebird, khususnya di periode bertelur, mengeram, hingga perawatan anak-anaknya.

Adapun untuk suplemen vitamin yang dianjurkan adalah Sup Plus Bird yang dapat diberikan pada burung lomba maupun ternak. Sup Plus BIrd mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk lovebird sehingga banyak digunakan lovebird mania di Nusantara.

Baca:   Sup Plus Bird, suplemen khusus burung kicauan

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, maka produktivitas ternak lovebrid akan lebih terpacu dan berkualitas.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, maka peternak bisa menjadikan ternak lovebird mereka lebih terpacu produktivitasnya serta mampu menghasilkan keturunan yang lebih unggul.

Milet Cinderella dan Vitamin Sup Plus BIrd dapai dibeli melalui market place online seperti di TokopediaBukalapak, maupun di Shopee. Bisa juga dipesan langsung melalui pesan whatsapp di nomor admin: 087738873034

Semoga bermanfaat

Related Articles

Tips dan Trik Membeli Burung

SEPERTI halnya membeli barang pada umumnya, membeli burung membutuhkan ketelitian, kejelian dan kesabaran. Apalagi bila calon pembeli adalah masih tarap pemula. Sebelum menjatuhkan pilihan, tentukan maksud dan tujuan pemeliharaan. Apakah hanya sekadar ikut-ikutan trend, memenuhi kesenangan, koleksi, hobi, atau untuk dilombakan (kontes). Bagi penggemar burung, apalagi yang menjadikan burung peliharaannya untuk diikutkan kontes harga memang […]
Read more

Perawatan anis macan

  Nama anis macan atau anis ampenan mungkin masih terdengar asing di kalangan kicau mania. tetapi kicauannya tidak jauh berbeda dengan kerabatnya yaitu anis kembang.  Anis macan yang memiliki nama ilmiah Zoothera dohertyi ini merupakan burung endemik di kepulauan Nusa Tenggara, Sumba dan Timor, keberadaannya sudah jarang ditemui di daerah lain yang juga endemik burung […]
Read more

Ini ciri-ciri kenari yorkshire yang asli

Kenari yorkshire atau YS termasuk jenis kenari impor yang aslinya berasal dari negara Inggris. Selain karena penampilannya yang cantik, tipe kenari ini memiliki aura tersendiri sehingga sangat digemari oleh semua kalangan. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa ciri-ciri kenari yorkshire yang asli. More from my siteKesalahan dalam merawat kenari yorkshireCara memberikan jagung muda pada kenariLima […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?