lovebird macet bunyi

Solusi jitu cegah dan atasi lovebird macet bunyi

Lovebird yang macet bunyi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pola perawatan yang kurang maksimal atau tidak tepat hingga masalah pada kondisi maupun fisiknya. Untuk penanganannya, berikut solusi jitu cegah dan atasi lovebird macet bunyi.

Macet bunyi adalah kondisi ketika burung peliharaan yang biasanya rajin bunyi mendadak berhenti berkicau karena satu dan lain hal. Kondisi seperti ini sangat umum dialami oleh beberapa jenis burung peliharaan, termasuk lovebird.

Lovebird macet bunyi tidak akan bisa tampil seperti biasanya. Selain tidak bisa ikut berlaga di arena lomba, burung yang biasa dijadikan masteran juga tidak akan bisa dinikmati suara ngekeknya.

Walaupun tidak dianggap sebagai sesuatu yang fatal, namun macet bunyi jika tidak segera ditangani dapat memberi dampak buruk bagi penampilannya, apalagi jika kondisi ini disebabkan oleh stres ataupun gangguan penyakit.

Untuk penanganan lovebird yang macet bunyi, berikut beberapa solusi mencegah dan mengatasinya.

  1. Pengembunan – Keluarkan lovebird setiap pagi untuk diembunkan. Pengembunan bermanfaat untuk menjadikan stamina dan daya tahannya lebih baik. Suasana pagi yang dingin dan udara yang masih segar akan menjadi terapi yang sangat bagus untuk mempercepat pemulihan kondisinya. Jika rutin dilakukan, pengembunan bisa menjadi solusi yang ampuh mencegah lovebird macet bunyi.
  2. Sering dimandikan –  Sering memandikan lovebird dengan air dingin atau air yang sudah disimpan lama dalam lemari kulkas bisa menjadi terapi ampuh untuk membantu mengatasi burung yang macet bunyi. Memandikan lovebird bisa dilakukan setiap pagi maupun siang hari, baik dengan cara disemprot maupun mandi dengan cara dipegang.
  3. Ganti pakan – Burung macet bunyi bisa juga diatasi dengan mengubah pola pakan dengan yang lebih terjaga kualitasnya. Untuk lovebird yang macet bunyi, Anda bisa memberikan Milet Manyi yang merupakan milet racikan khusus yang dapat merangsang burung kembali berkicau dengan rajin. Untuk mempercepat pemulihannya, milet Manyi diberikan setiap hari disertai dengan pemberian pakan tambahan berupa jagung dan kangkung.
  4. Beri Untulan – Sering juga terjadi lovebird macet bunyi karena stres tidak ada pasangan. Untuk memancingnya kembali rajin bunyi, berikan pasangan atau untulan pada burung tersebut. Adanya pasangan tersebut dapat memulihkan stressnya sehingga bisa kembali aktif dan gacor.
  5. Tambahkan Sup Plus Bird – Cara terakhir ini bisa menjadi solusi jitu mencegah dan mengatasi lovebird yang macet bunyi. Pemberian vitamin Sup Plus Bird ini baiknya dilakukan secara rutin setiap hari dengan cara diteteskan langsung ke paruh burung maupun dicampurkan dengan air minumnya.
Baca:   Milet Volume

Semoga manfaat

Related Articles

Insektisida sebagai penyebab menurunnya populasi burung

Penelitian terbaru telah mengidentifikasi penggunaan insektisida yang meluas di dunia sebagai faktor kunci dalam penurunan jumlah burung di lahan pertanian. Temuan ini telah mewakili peningkatan signifikan dari bahaya insektisida dan mengikuti penilaian bulan Juni yang memperingatkan bahwa polusi akibat insektisida kini mengancam semua produksi pangan. Insektisida neonicotinoid diyakini membahayakan lebah dan serangga penyerbukan lainnya.Penelitian yang […]
Read more

Cara mengatasi cucak jenggot agresif / galak karena over birahi

4 / 100 Over birahi atau OB dapat memicu perubahan perilaku pada burung yang mengalaminya, salah satunya adalah menjadi agresif atau galak. Kondisi ini juga kerap dijumpai pada burung cucak jenggot yang alami over birahi. Bagaimana mengatasinya? Simak caranya berikut ini.  Milet ManyiCara melatih ciblek agar bersuara ngebrenPakan dan vitamin lovebird agar cepat gacor dan […]
Read more

Cica kopi melayu, burung kicauan alternatif bersuara merdu

Cica Kopi Melayu (Pomortohinus montanus) adalah burung asli dari Indonesia. Burung yang berpenampilan cantik dengan alis putih mencolok dan paruhnya yang panjang melengkung adalah burung yang cukup popular di kalangan penggemar burung di Indonesia. Suara kicauannya mirip-mirip dengan burung poksay, dan cenderung monoton. Meski begitu burung cucak kopi bisa menjadi alternatif burung kicauan di rumah, […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?