lovebird macet bunyi

Solusi jitu cegah dan atasi lovebird macet bunyi

Lovebird yang macet bunyi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pola perawatan yang kurang maksimal atau tidak tepat hingga masalah pada kondisi maupun fisiknya. Untuk penanganannya, berikut solusi jitu cegah dan atasi lovebird macet bunyi.

Macet bunyi adalah kondisi ketika burung peliharaan yang biasanya rajin bunyi mendadak berhenti berkicau karena satu dan lain hal. Kondisi seperti ini sangat umum dialami oleh beberapa jenis burung peliharaan, termasuk lovebird.

Lovebird macet bunyi tidak akan bisa tampil seperti biasanya. Selain tidak bisa ikut berlaga di arena lomba, burung yang biasa dijadikan masteran juga tidak akan bisa dinikmati suara ngekeknya.

Walaupun tidak dianggap sebagai sesuatu yang fatal, namun macet bunyi jika tidak segera ditangani dapat memberi dampak buruk bagi penampilannya, apalagi jika kondisi ini disebabkan oleh stres ataupun gangguan penyakit.

Untuk penanganan lovebird yang macet bunyi, berikut beberapa solusi mencegah dan mengatasinya.

  1. Pengembunan – Keluarkan lovebird setiap pagi untuk diembunkan. Pengembunan bermanfaat untuk menjadikan stamina dan daya tahannya lebih baik. Suasana pagi yang dingin dan udara yang masih segar akan menjadi terapi yang sangat bagus untuk mempercepat pemulihan kondisinya. Jika rutin dilakukan, pengembunan bisa menjadi solusi yang ampuh mencegah lovebird macet bunyi.
  2. Sering dimandikan –  Sering memandikan lovebird dengan air dingin atau air yang sudah disimpan lama dalam lemari kulkas bisa menjadi terapi ampuh untuk membantu mengatasi burung yang macet bunyi. Memandikan lovebird bisa dilakukan setiap pagi maupun siang hari, baik dengan cara disemprot maupun mandi dengan cara dipegang.
  3. Ganti pakan – Burung macet bunyi bisa juga diatasi dengan mengubah pola pakan dengan yang lebih terjaga kualitasnya. Untuk lovebird yang macet bunyi, Anda bisa memberikan Milet Manyi yang merupakan milet racikan khusus yang dapat merangsang burung kembali berkicau dengan rajin. Untuk mempercepat pemulihannya, milet Manyi diberikan setiap hari disertai dengan pemberian pakan tambahan berupa jagung dan kangkung.
  4. Beri Untulan – Sering juga terjadi lovebird macet bunyi karena stres tidak ada pasangan. Untuk memancingnya kembali rajin bunyi, berikan pasangan atau untulan pada burung tersebut. Adanya pasangan tersebut dapat memulihkan stressnya sehingga bisa kembali aktif dan gacor.
  5. Tambahkan Sup Plus Bird – Cara terakhir ini bisa menjadi solusi jitu mencegah dan mengatasi lovebird yang macet bunyi. Pemberian vitamin Sup Plus Bird ini baiknya dilakukan secara rutin setiap hari dengan cara diteteskan langsung ke paruh burung maupun dicampurkan dengan air minumnya.
Baca:   Tips settingan lovebird paud koloni

Semoga manfaat

Related Articles

Akibat pemanasan global burung-burung mulai naik gunung

Banyak spesies burung gunung di daerah tropis yang berpindah ke lereng gunung yang berada dalam jangkauan mereka untuk menghindari suhu yang semakin memanas. Tampaknya spesies dari daerah tropis lebih sensitif terhadap perubahan iklim daripada burung yang berada di daerah subtropis, seperti dilaporkan oleh para peneliti dari Cornell Lab of Ornithology dalam Proceedings of the National […]
Read more

Seputar burung robin

Robin atau dikenal dengan sebutan the Red billed Leiothrix ( Leiothrix lutea ) adalah burung kecil yang sempat populer di tahun 90an. Memiliki ukuran tubuh yang mungil dengan panjang antara 5 – hingga 7 CM burung robin ini yang juga memiliki nama lain yaitu Pekin Robin, Pekin Nightingale, Japanese Nightingale, dan Japanese (Hill) Robin mampu […]
Read more
tips lovebird ngunci konslet

Tips rawatan lovebird ngunci konslet

Banyak cara mencetak lovebird cepat konslet salah satunya dengan metode jebol birahi. Namun untuk menjadikan suara ngekeknya terkunci di satu jalur, maka diperlukan penanganan dan perawatan yang benar-benar sesuai. Sebagai panduan, berikut adalah tips rawatan lovebird ngunci konslet. Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacorPerawatan jalak rio agar rajin bunyi10 Rahasia lovebird tetap aktif dan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?