lovebird paud durasi tambah

Penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya

Sering terjadi lovebinrd yang tadinya rajin ngekek dengan durasi panjang, tiba-tiba berubah jadi pendek-pendek saja, bahkan cenderung jarang bunyi. Mengapa bisa begitu? Yuk simak beberapa penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya berikut ini.

Secara umum, kemampuan ngekek lovebird yang terus menurun durasinya dari yang semula gacor dan berdurasi panjang, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Burung yang stres,
  2. Adanya perubahan suasana baik pada lingkungan, sangkar, serta perawatan hariannya.
  3. Lovebird alami kegemukan atau obesitas,
  4. Burung baru menyelesaikan masa mabungnya,
  5. Lovebird yang mengalami defisiensi vitamin / mineral,
  6. Gangguan penyakit pada lovebird.

Untuk mengatasi lovebird yang semula gacor durasi panjang menjadi pendek-pendek, maka yang dibutuhkan adalah penanganan yang tepat. Penanganan ini harus dilakukan secara rutin, teratur, dan konsisten untuk mengembalikan durasi ngekeknya.

Cara mengatasi lovebird durasi panjang jadi pendek-pendek:

Mengasingkan lovebird jika masalah ini terjadi karena burung yang terlalu stres karena kalah mental, trauma akibat cidera atau kaget karena sangkar terjatuh, dsb. Atau memberinya untulan/pasangan jika masalah ini terjadi karena lovebird terlalu stres karena dipelihara sendirian dalam waktu yang cukup lama, atau ketika burung mulai memasuki masa matang kelamin.

Baca:   Tips perawatan lovebird betina cepat konslet dan fighter

Mulai memandikan lovebird pada malam hari dengan lebih rutin, terutama jika masalah ini terjadi karena birahinya yang terlalu berlebihan. Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan sebentar lalu kembali diberikan kerodong dan istirahat sampai pagi harinya.

Membiasakan pengembunan sejak pagi-pagi hari sekali. Pengembunan bisa dilakukan pada satu jam sebelum matahari terbit.

Setelah matahari terbit, lovebird segera dimandikan dengan sistem semprot sampai basah kuyup, setelah itu dijemur dengan posisi sangkar berada di bawah / lantai (tidak digantung). Penjemuran bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Selain itu, penjemurannya pun bisa juga dilakukan sambil mengumbar lovebird di kandang umbaran.

Mengganti pakan yang biasa dikonsumsi dengan milet Volume+. Milet racikan ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan durasi lovebird. Selain itu, mengkonsumsi milet volume+ secara rutin juga dapat meningkatkan mental dan sifat fighternya.

Baca:   Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lomba

Memberikan vitamin tambahan Sup Plus Bird yang diteteskan langsung pada paruh atau bisa juga dicampurkan dengan air minumnya. Suplemen ini bermanfaat meningkatkan stamina dan daya tahannya, selain itu juga untuk menjaga kondisinya sepanjang hari. Burung yang sehat dan segar tentu akan lebih terpancing untuk rajin ngekek dengan durasi yang maksimal.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

pleci bakalan siap lomba

Cara merawat pleci agar rajin bunyi untuk pemula

Pleci atau burung kacamata pernah menjadi jenis burung yang sangat popular di Indonesia. Walaupun bertubuh mungil tapi suara kicauannya bisa terdengar cukup keras. Daya tarik pleci tidak hanya penampilannya saja, tapi irama dan gaya berkicaunnya pun cukup khas. Itu sebabnya, burung ini kerap menjadi perhatian banyak kicaumania, khususnya pemula. More from my siteCara merawat pleci […]
Read more

Tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor

Burung gelatik batu umum dipelihara untuk masteran maupun pemancing bunyi. Meski bertubuh mungil, namun suranya terdengar tajam dengan cuitan-cuitan yang menarik untuk masteran. Untuk menjadikannya rajin bunyi, maka perawatan yang tepat harus mulai diterapkan. Sebagai panduan, berikut tips dan cara menjadikan gelatik batu cepat gacor. More from my siteMabung tak tuntas, peyebab dan cara mengatasinyaEnam […]
Read more
eberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Beberapa tips perawatan murai batu tanpa voer

Merawat burung murai batu tanpa diberikan pakan voer banyak dilakukan kicaumania yang ingin memaksimalkan penampilan burung rawatannya itu. Namun perawatan tersebut tentu sangat berisiko jika dilakukan oleh orang yang kurang berpengalaman.  Untuk menjaga agar burung selalu tetap aktif dan tidak mudah lemas, berikut beberapa tips perawatan murai batu tanpa voer. More from my siteCara mengatasi […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?