lovebird paud durasi tambah

Penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya

Sering terjadi lovebinrd yang tadinya rajin ngekek dengan durasi panjang, tiba-tiba berubah jadi pendek-pendek saja, bahkan cenderung jarang bunyi. Mengapa bisa begitu? Yuk simak beberapa penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya berikut ini.

Secara umum, kemampuan ngekek lovebird yang terus menurun durasinya dari yang semula gacor dan berdurasi panjang, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Burung yang stres,
  2. Adanya perubahan suasana baik pada lingkungan, sangkar, serta perawatan hariannya.
  3. Lovebird alami kegemukan atau obesitas,
  4. Burung baru menyelesaikan masa mabungnya,
  5. Lovebird yang mengalami defisiensi vitamin / mineral,
  6. Gangguan penyakit pada lovebird.

Untuk mengatasi lovebird yang semula gacor durasi panjang menjadi pendek-pendek, maka yang dibutuhkan adalah penanganan yang tepat. Penanganan ini harus dilakukan secara rutin, teratur, dan konsisten untuk mengembalikan durasi ngekeknya.

Cara mengatasi lovebird durasi panjang jadi pendek-pendek:

Mengasingkan lovebird jika masalah ini terjadi karena burung yang terlalu stres karena kalah mental, trauma akibat cidera atau kaget karena sangkar terjatuh, dsb. Atau memberinya untulan/pasangan jika masalah ini terjadi karena lovebird terlalu stres karena dipelihara sendirian dalam waktu yang cukup lama, atau ketika burung mulai memasuki masa matang kelamin.

Baca:   Settingan alternatif lovebird macet kembali gacor

Mulai memandikan lovebird pada malam hari dengan lebih rutin, terutama jika masalah ini terjadi karena birahinya yang terlalu berlebihan. Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan sebentar lalu kembali diberikan kerodong dan istirahat sampai pagi harinya.

Membiasakan pengembunan sejak pagi-pagi hari sekali. Pengembunan bisa dilakukan pada satu jam sebelum matahari terbit.

Setelah matahari terbit, lovebird segera dimandikan dengan sistem semprot sampai basah kuyup, setelah itu dijemur dengan posisi sangkar berada di bawah / lantai (tidak digantung). Penjemuran bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Selain itu, penjemurannya pun bisa juga dilakukan sambil mengumbar lovebird di kandang umbaran.

Mengganti pakan yang biasa dikonsumsi dengan milet Volume+. Milet racikan ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan durasi lovebird. Selain itu, mengkonsumsi milet volume+ secara rutin juga dapat meningkatkan mental dan sifat fighternya.

Baca:   Settingan kerodong lovebird rajin ngekek

Memberikan vitamin tambahan Sup Plus Bird yang diteteskan langsung pada paruh atau bisa juga dicampurkan dengan air minumnya. Suplemen ini bermanfaat meningkatkan stamina dan daya tahannya, selain itu juga untuk menjaga kondisinya sepanjang hari. Burung yang sehat dan segar tentu akan lebih terpancing untuk rajin ngekek dengan durasi yang maksimal.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Tips membedakan Muray batu jantan dan betina

Berikut adalah bagaimana membedakan burung muray batu jantan dengan betina secara umum. Bakalan Jantan : Memiliki ukuran tubuh yang besar Kepala cenderung lebih besar dan Lebar. Ekor lebih panjang dan lebar. Kaki jari-jarinya panjang Paruh panjang, kokoh dan agak tebal. Bulu hitamnya lebih berkilau, terutama di bagian atas kepala seperti semburat kebiruan kalau terkena cahaya, […]
Read more
rawatan llovebrid pekerja

Tips dan perawatan lovebird untuk pekerja yang sibuk

Seringkali karena keterbatasan waktu menjadikan banyak lovebird mania tidak bisa dengan total merawat burung kesayangannya. Padahal tidak sedikit dari mereka yang sangat ingin menjadikan momongannya sebagai jawara di arena-arena lomba. Sebagai panduan, simak tips dan perawatan lovebird untuk para pekerja yang sibuk berikut ini. Tips menyiapkan indukan ternak lovebird untuk lombaCara terapi mandi untuk menambah […]
Read more

Lovebird cinderella tetap juara padahal bertelur

Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?