mengatur birahi lovebird

Mengatur birahi lovebird sebelum digantang

Mengatur birahi lovebird sebelum digantang merupakan satu hal penting yang harus dilakukan agar burung bisa bermain stabil. Lovebird yang kurang birahi tentu akan bermain biasa-biasa saja,  namun ketika pas birahinya maka penampilannya akan jadi luar biasa. 

Settingan birahi pada burung lovebird selama ini dianggap cukup penting, terutama bagi burung yang rutin dilombakan. Namun perlu juga diingat bahwa pengaturan birahi tersebut sebaiknya dilakukan dengan tetap memperhatikan kondisinya.

Jika lovebird yang sedang kurang fit dipaksakan oleh pemiliknya dengan settingan yang tinggi, maka yang terjadi kemudian adalah burung rentan OB alias over birahi. Alhasil bukan penampilan terbaik yang akan didapat, tetapi burung yang selalu bertingkah nakal selama pertandingan.

Secara umum, ada beberapa tingkatan birahi yang dialami oleh burung lovebird saat digantang. Berikut beberapa tingkatan birahi tersebut lengkap dengan ciri-ciri yang membedakannya:

  1. Lovebird yang pas birahinya
    Ketika digantang, burung akan anteng di atas tenggerannya, dan ketika mendengar suara lovebird lainnya, maka ia akan dengan cepat merespon dengan tembakan andalannya.
  2. Lovebird yang kurang birahi
    Ketika digantang, burung cenderung ngetik-ngetik saja dan tidak mau ngekek.
  3. Lovebird yang terlalu birahi (ketinggian)
    Ketika digantang, burung cenderung tidak mau diam dan selalu gelisah, tak jarang disertai dengan ngetik-ngetik saja dan ngeruji.
  4. Lovebird yang belum cukup mental
    Ketika digantang, burung akan cenderung turun ke dasar sangkar atau ngeruji saat  mendengar suara lovebird lainnya. Selain itu, burung pun tidak mau mengeluarkan suara ngekeknya.
Baca:   Beberapa cara menggoda agar lovebird ngekek

Berikut adalah beberapa tips mengatur birahi lovebird sebelum dilombakan:

Menaikkan birahi lovebird 

Menaikkan birahi lovebird agar bisa tampil maksimal di lomba bisa dilakukan dengan beberapa pola rawatan sebagai berikut:

  • Mulai lebih rutin memberikan terapi pengembun pada lovebird setiap hari.
  • Memberikan penjemuran dengan durasi yang lebih lama dari biasanya.
  • Melatih dalam kandang umbaran sambil dijemur di bawah sinar matahari.
  • Memberikan beberapa terapi yang dibutuhkan seperti terapi mandi kering, dsb.
  • Mengganti pakan biji-bijian yang yang lebih bagus kualitasnya, khususnya yang dapat dengan cepat mendongkrak birahinya. Pakan yang sangat direkomendasikan adalah Milet Cinderella untuk burung dewasa atau Milet Volume+ untuk burung muda/paud.
  • Memberikan beberapa extra fooding seperti kangkung dan jagung manis.

Menurunkan birahi lovebird

Lovebird yang over birahi harus mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengontrol kondisi birahinya agar jadi lebih stabil. Berikut beberapa cara menurunkan birahi lovebird:

  • Memberikan terapi mandi malam dan pengembunan secara rutin.
  • Memberikan pakan hanya berupa milet putih saja, atau bisa juga memanfaatkan milet putih racikan Milet Cinderella.
  • Mengurangi pemberian extra fooding, khususnya kangkung dan jagung manis.
  • Melatih lovebird dalam kandang umbaran.
  • Alternatifnya bisa diberikan untulan atau pasangan, lalu disatukan dalam satu kandang tanpa glodok.
Baca:   Mengenali ciri-ciri lovebird paud ngekek panjang

Untuk menjaga kestabilan birahinya selama dilombakan, maka kesiapan mental dan fisiknya harus diperhatikan. Anda bisa menambahkan multivitamin Sup Plus Bird yang diteteskan langsung pada paruh atau dicampurkan dengan air minumnya. Suplemen mulvitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga stamina dan daya tahannya selama lomba berlangsung.

Demikian tips mengatur birahi lovebird sebelum digantang.

Semoga bermanfaat

 

 

Related Articles

ciri lovebird fighter

Proses mencetak lovebird betina konslet

Mencetak lovebird konslet banyak dilakukan dengan burung betina karena dianggap mempunyai kelebihan dari segi durasi maupun irama ngekeknya. Akan tetapi, proses mencetak lovebird betina konslet membutuhkan waktu dan konsistensi rawatan, terutama karena faktor emosi dan birahinya yang cenderung lebih cepat naik dari burung jantan. Lima metode atasi over birahi (OB) pada burung lovebirdSettingan lovebird jantan […]
Read more

Cara merawat ciblek gunung yang macet bunyi:

Ciblek gunung alias cigun mempunyai suara tembakan khas yang menjadi daya tariknya. Suara kicauan yang dikenal dengan sebutan ngebren itu menjadikan burung ini cukup disukai baik untuk masteran maupun lomba. Tapi apa jadinya ketika cigun yang tadinya rajin ngebren itu mendadak berhenti berkicau atau macet bunyi? Simak tipsnya berikut ini ..  Ragam settingan ciblek ngebren […]
Read more

Tips mengatasi lovebird sering gigit kuku dan jari

Meski bukan perilaku yang perlu dicemaskan, namun burung lovebird yang kerap menggigit kuku dan jari harus segera ditangani sebelum melukai dirinya sendiri. Ada banyak penyebab lovebird berperilaku demikian. Untuk mengatasinya, simak cara-caranya berikut ini. Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basiTips mencegah kematian mendadak pada burung peliharaanTips membuat cucak jenggot cepat gacorLima […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?