Di ajang perlombaan burung, sering ditemukan lovebird yang selalu mengejar-ngejar lawannya saat bertanding. Perilaku lovebird yang tak mau duduk manis di tenggerannya itu tentu akan menjadikan penampilannya di gantangan makin tidak maksimal. Untuk panduan, simak tips lovebird main nagen di satu titik berikut ini.

Burung yang tampil nagen saat bertanding biasanya sudah memiliki mental yang sangat baik sehingga tidak mudah terganggu oleh aktivitas burung lain yang ada di dekatnya. Kondisi ini tentu dapat memberikan nilai tambah saat burung dilombakan, karena ia bisa bekerja maksimal.

Untuk menjadikan lovebird main nagen di satu titik ternyata dapat dilakukan dengan melalui serangkaian perawatan yang tepat seperti berikut ini:

Jauhkan dari lovebird nakal 

Lovebird sejatinya adalah burung koloni, dan rentan meniru apa yang dilakukan oleh rekan sesama jenisnya. Oleh karena itu, untuk mencegah lovebird sering ngeruji maupun naik turun tenggerannya maka jauhkan dari lovebird lain yang memiliki kebiasaan tersebut. Dengan demikian, burung bisa tampil lebih nagen saat dilombakan.

Melatih mental 

Ada kalanya kebiasaan lovebird yang tidak betah di atas tenggerannya saat berbunyi itu karena burung belum memilik mental yang cukup untuk berlomba. Cara yang paling efektif mencegah hal tersebut adalah melatih mentalnya. Ada beragam cara melatih mental lovebird agar tampil nagen di satu titik, di antaranya adalah:

  • Burung rutin diembunkan,
  • Lovebird sering diberikan mandi malam,
  • Pengumbaran sambil dijemur,
  • Penggunaan koloni.

Mengganti tenggeran

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Tak jarang, lovebird tidak betah duduk manis di atas tenggerannya karena bentuk atau tekstur tenggeran yang tidak nyaman. Untuk itu, anda bisa mengganti tenggeran yang digunakan dengan yang bisa membuatnya lebih anteng di atasnya. Alternatifnya adalah memasangkan tenggeran tambahan di dalam sangkar harian dan lomba.

Mencegah burung over birahi 

Naik turun tenggeran maupun ngeruji kadang bisa juga disebabkan oleh kondisi lovebird yang terlalu birahi alias OB (Over Birahi). Untuk mengatasinya silakan simak tips dan pencegahannya berikut ini: Settingan lomba untuk lovebird over birahi

Menjaga kondisi lovebird 

Lovebird yang selalu terjaga kondisinya akan menjadi burung yang aktif dan rajin bunyi. Bahkan ketika dilombakan pun penampilannya akan selalu maksimal sehingga bisa meraih nilai yang lebih tinggi. Selain itu, burung juga tidak akan bertingkah nakal di gantangan baik ngeruji atau naik turun tenggeran.

Menjaga kondisi lovebird agar bisa nagen di satu titik dapat dilakukan dengan mengatur pola pakan dengan yang lebih bagus kualitasnya, misalnya Milet Cinderella. Pakan milet racikan ini dibuat khusus untuk lovebird lomba dan dapat menjadikannya tampil lebih ngotot sehingga bisa nagen di satu titik. Selain milet, asupan multivitamin Sup Plus Bird pun dibutuhkan untuk meningkatkan stamina dan mentalnya.

BACA JUGA  Milet Cinderella

Milet Cinderella dan Sup Plus Bird kini bisa dengan mudah didapatkan melalui situs jual beli Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Selain itu, dapatkan juga diskon-diskon menarik dan free giveaway dengan mengikuti terus instagram @lovebirdcinderella

Demikian tips agar lovebird main nagen di satu titik.

Semoga bermanfaat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here