mengatur birahi lovebird

Ini ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settingan

Berbagai cara akan dilakukan lovebird mania demi menjadikan burung rawatannya makin gacor dan fighter, termasuk mengatur ulang settingan hariannya. Tapi entah karena terlalu semangat, settingan yang diterapkan kadang terlalu kekencangan / ketingginan, alhasil burung jadi tidak tampil seperti yang diharapkan. Untuk itu, perlu sekali kita mengenali ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settingan sebelum terlambat.

Settingan atau setelan adalah bentuk perawatan yang dilakukan secara rutin dan teratur dengan menyesuaikan kebutuhan burung setiap harinya. Settingan untuk tiap-tiap individu lovebird bisa saja berbeda tergantung karakter, namun secara umum pola rawatan yang diterapkan tidak jauh berbeda.

Settingan untuk lovebird biasanya bersifat dinamis dan bisa berubah-ubah disesuaikan kebutuhan. Hal ini pula yang menjadikan banyak lovebird mania mencari settingan yang tepat agar burung rawatannya itu bertambah gacor dan fighter.

Tak jarang, settingan yang diterapkan ternyata terlalu tinggi / kekencangan, alhasil burung tidak bisa tampil seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, penting sekali bagi kicaumania semuanya untuk bisa mengenali ciri-ciri lovebird yang kekencangan dalam settingannya.

Ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settingan 

Kencang yang dimaksud dalam artikel ini adalah pemberian settingan / perawatan yang terlalu berlebihan, mulai dari pakan hingga penjemurannya. Hal ini akan menyebabkan lovebird memiliki tingkat birahi yang sangat tinggi sehingga bisa memicu perubahan perilaku seperti tidak mau bunyi hingga cabut bulu.

Secara umum, lovebird yang mendapatkan settingan terlalu tinggi / kekencangan akan memiliki perilaku dan ciri-ciri fisik seperti berikut:

  • Ujung kedua sayap yang seting disilangkan / terlalu menyilang.
  • Kedua kaki yang dirapatkan saat bertengger.
  • Burung tidak bisa diam di tenggerannya.
  • Sering terlihat ngerambati jeruji / ngerambat atau naik-turun tenggerannya.

Cara mengatasi lovebird yang kekencangan dalam settingan

Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada lovebird kesayangan anda, berikut ini beberapa tips mengatasi lovebird yang kekencangan dalam settingan.

  1. Mandikan lovebird dengan lebih sering dari biasanya, baik pada pagi, siang, dan malam hari. Memandikannya hingga basah kuyup dapat mengurangi tingkat birahi burung sehingga kondisinya akan jadi lebih stabil.
  2. Menjauhkan lovebird dari burung sejenis.
    Membatasi pemberian pakan tambahan, terutama kangkung, jagung maupun EF lain yang dapat mendongkrak birahi dengan cepat.
  3. Memberikan pakan milet putih, seperti milet Cinderella yang dapat membantu menstabilkan birahi dengan cepat.
  4. Menambahkan suplemen vitamin Sup Plus Bird setiap hari yang dicampurkan dengan air minumnya.

Dengan melalukan pola-pola rawatan seperti di atas, maka birahi lovebird akan kembali stabil dan bisa diberikan pengaturan ulang terhadap settingan hariannya. Untuk informasi settingan lovebird yang tepat, silakan kunjungi artikel terkait berikut ini:

Settingan lomba untuk lovebird over birahi
Settingan harian dan lomba lovebird balibu single fighter

Semoga bermanfaat

Related Articles

cara membedakan lovebird jantan betina

Cara membedakan jenis kelamin lovebird

Membedakan jenis kelamin lovebird bagi sebagian orang dianggap sangat menyulitkan,apalagi penampilan burung jantan dan betina terlihat sangat mirip. Namun bagi peternak yang sudah berpengalaman, ciri-ciri lovebird jantan dan betina bisa dibedakan dari perilaku dan kondisi fisiknya. Berikut cara membedakan jenis kelamin lovebird. 
Read more
cara memaster lovebrid

Settingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapat

Settingan tunggal untuk lovebird yang masih balibu atau paud umumnya dilakukan setelah burung berumur lebih dari 3 bulan. Hal ini karena pada kondisi tersebut, lovebird sudah dianggap cukup birahinya. Untuk panduan perawatannya, simak settingan tunggal lovebird balibu ngekek jeda rapat berikut ini.
Read more

Tips mengatasi pleci yang kegemukan

Pleci yang kegemukan adalah karena makanan atau pola makan yang berlebihan dan juga kandang yang kotor dan jarang dibersihkan ,selain burung pleci jadi malas berkicau juga badannya yang menjadi semakin bongsor tentu membuatnya menjadi tidak aktif dan lincah lagi seperti biasanya, maka disini akan kita bahas permasalahan burung pleci yang kegemukan, berikut tipsnya :  Jangan […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by