Berbagai cara akan dilakukan lovebird mania demi menjadikan burung rawatannya makin gacor dan fighter, termasuk mengatur ulang settingan hariannya. Tapi entah karena terlalu semangat, settingan yang diterapkan kadang terlalu kekencangan / ketingginan, alhasil burung jadi tidak tampil seperti yang diharapkan. Untuk itu, perlu sekali kita mengenali ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settingan sebelum terlambat.

Settingan atau setelan adalah bentuk perawatan yang dilakukan secara rutin dan teratur dengan menyesuaikan kebutuhan burung setiap harinya. Settingan untuk tiap-tiap individu lovebird bisa saja berbeda tergantung karakter, namun secara umum pola rawatan yang diterapkan tidak jauh berbeda.

Settingan untuk lovebird biasanya bersifat dinamis dan bisa berubah-ubah disesuaikan kebutuhan. Hal ini pula yang menjadikan banyak lovebird mania mencari settingan yang tepat agar burung rawatannya itu bertambah gacor dan fighter.

Tak jarang, settingan yang diterapkan ternyata terlalu tinggi / kekencangan, alhasil burung tidak bisa tampil seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, penting sekali bagi kicaumania semuanya untuk bisa mengenali ciri-ciri lovebird yang kekencangan dalam settingannya.

BACA JUGA  Penyebab lovebird paruh nggajah

Ciri-ciri lovebird kekencangan dalam settingan 

Kencang yang dimaksud dalam artikel ini adalah pemberian settingan / perawatan yang terlalu berlebihan, mulai dari pakan hingga penjemurannya. Hal ini akan menyebabkan lovebird memiliki tingkat birahi yang sangat tinggi sehingga bisa memicu perubahan perilaku seperti tidak mau bunyi hingga cabut bulu.

Secara umum, lovebird yang mendapatkan settingan terlalu tinggi / kekencangan akan memiliki perilaku dan ciri-ciri fisik seperti berikut:

Gabung yuk dengan kami di Instagram
  • Ujung kedua sayap yang seting disilangkan / terlalu menyilang.
  • Kedua kaki yang dirapatkan saat bertengger.
  • Burung tidak bisa diam di tenggerannya.
  • Sering terlihat ngerambati jeruji / ngerambat atau naik-turun tenggerannya.

Cara mengatasi lovebird yang kekencangan dalam settingan

Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi pada lovebird kesayangan anda, berikut ini beberapa tips mengatasi lovebird yang kekencangan dalam settingan.

  1. Mandikan lovebird dengan lebih sering dari biasanya, baik pada pagi, siang, dan malam hari. Memandikannya hingga basah kuyup dapat mengurangi tingkat birahi burung sehingga kondisinya akan jadi lebih stabil.
  2. Menjauhkan lovebird dari burung sejenis.
    Membatasi pemberian pakan tambahan, terutama kangkung, jagung maupun EF lain yang dapat mendongkrak birahi dengan cepat.
  3. Memberikan pakan milet putih, seperti milet Cinderella yang dapat membantu menstabilkan birahi dengan cepat.
  4. Menambahkan suplemen vitamin Sup Plus Bird setiap hari yang dicampurkan dengan air minumnya.
BACA JUGA  Tips memilih dan merawat burung tledekan

Dengan melalukan pola-pola rawatan seperti di atas, maka birahi lovebird akan kembali stabil dan bisa diberikan pengaturan ulang terhadap settingan hariannya. Untuk informasi settingan lovebird yang tepat, silakan kunjungi artikel terkait berikut ini:

Settingan lomba untuk lovebird over birahi
Settingan harian dan lomba lovebird balibu single fighter

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here