Lovebird yang kurang birahi dan kurang fighter tentu tidak akan bisa menampilkan performa terbaiknya di rumah maupun di lapangan. Itu sebabnya, perawatan harian burung ini lebih difokuskan pada pengaturan dan settingan birahinya.

Kurang birahi akan menyebabkan lovebird tidak mau bunyi dan cenderung ngetik-ngetik saja. Untuk itu, pengaturan pakan dan settingan yang tepat harus mulai dilakukan agar burung bisa tampil maksimal.

Cara setting lovebird yang kurang birahi 

Untuk burung yang kurang birahi, settingan rawatan yang diterapkan umumnya lebih ditekankan pada pengaturan pakan dan penjemurannya. Kedua hal ini dianggap cukup ampuh mendongkrak birahi lovebird agar lebih rajin bunyi. Berikut ini beberapa cara settingan lovebird yang kurang birahi:

Merubah pola pakan dengan lebih mengutamakan pemberian pakan utama (biji) dan tambahan yang tepat. Untuk mendongkrak birahinya, berikan pakan milet putih yang bagus kualitasnya, seperti milet Cinderella. Pakan milet racikan ini cukup ampuh mengatasi lovebird yang kurang birahi. Adapun untuk pakan tambahan / ekstra fooding cukup diberikan jagung manis dan kangkung yang diberikan secara bergantian setiap harinya.

BACA JUGA  Cara mengatasi lovebird yang sering menggigit

Mengatur ulang penjemuran dengan lebih rutin di bawah sinar matahari untuk menaikkan level birahi lovebird. Penjemuran bisa dilakukan pada pagi pukul 08:00 s/d 11:00 dan juga siang harinya pukul 14:00 s/d 15:00.

Settingan lovebird yang kurang fighter 

Gabung yuk dengan kami di Instagram

Lovebird yang kurang fighter tidak akan mau ngekek meski di dekatnya banyak lovebird lain yang sudah ramai berbunyi. Lovebird tersebut cenderung tidak merespon kehadiran burung lain yang ada di sekitarnya.

Untuk mengatasi lovebird yang kurang fighter dapat dilakukan dengan settingan berikut ini:

  • Mengasingkan lovebird selama kurang lebih satu minggu. Selama terapi, hindari mendengarkan maupun melihat keberadaan lovebird lain di dekatnya. Setelah itu, lovebird bisa kembali didekatkan dengan pasangan atau burung sejenis yang ada di rumah.
  • Melatih lovebird agar latah
  • Menerapkan pola settingan di atas dengan lebih rutin.
  • Melatih menggunakan kandang umbaran di tempat yang ramai.
  • Memberikan terapi mandi kering.
BACA JUGA  Cara mengatasi lovebird tidak nafsu makan dan lemas

Untuk lebih memaksimalkan hasilnya, maka pemberian suplemen multivitamin seperti vitamin US dapat dilakukan untuk membantu mendongkrak stamina dan menumbuhkan mental fighternya. Vitamin US diberikan dengan cara diteteskan langsung pada paruh / mulut burung setiap pagi.

Dengan settingan di atas, maka lovebird yang tadinya kurang birahi dan kurang fighter akan jadi burung yang bisa tampil baik di rumah maupun di lapangan. Namun jika tidak ada perubahan, maka burung yang Anda pelihara tidak lebih dari sekedar burung rumahan saja.

Semoga manfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here