cara merawat lovebrd paud agar rajin bunyi

Cara menambah durasi lovebird

Durasi lovebird menjadi daya tarik yang dapat memberikan nilai tambah saat bertanding. Itu sebabnya, banyak lovebird mania berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya memiliki suara ngekek yang panjang.

Untuk mencetak lovebird durasi bisa dilakukan sejak burung masih berumur paud atau balibu. Dengan melalui serangkaian perawatan yang tepat, kemampuan ngekek lovebird bisa lebih dimaksimalkan.

Ada tiga hal yang dapat menentukan durasi lovebird, yaitu:

  1. Trah atau keturunan: Lovebird yang berasal dari keturunan ngekek panjang tentu akan memiliki kelebihan yang menjadi sifat bawaan dibandingkan burung dengan ngekek standar. Itu sebabnya, banyak kicaumania lebih suka mengkoleksi anakan burung yang berasal dari indukan jawara meski harganya lebih tinggi dari pasaran.
  2. Perawatan harian: Perawatan harian yang rutin dan konsisten sangat dibutuhkan untuk mendukung lovebird berdurasi maksimal. Perawatan yang diterapkan meliputi pengaturan pakan, ekstra fooding, serta perawatan pendukung lainnya.
  3. Latihan: Latihan dibutuhkan untuk menjadikan pernafasan lovebird lebih panjang sehingga burung akan memiliki kesempatan untuk berdurasi lebih maksimal. Selain itu, latihan yang rutin juga sangat bagus untuk mendongkrak stamina dan melatih mentalnya.

Perawatan untuk menambah durasi lovebird 

Cara menambah durasi lovebird bisa dimulai dari hal yang paling pokok yaitu pengembunan. Pengembunan rutin dilakukan setiap hari, karena manfaatnya sangat bagus untuk burung kicauan termasuk lovebird. Pengembunan umumnya mulai dilakukan sejak 30-60 menit sebelum matahari terbit.

Tergantung kebiasaan, pengembunan dapat dilakukan dengan cara full kerodong maupun dibuka kerodongnya. Selama pengembunan, lovebird diberikan pakan yang terdiri dari milet putih racikan Milet Volume+ dengan ekstra fooding jagung segar manis.

Milet Volume+ adalah pakan milet putih racikan yang kaya manfaat, terutama untuk lovebird yang masih paud / balibu. Jika rutin dikonsumsi, milet Volume+ dapat membantu meningkatkan stamina, menjadikan lovebird rajin ngekek, menambah panjang durasi, dan menambah sifat fighternya.

Setelah matahari terbit, lovebird dibiasakan berjemur dalam durasi yang lebih panjang dari biasanya. Namun untuk hal ini sebaiknya dilakukan secara bertahap sambil melakukan pengamatan untuk mencari setelan penjemuran yang pas sesuai karakter burung.

Baca:   Lovebird ngantukan? Ini penyebab dan cara mengatasinya

Mandi rutin dilakukan setiap pagi dan malam hari (mandi malam) baik dengan cara disemprot maupun menggunakan bak / cepuk air untuk mandi.

Cara menambah durasi lovebird lainnya adalah dengan melakukan pemasteran atau penempelan. Untuk hasil maksimal lovebird berdurasi adalah dengan menempelkan burung masteran seperti kenari gacor setiap harinya.

Cara menambah durasi lovebird lainnya adalah melakukan pemasteran atau penempelan dengan burung kicauan lain. Untuk hasil maksimal lovebird berdurasi adalah memelihara burung kenari yang sudah gacor. Selain dapat menjadi masteran, kenari yang gacor dapat memancing lovebird jadi lebih rajin berbunyi.

Untuk pemasteran lain dapat menggunakan audio masteran walang kecek atau lovebird ngekek konslet minor agar durasi lovebird bertambah. Pemasteran dilakukan rutin setiap hari dengan jadwal waktu yang disesuaikan kebutuhan.

Baca:   Cara seting lovebird sebelum lomba

Tips pelatihan untuk menambah durasi lovebird 

Selain perawatan harian yang rutin, menambah durasi lovebird harus pula didukung oleh pelatihan secara konsisten. Latihan yang dilakukan ini memiliki manfaat untuk mengolah pernafasan lovebird jadi lebih panjang.

Pengumbaran dilakukan setiap 1-2 kali seminggu dengan menggunakan kandang umbaran maupun kandang kotak yang berukuran luas. Metode pengumbaran sendiri bisa dilakukan manual maupun otomatis (misalnya jungkat-jungkit).

Selama lovebird dilatih menggunakan kandang umbaran, tambahkan vitamin Sup Plus Bird ke dalam air minumnya. Hal ini dibutuhkan untuk menambah vitalitas serta membantu meningkatkan stamina dan daya tahan burung selama latihan.

Selain pengumbaran menggunakan kandang umbaran  / kandang luas, metode latihan lain yang biasa dilakukan lovebrid mania untuk menambah durasi lovebird adalah mandi kering, jemur kerodong (sauna), dan berenang. Untuk ketiga hal tersebut, anda bisa memilih mana yang baik dilakukan untuk lovebird kesayangan.

Demikian tips dan cara menambah durasi lovebird. Untuk informasi mendapatkan milet Volume+ dan Sup Plus Bird, silakan hubungi admin melalui pesan Whatsapp di nomor:  087738873034 . Sedangkan untuk pembelian langsung dilakukan melalui TokopediaBukalapak, dan Shopee.

Semoga bermanfaat

Related Articles

Cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel

Ropel adalah suara kicauan burung yang panjang, bergulung dengan irama yang tanpa jeda. Kualitas suara seperti ini sangat didambakan oleh para pemilik burung cucak rawa. Biasanya, cucak rawa ropel bisa didapatkan melalui pemasteran yang dilakukan sejak burung masih berumur anakan. Berikut cara memaster anakan cucak rawa agar bersuara ropel. Cara merawat burung cucak jenggot yang […]
Read more

Cara menyimpan kroto agar tahan lama dan tidak mudah basi

Kroto merupakan salah satu jenis pakan tambahan (EF) yang wajib ada terutama untuk burung-burung pemakan serangga seperti ciblek, murai batu, dsb. Tidak hanya bersifat mengenyangkan saja, tetapi kroto juga memiliki sejumlah manfaat, salah satunya adalah mendongkrak stamina dan menjadikan burung rajin bunyi. Namun yang menjadi masalah adalah kroto yang cepat basi apalagi jika disimpan berhari-hari. […]
Read more

Settingan murai batu sebelum dan sesudah lomba

Pada dasarnya, perawatan lomba untuk burung murai batu tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan hariannya. Hanya saja untuk kepentingan lomba, yang dipersiapkan adalah agar burung memiliki tingkat birahi yang stabil dan stamina yang cukup baik. Murai batu masih giras? Ini cara menjinakkannyaTips perawatan murai batu tetap fit dan gacor meski sedang mabungSettingan lomba burung kolibri […]
Read more

Tinggalkan Balasan

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Chat
Klik untuk chats
Hai,
Ada yang bisa kami bantu?