rawatan lovebird paud ombyokan

Tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lomba

Mendapatkan lovebird yang langganan juara tentu tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan, kecuali Anda membelinya langsung dari burung jawara. Jika dipelihara dari anakan atau balibu, maka butuh penanganan khusus agar lovebird mampu bersuara ngekek panjang, juga pelatihan mental dan staminanya. Berikut tips menyiapkan lovebird balibu jadi burung lomba.

Menyiapkan lovebird agar memiliki kualitas sebagai burung lomba bisa dilakukan sejak burung masih berumur di bawah lima bulan atau balibu. Lovebird dengan kondisi tersebut banyak dijual dalam kandang ombyokan di toko dan pasar burung. Namun sebelum memilih lovebird ombyokan, ada baiknya memperhatikan beberapa kriteria berikut ini, terutama agar burung yang dipilih itu bisa dilatih sesuai keinginan kita.

Kriteria-kriteria penting dalam memilih lovebird ombyokan:

  1. Burung terlihat lincah dan aktif, yang ditandai dengan kondisi bulu yang masih mulus, sayap mengapit rapat, serta bulu ekor yang bersih dan tidak rusak.
  2. Burung yang aktif bergerak dan tidak malas-malasan, akan lebih baik jika burung terlihat lebih agresif dan mendominasi dibandingkan burung lain yang satu kandang dengannya.
  3. Mempunyai sorot mata yang tajam, jernih, dan tidak berair atau mengeluarkan cairan.
  4. Memiliki lubang hidung kering tidak berair, yang menandakan lovebird tersebut sehat dan tidak menderita gangguan pernafasan.
  5. Mempunyai fisik dan anggota tubuh yang mulus dan tidak cacat.

Untuk menyiapkan lovebird balibu menjadi burung lomba, maka perawatan hariannya harus dilakukan dengan sangat teratur dan konsisten. Burung yang masih berumur di bawah lima bulan umumnya masih dalam tahap belajar berbunyi sehingga untuk menjadikannya berani bunyi maka dibutuhkan pelatihan mentalnya terlebih dahulu.

Ada beberapa tahapan melatih lovebird balibu agar berani bunyi kapan dan di mana saja, yaitu:

  1. Rutin melakukan pengembunan setiap pagi.
  2. Secara teratur memandikan burung di pagi hari, dengan menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkarnya.
  3. Melatihnya dijemur di bawah sinar matahari dalam durasi waktu yang bertahap, misalnya dari 10 s/d 20 menit hingga 20 s/d 50 menit.
  4. Selalu mengangin-anginkan burung di tempat yang teduh dan ramai, hal ini bertujuan untuk melatih mentalnya agar terbiasa dengan suasana ramai sehingga tidak gampang demam panggung saat burung dibawa ke arena lomba.
  5. Biasakan pula untuk menggantang burung di beberapa lokasi berbeda setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk melatih mentalnya agar selalu terbiasa dengan lingkungan baru.
Baca:   Tips lovebird betina sulit jodoh (sistem untulan)

Yang terpenting adalah, selama pelatihan mentalnya itu lovebird tersebut tidak dipertemukan dengan burung sejenis tetapi cukup mendengarkan suaranya saja. Selain itu, pemasteran pun dibutuhkan untuk menjadikan suaranya makin bervariasi, terutama untuk melatih suara ngekeknya menjadi lebih panjang.

Bentuk perawatan lain yang bisa dilakukan untuk menyiapkan lovebird balibu menjadi burung lomba adalah menjinakkannya. Proses penjinakan ini juga menjadi bagian dalam pelatihan mentalnya, yang bertujuan agar burung lebih berani berbunyi meski didekatnya ada banyak manusia yang lalu-lalang.

Berikut beberapa tahapan menjinakkan lovebird balibu yang masih berperilaku liar atau giras:

  • Mandikan burung dengan cara dipegang, lalu dibasahi tubuhnya dengan air dan diusap-usap secara perlahan. Lakukan terapi ini selama seminggu.
  • Menggantungkan sangkarnya pada posisi rendah di tempat ramai.
  • Selalu melakukan interaksi dengan burung.

Pola rawatan lanjutan yang diterapkan adalah memberinya pakan yang bagus kualitas dan mutunya. Lovebird adalah burung pemakan biji-bijian atau granivora, namun tidak semua jenis biji-bijian bisa diberikan pada lovebird yang akan dipelihara sebagai burung lomba. Kebutuhan biji-bijian untuk pakan hariannya cukup diberikan milet saja, terutama yang baik kualitasnya.

Baca:   Pemilihan dan settingan lovebird paud betina agar siap lomba

Pola rawatan lanjutan adalah memberinya pakan yang tepat. Lovebird adalah burung pemakan biji-bijian atau granivora, akan tetapi tidak semua jens biji-bijian boleh diberikan pada burung yang dipelihara sebagai burung lomba. Kebutuhan biji-bijian untuk pakan hariannya cukup berupa milet saja, khususnya yang terjaga kualitas dan mutunya.

Milet Volume+ adalah pakan milet racikan yang sangat baik dikonsumsi burung lovebird yang masih muda atau balibu. Milet racikan ini sudah mengalami pengolahan dengan bahan-bahan yang bermanfaat, sehingga diharapkan mampu mendongkrak penampilannya sewaktu dilombakan.

Manfaat milet Volume+ jika rutin dikonsumsi lovebird antara lain:

  1. Menjadikan burung makin rajin bunyi / gacor,
  2. Menjadikan suara ngekek jadi lebih panjang dan kencang,
  3. Meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari,
  4. Tidak menyebabkan over birahi jika dikonsumsi berlebihan,
  5. Menjadikan lovebird makin aktif,
  6. Membantu mendongkrak mental tempurnya.

Untuk menjaga kondisinya, selain diberikan milet volume sebagai pakan utama biji-bijiannya, lovebird juga harus mendapatkan asupan pakan tambahan yang terdiri dari jagung manis dan kangkung. Selain itu, tambahkan juga suplemen multivitamin Sup Plus Bird yang diteteskan ke dalam air minum yang dikonsumsi burung.

Sup Plus Bird membantu meningkatkan stamina dan daya tahan burung setiap hari, sehingga selalu terus bersemangat untuk aktif dan berkicau. Milet racikan Volume+ dan suplemen Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, atau bisa juga dipesan melalui kontak Whatsapp di nomor:  087738873034

Setelah rutin melakuan perawatan sebagaimana disebutkan di atas, lovebird balibu akan menjadi burung yang siap dan mempuyai kualitas sebagai burung lomba.

Semoga bermanfaat

 

Related Articles

Heboh!!Lovebird raja ngekek istimewa

Heboh!!aksi lovebird raja ngekek istimewa Baca:   Empat cara mencetak lovebird konslet untuk pemula
Read more
tips perawatan kenari

7 tips perawatan kenari agar tetap bugar dan rajin bunyi

Memelihara burung kenari agar selalu fit dan rajin bunyi membutuhkan penanganan yang sangat teratur. Dengan terjaga kondisinya sepanjang hari, maka burung pun akan selalu bersemangat untuk mengeluarkan suara kicauannya yang merdu. Untuk itu, berikut 7 tips perawatan kenari agar tetap bugar dan rajin bunyi. Baca:   Cara merawat tengkek buto untuk masteran
Read more

Cara merawat jalak nias agar cepat gacor

Jalak nias merupakan satu dari beberapa spesies burung jalak (Sturnidae) yang punya banyak penggemarnya. Selain cerdas dan pandai menirukan beragam suara ocehan, jalak nias juga dikenal bisa menirukan suara manusia seperti burung beo. Berikut tips dan cara merawat jalak nias agar cepat gacor. Baca:   Solusi dan tips jitu atasi lovebird kegemukan
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart Items

Empty cart

No products in the cart.

Return to Shop
Search for:
Kirim
Ada pertanyaan?
Powered by